Comscore Tracker

Wajib Dikunjungi, 6 Museum Unik Ini Cuma Ada di Pulau Jeju Lho!

#ANGPOIN Pecinta KPop, Teddy Bear, Hello Kitty ayo merapat~

Siapa nih yang berencana liburan ke Pulau Jeju? Mumpung bebas visa, kamu wajib banget meluangkan waktu untuk liburan ke pulau yang terkenal di Korea Selatan ini. Dari Indonesia, kamu bisa transit di Kuala Lumpur atau Hongkong untuk menuju ke Pulau Jeju.

Nah, gak cuma wisata alam, Pulau Jeju juga terkenal dengan sebutan "Pulau Seribu Museum" lho karena memang ada banyak sekali museum yang tersebar di sini. Tentunya semua museum ini gak membosankan dan bikin kamu betah foto-foto!

Pula museumnya gak cuma menampilkan barang-barang antik nan bersejarah tapi juga berkonsep unik. Seperti enam museum di bawah ini, cuma ada di Pulau Jeju dan harus banget kamu kunjungi ya!

1. Wajib buat KPopers nih: Play KPOP! Museum

Wajib Dikunjungi, 6 Museum Unik Ini Cuma Ada di Pulau Jeju Lho!Instagram.com/arfnbud

Buat KPopers, pasti senang banget kalau ke museum satu ini. Diresmikan pada tahun 2015, Play KPOP! Museum memang didedikasikan untuk para pegiat KPop serta fansnya. Di sini kamu bisa mengenal bagaimana awal mula KPop mendunia dan bisa berinteraksi sama para idol lho!

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini antara lain nonton konser hologram idol KPop. Tentunya kamu bakal merasakan sensasi konser KPop yang seru meskipun artisnya gak hadir secara fisik. Setiap jam ada jadwal konsernya masing-masing, jadi kamu gak bisa memilih sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa foto bareng idol pilihanmu. Tapi tentu saja juga dengan menggunakan hologram. Tapi hasil fotonya tampak nyata lho! Wah, bisa pamer kan ke teman-teman kalau kamu habis foto bareng Minhyuk CNBlue!

Tiket masuk museum ini cukup memang cukup mahal, yakni sekitar 15.000 won (sekitar Rp190 ribu). Tapi tenang aja, pengalaman berkunjung ke Play KPOP! Museum ini gak akan terlupakan kok soalnya seru banget!

2. Masih satu area, ada Museum Teddy Bear di sampingnya!

Wajib Dikunjungi, 6 Museum Unik Ini Cuma Ada di Pulau Jeju Lho!expedia.com.sg

Gak jauh dari Play KPOP! Museum, di sampingnya ada Teddy Bear Museum. Di depan museum terdapat sebuah bangunan kerucut yang ikonik. Museum yang berada di Jungmun Tourism Complex di Seogwipo, Jeju ini dibuka sejak April 2001. Di dalamnya kamu bakal melihat display boneka Teddy Bear yang lucu dan bikin nostalgia masa kecil.

Setiap area ekshibisi punya tema masing-masing lho. Di lantai paling atas menampilkan peristiwa-peristiwa sejarah dunia yang tokohnya diperankan oleh para Teddy Bear. Mereka mengenakan kostum sebagaimana ceritanya. Selain itu ada juga cosplay para Teddy Bear yang memerankan tokoh dunia seperti Barrack Obama.

Untuk berkunjung ke sini, tiket masuknya adalah sebesar 10.000 won (sekitar Rp125 ribu) untuk orang dewasa. Jangan lupa foto-foto di depan museumnya ya, soalnya memorable banget! Eits, buat kamu yang pernah nonton KDrama Princess Hours juga bisa beli boneka beruangnya Pangeran Shin lho di sini!

3. Hello Kitty Island Museum & Cafe juga wajib dikunjungi fansnya nih!

Wajib Dikunjungi, 6 Museum Unik Ini Cuma Ada di Pulau Jeju Lho!visitjeju.net

Masih berada di kawasan Seogwipo tapi beda kompleks dengan dua destinasi sebelumnya, Hello Kitty Island Museum & Cafe disebut-sebut sebagai area pameran Hello Kitty terbesar di Korea lho! Memasuki area parkir kamu sudah disambut oleh patung Hello Kitty yang besar di pintu masuk.

Bernuansa pink khas Hello Kitty, di museum ini kamu bisa melihat beragam boneka dan patung Hello Kitty di setiap sudutnya. Serunya, bahkan di toiletnya pakai desain karakter kucing imut satu ini lho!

Di sini kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah Hello Kitty, perubahan desain Hello Kitty dari masa ke masa, hingga menonton video 3D. Dan tentunya di dalam museum ini ada banyak wahana atraksi bertema Hello Kitty yang bisa kamu mainkan.

Tiket masuk museum ini adalah sebesar 12.000 won (sekitar Rp150 ribu) untuk orang dewasa. Jangan lewatkan juga membei souvenir Hello Kitty di sini ya!

Baca Juga: Yuk, Perluas Pengetahuan dengan Berkunjung ke 7 Museum di Tokyo Ini!

4. Kamu ingin meracik teh? Wajib ke Museum O'Sulloc Tea

Wajib Dikunjungi, 6 Museum Unik Ini Cuma Ada di Pulau Jeju Lho!allaboutjeju.com

Gak cuma Jepang lho yang punya budaya minum teh, Korea juga ada! Nah, di O'Sulloc Tea Museum kamu bisa belajar tentang budaya minum teh ala Korea. Dengan desain bangunan yang estetik dan adem, museum ini memiliki beberapa area yang seru. Di antaranya adalah indoor garden, Tea Cup Gallery, dan Tea Stone.

Serunya lagi, selain belajar bikin teh, di sini juga terdapat kafe yang menyajikan makanan dan minuman ala green tea. Dua menu yang paling terkenal adalah es krim green tea dan green tea cake-nya.

5. Kenal lebih dekat dengan budaya masyarakat Jeju di Haenyeo Museum

Wajib Dikunjungi, 6 Museum Unik Ini Cuma Ada di Pulau Jeju Lho!wikimedia.org

Masyarakat Jeju terkenal dengan keahliannya menyelam tanpa alat pengaman profesional. Umumnya, para penyelam ini adalah para nenek lho! Kalau kamu berkunjung ke pantai-pantai di Pulau Jeju, kamu akan menemukan para nenek ini menyelam berburu hewan laut untuk dijual.

Keahlian ini ternyata menjadi tradisi turun-temurun masyarakat Jeju. Maka, untuk lebih mengenali budaya ini kamu wajib berkunjung ke Haenyeo Museum yang terletak di kawasan Geujwa-eup. Harga tiketnya cuma 1.100 won (sekitar Rp15 ribu) untuk dewasa dan kamu bisa menambah wawasan tentang budaya Jeju di sini. Gak cuma penyelam wanitanya, kamu juga akan diperkenalkan tentang industri perikanannya masyarakat Jeju lho! Dijamin seru banget deh di museum ini!

6. Simbolnya Jeju, kenali tentang batu-batuan khasnya di Seokbujak Museum

Wajib Dikunjungi, 6 Museum Unik Ini Cuma Ada di Pulau Jeju Lho!skyscanner.net

Pulau Jeju ini emang unik banget. Kalau kamu pecinta skin are Korea sejati pasti hafal dong bahwa bahan-bahan skin are kebanyakan menggunakan abu vulkanis dari Jeju atau bahan-bahan alam Jeju. Salah satunya adalah batu. Nah, di Seokbujak Museum ini kamu akan belajar tentang kebudayaan bebatuan di Jeju. Tiket masuknya adalah sebesar 6.000 won (sekitar Rp75 ribu) untuk dewasa.

Di sini terdapat kurang lebih 30.000 batuan basal dengan beragam bentuk yang tersebar di seluruh area taman. Tentunya gak cuma batuan dong. Di museum yang berupa taman ini juga dihiasi dengan bunga-bunga liar yang tumbuh di batuan basal.

Nah, itu tadi enam dari sekian banyak museum yang wajib kamu kunjungi di Pulau Jeju. Gak usah khawatir bosan, karena hampir semua museum di sana punya atraksi yang seru banget. Selamat berlibur!

Baca Juga: Potret Keren TeamLab Borderless, Museum Seni Digital Pertama di Dunia

Gendhis Photo Community Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You