Comscore Tracker

One Day Trip ke Pangalengan Bandung, Bisa Singgah di 5 Spot Wisata Ini

Cocok buat para weekenders

Belum bisa cuti untuk liburan panjang bukan berarti kamu gak bisa ke mana-mana. Solusinya, yaitu menjelajah objek wisata baru ala one day trip. Kamu cuma butuh berangkat pagi dan eksplorasi destinasi yang kamu pilih selama seharian.

Untuk warga Bandung dan sekitarnya, kecamatan Pangalengan jangan sampai lolos gak kamu jadikan tujuan one day trip. Wisata alamnya sungguh memukau sehingga dijamin bisa recharge energi kamu untuk kembali bekerja. Yuk, intip mana saja destinasinya!

1. Sunrise Point Cukul

One Day Trip ke Pangalengan Bandung, Bisa Singgah di 5 Spot Wisata Iniinstagram.com/cacasuwito

Mengawali one day trip-mu, arahkan kendaraan menuju perkebunan teh Cukul yang terletak di desa Sukaluyu. Bukan sekadar kebun teh biasa, sebab di spot ini kamu bisa menemukan titik terbaik untuk menyambut matahari terbit di ufuk timur. Bernama Sunrise Point Cukul, destinasi ini tergolong masih baru, lho.

Tiket masuk ke Sunrise Point Cukul sekitar Rp10 ribu. Tersedia beberapa warung kecil sehingga kamu gak perlu khawatir soal logistik untuk sarapan. Kalau gak pengin terburu-buru berangkat ke sini, kamu bisa menyempatkan camping di sekitar area kebun teh. Namun, lahannya gak begitu luas sehingga hanya bisa menampung beberapa tenda.

2. Situ Cileunca

One Day Trip ke Pangalengan Bandung, Bisa Singgah di 5 Spot Wisata Iniinstagram.com/_kopites_man

Beranjak dari Sunrise Point Cukul, kamu bisa lanjutkan perjalanan menuju Situ Cileunca dengan menempuh jarak kurang lebih sejauh 10 kilometer.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di danau buatan peninggalan kolonial Belanda ini selain mengelilingi danau menggunakan perahu kecil. Sebutlah menjajal permainan outbound, berkemah, dan berfoto ria.

Karena letak Situ Cileunca berdekatan dengan sungai Palayangan, kamu bisa sekalian cobain arung jeram di sungai tersebut. Rutenya cukup jauh, yaitu sekitar 4,5 kilometer atau selama 1,5 jam dengan arus yang cukup menantang. Untuk menjajal arung jeram, siapkan kocek mulai dari Rp135 ribu per orang.

Baca Juga: 7 Tempat di Pangalengan Ini Bisa Mengembalikan Suasana Hati Lho

3. Hutan pinus Rahong

One Day Trip ke Pangalengan Bandung, Bisa Singgah di 5 Spot Wisata Iniinstagram.com/ajengxputrii

Jelang tengah hari ketika matahari mulai terik, arahkan tujuanmu untuk berteduh di bawah rimbunnya hutan pinus Rahong. Rapatnya pohon menjadi spot yang oke banget untuk bersantai dan beristirahat sejenak setelah lelah jalan-jalan sejak pagi. Kamu bisa sekalian mengisi perut di warung kecil yang tersedia.

Selain pohon-pohon pinus, rupanya terdapat aliran sungai juga yang membelah hutan Rahong. Saat akhir pekan, sungai tersebut biasanya akan ramai oleh wisatawan yang ingin bermain arung jeram.

4. Pusat oleh-oleh Pangalengan

One Day Trip ke Pangalengan Bandung, Bisa Singgah di 5 Spot Wisata Iniinstagram.com/jro_diana

Nah, sebelum lanjut ke destinasi terakhir di rute one day trip Pangalengan, gak ada salahnya kamu mampir ke toko oleh-oleh Pangalengan untuk memborong beberapa camilan khasnya. Dari hutan pinus Rahong, pusat oleh-oleh tersebut bisa dicapai selama 25 menit berkendara.

Ada beberapa toko di sepanjang Jalan Raya Pangalengan. Kamu bisa pilih salah satunya. Beragam oleh-oleh Pangalengan seperti permen karamel, dodol susu, kerupuk kentang, dan kue kawitan cocok banget dijadikan sebagai buah tangan.

5. Wayang Windu Bike Park

Jika one day trip-mu tadi telah diawali dengan menikmati sunrise di Cukul, maka biar makin komplet kamu bisa mengakhirinya dengan sunset-an di Wayang Windu Bike Park. Serupa dengan Cukul, spot ini adalah hamparan kebun teh maha luas yang asyik banget buat nongkrong ramai-ramai.

Namun, sesuai namanya, kebun teh ini juga menyediakan jalur bersepeda sejauh kurang lebih 15 kilometer, lho. Bagi kamu pencinta olahraga sepeda gunung, sepertinya sayang banget kalau gak sekalian menjajal rutenya.

Dari Wayang Windu Bike Park pula, kamu berkesempatan menyaksikan kepulan asap putih membubung ke angkasa yang berasal dari pembangkit listrik geotermal Wayang Windu. Perpaduan panorama tersebut menciptakan lanskap yang kece abis.

So, sudah ada gambaran serunya one day trip ke Pangalengan belum, nih? Ayo, segera bikin rencana perjalananmu bareng pasangan, keluarga, ataupun kawan-kawan terbaik.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Pangalengan yang Instagramable Abis!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya