Comscore Tracker

Instagramable! 7 Wisata Alam di Banyuwangi Ini Menunggumu Datang

Keren abis, dijamin bikin pengin segera packing!

Terletak di ujung timur pulau Jawa, Banyuwangi digadang-gadang akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Tak dipungkiri, wisata alam di kabupaten yang berbatasan dengan Situbondo ini memang sungguh potensial.

Tak hanya sebagai pelepas penat, lokasinya pun begitu instagramable. Kamu yang berencana ke Banyuwangi, jangan lewatkan 7 wisata alam ini ya!

1. Hutan Jawatan

Instagramable! 7 Wisata Alam di Banyuwangi Ini Menunggumu Datanginstagram.com/robby.gunawann

Hutan milik Perhutani yang mirip hutan di negeri dongeng ini didominasi oleh pohon trembesi. Di sini kamu gak cuma bisa berswafoto tapi juga bisa piknik ria bersama keluarga atau sahabat, lho. Hutan Jawatan punya rumput berkualitas tinggi sehingga sangat nyaman untuk rebahan. Asyik ya!

2. Air Terjun Jagir

Instagramable! 7 Wisata Alam di Banyuwangi Ini Menunggumu Datanginstagram.com/guidekece

Terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, air terjun Jagir memberimu nuansa alam yang sangat sejuk. Dengan aliran air terjun yang tak terlalu tinggi, kamu bisa segera mencari spot yang tepat untuk mengabadikan momen.

3. Air Terjun Lider

Instagramable! 7 Wisata Alam di Banyuwangi Ini Menunggumu Datanginstagram.com/aan_adventure

Masih bertema air terjun, kali ini kamu bisa menyambangi air terjun Lider yang letaknya sedikit agak jauh dari kota Banyuwangi, yaitu kurang lebih sejauh 45 kilometer. Lokasinya cukup sulit diakses, sehingga tempat ini memang masih sangat terjaga keasriannya.

Meskipun kamu perlu perjuangan lebih untuk sampai di wisata ini, semua bakal terbayar dengan kesegaran air terjun yang bersumber langsung dari Gunung Raung.

4. Taman Nasional Baluran

Instagramable! 7 Wisata Alam di Banyuwangi Ini Menunggumu Datanginstagram.com/landofosing.banyuwangi

Ini sih udah jadi tujuan wajib banget ya kalau kamu ke Banyuwangi. Eits, tapi masih ada yang kecolongan nih gak bisa puas menikmati suasana Africa van Java di Baluran. Agar kamu bisa totalitas berwisata di sini, sebaiknya datang di musim kemarau ya.

Rumput di savana Bekol bakal terlihat gersang, fauna pengguni taman nasional pun akan banyak yang menampakkan diri. Cocok banget untuk foto-foto ala padang rumput di Afrika.

Baca Juga: Ini Destinasi Peninggalan 5 Kerajaan di Jawa Timur yang Masih Memukau

5. Kawah Ijen

Instagramable! 7 Wisata Alam di Banyuwangi Ini Menunggumu Datangwikipedia.org

Masih sepaket dengan Baluran, kawah Ijen juga merupakan destinasi wajib banget kalau kamu berwisata ke Banyuwangi. Untuk bisa melihat blue fire, kamu harus start trekking paling lambat jam 3 pagi. Siapkan fisik dan mental sebaik mungkin karena perjalanan ke puncak Ijen cukup menguras tenaga.

Setelah matahari terbit, jangan dulu buru-buru turun. Carilah spot terbaik untuk berfoto karena keindahan kawah Ijen makin ciamik ketika cahaya mentari mulai menyinari.

6. Pantai Pulau Merah

Instagramable! 7 Wisata Alam di Banyuwangi Ini Menunggumu Datanginstagram.com/prasetyo_hardi

Tak memiliki banyak bebatuan dan karang menjadikan pantai Pulang Merah sangat aman untuk berselancar. Kini, pantai ini sangat diminati lho oleh wisatawan domestik maupun luar negeri karena ombaknya yang sangat mendukung untuk surfing.

Kalau kamu gak bisa surfing, kamu bisa banget menikmati pantai ini dengan cara lain. Misalnya dengan menunggu momen ketika sang surya kembali ke peraduannya. Indah banget deh!

7. Pantai Plengkung

Instagramable! 7 Wisata Alam di Banyuwangi Ini Menunggumu Datanginstagram.com/andiniizaty_

Sudah pernah nonton film Ku Lari ke Pantai? Kalau sudah, artinya kamu harus datang ke salah satu lokasi syuting film tersebut, yaitu pantai Plengkung atau familier pula dengan sebutan G-Land. Sebagai lokasi favorit lain untuk surfing, pantai Plengkung memiliki keunikan tersendiri yang gak dipunya pantai lain, lho.

Pantai ini memiliki kombinasi tiga warna yang berbeda, yaitu putih, biru, dan hijau. Keunikan warna ini akan lebih terlihat jelas jika kamu tengok dari atas, semisal difoto menggunakan drone.

Wah, paket lengkap banget ya wisata alam di Banyuwangi ini. Dari mulai hutan, air terjun, kawah, savana, hingga pantai, semua ada. Benar-benar deh, destinasi wisata Banyuwangi potensial banget. Cantik dan yang pasti instagramable!

Baca Juga: 7 Keseruan Wisata Budaya Banyuwangi di Desa Kemiren, Memorable!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You