Comscore Tracker

Di Semarang Coret, Ada 9 Pilihan Wisata yang Layak Kamu Kunjungi Nih!

Cocok buat rekreasi bareng pasangan, keluarga, atau kawan

Kabupaten Semarang, atau sering dijuluki Semarang Coret, rupanya gak kalah unggul lho dengan kota Semarang dalam hal pariwisata. Bila kamu sudah purna menjamah semua sudut wisata kota Semarang, berarti saatnya bagimu menjejakkan kaki di 9 obyek wisata andalan yang ada di kabupaten Semarang ini.

Wah, tempat tamasya apa saja ya yang bisa kamu jelajahi? Yang jelas, kamu bakal dibuat terpesona dengan keragaman wisatanya. Yuk, simak!

1. Curug Benowo

Di Semarang Coret, Ada 9 Pilihan Wisata yang Layak Kamu Kunjungi Nih!instagram.com/arief_patrick

Kamu bisa memulai dari tempat wisata yang berlokasi paling dekat dengan kota Semarang. Curug Benowo namanya. Wisata curug Benowo barangkali kurang familier di telinga kamu. Tapi, jika kamu penyuka wisata alam yang menantang, curug ini adalah tujuan yang tepat.

Terletak di desa Kalisidi, kecamatan Ungaran Barat, curug Benowo menawarkan kesejukan air terjun dan panorama hutan hijau yang khas. Untuk mencapai lokasi curug, kamu perlu berjalan kaki sekitar satu jam dari area parkir kendaraan. Momen trekking inilah yang bikin perjalanan kamu makin seru dan berkesan.

Dengan tiket masuk seharga Rp4.000 saja per orang, kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan alam dan bukit yang sangat indah. Lelahmu akan terbayar lunas setelah tiba di curug Benowo. Percikan air terjunnya sungguh segar!

2. Umbul Sidomukti

Di Semarang Coret, Ada 9 Pilihan Wisata yang Layak Kamu Kunjungi Nih!instagram.com/imsprln

Mulai tenar di akhir tahun 2007, wisata alam Umbul Sidomukti kini menjadi obyek rekreasi yang sama sekali gak boleh kamu lewatkan saat datang ke kecamatan Bandungan. Pasalnya, pilihan aktivitas pelepas penat di lokasi ini beragam banget.

Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang, kamu bebas memilih mau bermain outbond dulu, berenang di Taman Renang Alam, bermain motor ATV, berkuda, mendirikan tenda untuk camping, atau kulineran di salah satu pondok makan. Wah, sampai bingung kan saking banyaknya pilihan kegiatan di wisata alam Umbul Sidomukti.

Selain aktivitas seru di atas, kamu juga bisa puas berswafoto di area wisata ini. Berada di kaki gunung Ungaran, tepatnya di ketinggian 1.200an meter, pemandangan di Umbul Sidomukti gak perlu diragukan lagi keindahannya. Instagramable abis!

3. Candi Gedong Songo

Di Semarang Coret, Ada 9 Pilihan Wisata yang Layak Kamu Kunjungi Nih!instagram.com/suka_bis

Masih berada di lereng gunung Ungaran, wisata candi Gedong Songo bisa menjadi destinasi selanjutnya setelah puas menikmati kawasan Umbul Sidomukti. Di sini, kamu bisa puas menilik langsung situs candi peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 dengan tiket masuk sebesar Rp10.000 saja.

Sesuai namanya, Songo yang artinya sembilan dalam bahasa Jawa, di komplek ini kamu bisa menemukan sembilan buah candi yang tersebar di beberapa lokasi. Beberapa bangunan candi memang gak lagi utuh berdiri, namun kamu masih bisa melihat sisa-sisa bebatuannya.

Untuk bisa menjelajah semua candi, kamu punya dua alternatif rute. Bisa dengan berjalan kaki atau dengan berkuda. Keduanya memiliki sensasi perjalanan masing-masing, tentu saja dengan suhu udara yang cukup menusuk tulang. Oia, jangan khawatir. Panorama di Gedong Songo gak bakal gagal memikatmu, deh.

4. Cimory on the Valley

Di Semarang Coret, Ada 9 Pilihan Wisata yang Layak Kamu Kunjungi Nih!instagram.com/jogjajateng

Sama seperti kakak pendahulunya, Cimory on the Valley yang berlokasi di kecamatan Bergas, juga mengusung konsep restoran lengkap dengan konsep alam sebagai salah satu daya tariknya. Yang bikin Cimory on the Valley lebih menarik adalah adanya spot agrowisata dan farming area yang cocok banget untuk wisata edukasi anak-anak.

Beraneka tanaman pertanian bisa kamu lihat di sini, seperti pokcoy, selada, terong, cabai, dan daun bawang. Kamu juga bisa kasih pakan ke hewan-hewan ternak, sebutlah sapi, rusa, kelinci, burung-burungan, dan lain-lain. Bahkan kamu bisa berkuda lho di sini. Tiket masuk area Cimory Farm seharga Rp15.000 saja, yang bisa ditukar dengan yoghurt.

Meski kamu gak akan menemukan view gunung atau sungai seperti di Cimory Mountain View atau Cimory Riverside, di Cimory on the Valley ini kamu tetap bakal betah dengan keasrian konsep alam yang ditawarkan.

5. Hortimart Agro Center

Di Semarang Coret, Ada 9 Pilihan Wisata yang Layak Kamu Kunjungi Nih!instagram.com/hortimartagrocenter

Satu lagi nih pilihan agrowisata yang gak boleh ketinggalan untuk kamu kunjungi, Hortimart Agro Center. Bermula dari hanya menjual bibit tanaman, kini Hortimart kian ramai karena pilihan wisatanya makin beragam.

Selain berburu aneka bibit tanaman di Agro Supply, kamu bisa berkeliling ke kebun buah di Hortimart Agro Center menggunakan mobil unyu berwarna oranye dengan membayar sewa sebesar Rp15.000 per orang. Beragam jenis pohon tumbuh subur di area kebun seluas 27 hektar ini, seperti pohon jambu bangkok, durian, melon, semangka, jeruk bali, sawo, kelengkeng, pir, dan masih banyak lagi. Semua buah merupakan jenis produk lokal, lho.

Puas berkeliling kebun, kamu bisa singgah sejenak di Hortimart resto untuk mengisi perut, lalu melanjutkan belanja aneka buah hasil panen di Agro Mart untuk dibawa pulang. Pokoknya, Hortimart Agro Center adalah agrowisata paket lengkap banget, deh.

Baca Juga: Dijamin Ngiler, 6 Jajanan Semarang yang Tidak Ditemukan di Kota Lain

6. Eling Bening

Di Semarang Coret, Ada 9 Pilihan Wisata yang Layak Kamu Kunjungi Nih!Dok. Pribadi/Intan Deviana

Tertarik memandang view deretan 8 pegunungan, hamparan sawah, dan waduk Rawa Pening dalam satu frame dari atas ketinggian? Wisata Eling Bening tempatnya. Dengan tiket masuk seharga Rp15.000 saat weekday dan Rp20.000 saat weekand, kamu gak hanya disuguhi panorama menakjubkan, tapi juga bisa menikmati aneka fasilitas, seperti kolam renang outdooroutbond, taman bunga, dan beberapa pilihan spot selfie yang menarik.

Kamu dan rombongan gak perlu bingung untuk urusan logistik, sebab di Eling Bening menyediakan restoran dan cafe garden resto yang menawarkan pilihan menu yang beragam. Sedangkan bila kamu penasaran dengan suasana malam di Eling Bening, kamu bisa mendirikan tenda di lokasi camping ground yang tersedia. Seru banget, ya!

7. Saloka Theme Park

Di Semarang Coret, Ada 9 Pilihan Wisata yang Layak Kamu Kunjungi Nih!instagram.com/salokapark

Nah, ini dia wisata keluarga teranyar di kabupaten Semarang, tepatnya di kecamatan Tuntang, yang baru resmi dibuka pada Desember 2018 lalu. Mengambil nama yang terinspirasi dari legenda Rawa Pening, Saloka Theme Park disebut-sebut menjadi taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah, lho. Wow!

Memasang tiket masuk resmi sebesar Rp120.000 untuk weekday dan Rp150.000 untuk weekend, kamu bisa puas menjajal 5 zona tematik dan 25 wahana yang ada, antara lain Cakrawala, Bengak-bengok, Roller Coaster Mini, Semprat-semprot, Komidi Putar, Lumbung Ilmu Galileo, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan dari Rimba Cafe dan berswafoto di spot menarik yang tersedia. Agaknya perlu seharian penuh nih untuk merambah semua sudut Saloka Theme Park.

8. Waduk Rawa Pening

Di Semarang Coret, Ada 9 Pilihan Wisata yang Layak Kamu Kunjungi Nih!instagram.com/ndorokakung

Jika tadi kamu hanya memandang Rawa Pening dari kawasan wisata Eling Bening, kali ini kamu harus coba turun langsung ke waduknya. Lokasi ini cantik banget, lho. Cocok untuk kamu penggila fotografi lanskap yang mencari spot hunting baru.

Berada di kecamatan Ambarawa, waduk Rawa Pening menawarkan penyewaan perahu dengan biaya Rp30.000 per perahu yang bisa diisi maksimal 8 orang untuk menyusuri waduk. Saat cuaca cerah, kamu bisa menyaksikan langsung gagahnya gunung Ungaran di sisi barat laut dan Merbabu di sisi selatan. Indah!

9. Museum Kereta Api Ambarawa

Di Semarang Coret, Ada 9 Pilihan Wisata yang Layak Kamu Kunjungi Nih!Dok. Pribadi/Intan Deviana

Wisata unggulan terakhir yang bisa kamu sambangi di Semarang Coret adalah museum kereta api Ambarawa. Di sini kamu akan dibawa mundur hingga ke tahun 1840 di mana gagasan kereta api pertama kali muncul di Indonesia.

Dengan tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk dewasa, kamu bakal banyak belajar tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia. Di museum ini terdapat 21 lokomotif uap yang pernah berjaya di masanya. Dari 21 lokomotif, hanya 3 saja yang masih beroperasi hingga sekarang. Selain itu, terdapat pula koleksi antik lain seperti telegram morse, telepon, bel, dan sebagainya.

Pastikan tidak melewatkan naik kereta wisata saat berkunjung ke museum Ambarawa, ya. Tiket perorangan dibandrol seharga Rp50.000 untuk jarak tempuh sepanjang 35 kilometer. Jadwal keberangkatan kereta wisata hanya 2 kali, yakni pukul 11.00 dan 14.00. Tiketnya harus beli secara go show, jadi kamu perlu datang lebih awal agar gak kehabisan.

Gimana? Mantap betul ya pilihan wisata yang ada di Semarang Coret alias kabupaten Semarang ini. Dari mulai wisata alam, agrowisata, hingga wisata sejarah, semua ada! Sekarang kamu tinggal bikin itinerary saja. Kira-kira, mau menjelajah wisata yang mana dulu, nih?

Baca Juga: Jangan Ngaku Anak Hits kalau Belum ke 10 Wisata Kece di Semarang Ini!

Intan Deviana Safitri Photo Verified Writer Intan Deviana Safitri

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You