Comscore Tracker

Sekolah Khusus hingga Pemakaman, 7 Lokasi Syuting Drama School 2021

Latar ruang kelas dan sekolah tak hanya di satu tempat, lho

Sejak proses penggarapannya, drama School 2021 yang dibintangi oleh Kim Yohan dan Cho Yi Hyun menuai sorotan karena menceritakan tentang persahabatan remaja dan ambisi mereka untuk meraih cita-cita di masa depan. 

Mengambil genre yang didominasi romansa, sekolah, youth, dan melodrama; latar tempat dalam drama School 2021 pun didominasi oleh ruang kelas dan kehidupan di lingkungan SMA. Bahkan, lokasi syutingnya pun tak jauh-jauh dari bangunan pendidikan, mulai dari sekolah menengah hingga kampus.

Penasaran dengan lokasi syuting drama tahunan KBS2 ini? Yuk, cari tahu tujuh lokasinya di bawah ini. Siapa tahu kamu bisa mengunjunginya suatu saat nanti.

 

1. Seoul Technical High School (서울공업고등학교)

Sekolah Khusus hingga Pemakaman, 7 Lokasi Syuting Drama School 2021gedung utama Seoul Technical High School (sths.or.kr)

NULJI Science Technical School adalah latar tempat utama dalam drama School 2021 yang digambarkan sebagai sekolah khusus dengan pertukangan atau arsitektur sebagai salah satu departemennya.

Banyak scene dalam drama yang memperlihatkan ruang kelas hingga lapangan bola bak sekolah sungguhan. Ternyata, pengambilan gambarnya pun lebih banyak dilakukan di Seoul Technical High School, lho.

SMA khusus teknik ini berlokasi di 46 Daebangdong 1-gil, Dongjak-gu, Seoul, Korea Selatan.

Selain ruang kelas, pengambilan gambar pun cukup sering dilakukan di bangku-bangku pinggir lapangan utama dengan ciri khas tanaman merambat di bagian temboknya. 

Ada dua scene ikonik di lapangan utama ini. Pertama ada di episode perdana, di mana seorang siswa dengan santainya mengendarai eskavator menyusuri lapangan sekolah. Kedua, di episode sepuluh saat Ji Ho Sung (Kim Kang Min) tiba-tiba menghampiri Go Eun Bi (Seo Hee Sun) sambil menggendong seorang bayi laki-laki.

2. Gymnasium Indoor Kookjae University (국제대학교 창조관 실내체육관)

Sekolah Khusus hingga Pemakaman, 7 Lokasi Syuting Drama School 2021gymnasium indoor, salah satu fasilitas di Kookjae University (kookje.ac.kr)

Karakter Gong Ki Joon (Kim Yohan) digambarkan sebagai siswa yang pernah bergelut di bidang olahraga taekwondo. Di episode perdana pun terdapat scene saat Gong Ki Joon sedang mengikuti sebuah kejuaraan taekwondo.

Bukan di Seoul Technical High School, pengambilan gambar scene tersebut diambil di salah satu gimnasium dalam ruangan di sebuah universitas. Universitas yang dimaksud adalah Kookjae University yang terletsk di 56, Jangan Ut-gil, Pyeongtaek-si, Gyeonggi-do.

3. Changwon Memorial Park

Sekolah Khusus hingga Pemakaman, 7 Lokasi Syuting Drama School 2021Changwon Memorial Park (facebook.com/changwonmemorial)

Sebagai prolog di episode awal, sempat diperlihatkan karakter Gong Ki Joon dan Jung Young Joo (Choo Yeong Woo) mendatangi sebuah makam yang sama. Ternyata makam tersebut adalah tempat peristirahatan terakhir sahabat mereka, yakni Cha Gyeong Min.

Adegan sedih dan putus asa Gong Ki Joon saat mengingat kembali kematian sang sahabat tersebut diambil di Changwon Memorial Park.

Pemakaman tersebut berlokasi di 223, Gongwonmyowon-ro, Jindong-myeon, Masanhappo-gu, Changwon-si, Gyeongsangnam-do. Tempatnya yang sangat luas dan berundak-undak tersebut menjadikan Changwon Memorial Park sebaga taman pemakaman terbesar di Korea Selatan, lho.

Selain tokoh Cha Gyeong Min, dalam dramanya juga diceritakan jika Gong Young Soo (Park In Hwan), kakek Gong Ki Joon yang dimakamkan di sana.

 

Baca Juga: 11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021

4. Seo Kyeong University (서경대학교)

Sekolah Khusus hingga Pemakaman, 7 Lokasi Syuting Drama School 2021lapangan luar ruangan Seo Kyeong University (shareit.kr)

Masih ingat dengan adegan kemenangan dramatis si kembar Lee Jae Hee dan Lee Jae Hyuk di woodworking competition pada episode keenam? Ternyata, adegan tersebut difilmkan di Seo Kyeong University, lho.

Dalam drama School 2021 Seo Kyeong University digambarkan sebagai Jinsung University, yakni kampus impian karakter Kang Seo Young (Hwang Bo Reum Byeol) sekaligus penyelenggara kompetisi pertukangan tadi.

Selain punya kesan mewah, elegan, dan unik, Seo Kyeong University juga cukup sering jadi tempat syuting sejumlah drama Korea populer, lho. Beberapa drama di antaranya adalah Live On (2020-2021) dan Penthouse (2021).

Punya gedung biru berbentung tabung yang unik, Seo Kyeong University sudah berdiri sejak 22 Oktober 1947 dan berlokasi di 124 Seogyeong-ro, Jeongneung-dong, Seongbuk-gu, Seoul, Korea Selatan.

5. Mokamju Woodworking School (모감주나무공방)

Salah satu scene ikonik di drama School 2021 juga terjadi di ruang kelas khusus untuk praktik pertukangan. Mungkin kalian akan mengira jika adegan tersebut difilmkan di Seoul Technical High School. Sebab sekolah tersebut adalah SMA khusus teknik yang pasti juga menyediakan sejumlah alat untuk praktik para siswanya.

Jika berpikir begitu, sayang sekali tebakan kalian salah. Sebab, adegan di mana Jung Young Joo menatap dingin guru baru bernama Lee Kang Hoon (Jun Suk Ho) tersebut difilmkan di Mokamju Woodworking School.

Terletak di 562 Idong-dong, Uiwang-si, Gyeonggi-do, Mokamju Woodworking School adalah tempat yang pas untuk orang-orang yang ingin belajar pertukangan. Tentu, di sana sudah terdapat banyak alat untuk mendukung ptaktik para siswanya. Itulah mengapa dalam adegan pun terlihat alat-alat yang digunakan para siswa NULJI Science Technical School untuk belajar pertukangan sangatlah lengkap.

6. Paichai High School (배재고등학교)

Sekolah Khusus hingga Pemakaman, 7 Lokasi Syuting Drama School 2021lapangan basket luar ruangan di Paichai High School (kr.worldorgs.com)

Melihat begitu lengkapnya fasilitas di NULJI Science Technical School, mungkin kalian bertanya-tanya, seluas apa sekolah tersebut? Salah satu fasilitas sekolah yang sering disorot adalah lapangan bola dan basket.

Namun, tahukah kalian jika adegan sparing sepak bola dan basket tersebut dilakukan di dua lokasi berbeda?

Adegan bermain sepak bola Gong Ki Joon cs di episode sebelas dilakukan di Seoul Technical High School. Sedangkan adegan bermain basket yang dilakukan Gong Ki Joon dan Ji Ho Sung di episode sepuluh difilmkan di Paichai High School, lho.

Perbedaan dua lokasi lapangan tersebut adalah di bagian pinggir lapangannya. Paichai High School punya kursi penonton di sekitar lapangannya, sedangkan Seoul Technical High School hanya punya kursi-kursi taman yang sudah disebutkan sebelumnya.

Paichai High School adalah salah satu sekolah menengah bergensi di Korea Selatan yang mewakili wilayah Seoul. Punya suasana bak sebuah kampus, Paichai High School terletak di 227, Godeok-ro, Gangdong-gu, Seoul, Korea Selatan.

Selain adegan yang sudah disebutkan sebelumnya, scene para siswa berjalan memasuki sekolah juga difilmkan di Paichai High School, lho.

 

7. Restoran Byeolisikdang

Tak kalah ikonik, restoran bernama 별이식당 (re: byeol-isikdang) ini menjadi tempat nongkrong Jin Ji Won (Cho Ji Hyun) bersama teman-teman perempuannya. Ternyata restoran yang dalam dramanya dimiliki oleh ibu Jung Young Joo ini punya nama asli 배꼽시계 (re: baekkobsigye).

Baekkobsigye adalah snack bar sekaligus kafe yang terletak di 531-27, Mangwoo-dong, Jungnang-gu, Seoul. Ada banyak menu yang ditawarkan Baekkobsigye, seperti donkkaseu, naengmyeoncupbop (rice bowl), spam kimchi jjigae, dak gomtang, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari 2 ribu-9 ribu won.

Sebab tempat makan tersebut digunakan sebagai lokasi syuting drama, terdapat pengumuman sekaligus permintaan maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanannya. Sebab, bagian depan tempat makan tersebut berubah nama karena sedang digunakan sebagai lokasi syuting drama School 2021.

Pemilihan lokasi yang apik untuk menggambarkan NULJI Science Technical School berhasil memperlihatkan SMA tersebut sebagai sekolah bergengsi dengan fasilitas lengkap. Meski lokasi syuting didominasi oleh sekolah, masih ada tempat lain yang bisa dengan mudah kamu kunjungi saat berada di Korea Selatan, yakni restoran Baekkobsigye.

Sementara itu drama School 2021 akan merampungkan penayangannya pada tanggal 13 Januari 2022.

 

 

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Sejarah di Gangwon-Korea Selatan, Memukau!

Ines Melia Photo Verified Writer Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya