Comscore Tracker

5 Fakta Monkey Island, Rumah Bagi Ribuan Monyet di Puerto Rico

Siapa yang suka hewan primata?

Cayo Santiago atau yang lebih dikenal dengan nama Monkey Island ini terletak di Puerto Rico. Pulau seluas 37.5 hektar ini berjarak sekitar 0.5 mil dari pantai timur Puerto Rico. Tidak ada manusia yang tinggal di sana, hanya koloni monyet yang bermukim di pulau itu. Kok bisa? Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta tentang Monkey island alias pulau monyet di Puerto Rico.

1. Monyet-monyet dibawa oleh peneliti

5 Fakta Monkey Island, Rumah Bagi Ribuan Monyet di Puerto Riconpr.org

Pada tahun 1938, para peneliti membawa 409 ekor monyet Rhesus dari India dan menempatkannya di pulau ini untuk tujuan penelitian. Pulau ini kemudian menjadi pusat penelitian primata yang dikelola oleh Caribbean Primate Research Center (CPRC) serta didukung oleh University of Puerto Rico (UPR) dan National Institutes of Health (NIH). Monkey island juga merupakan pusat penelitian primata tertua di dunia.

2. Setiap monyet diberi nomor pengenal

5 Fakta Monkey Island, Rumah Bagi Ribuan Monyet di Puerto Ricophys.org

Karena bertujuan sebagai objek penelitian, monyet-monyet di pulau ini diberi identitas berupa kominasi huruf dan angka. Para peneliti dari berbagai universitas mengamati perilaku mereka termasuk bagaimana cara mereka berinteraksi satu sama lain dan seberapa erat hubungan kekerabatan di antara mereka.

3. Badai Maria menghancurkan pulau ini

5 Fakta Monkey Island, Rumah Bagi Ribuan Monyet di Puerto Ricospectrumnews.org

Pada bulan September 2017, badai Maria yang dahsyat menghantam Puerto Rico tidak terkecuali Monkey island. Pulau ini hancur berantakan diterjang badai, namun sebagian besar monyet-monyet di sini berhasil menyelamatkan diri. Setelah badai mereda, para peneliti bergegas kembali membangun dan merapikan pulau ini serta mengecek keberadaan monyet-monyet yang selamat.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Traveling ke Destinasi Wisata Alam

4. Populasi monyet meningkat hingga ribuan

5 Fakta Monkey Island, Rumah Bagi Ribuan Monyet di Puerto Riconpr.org

Saat ini, jumlah monyet-monyet Rhesus di pulau ini semakin meningkat. Para peneliti memberikan makanan dan memelihara pulau tersebut sehingga mereka terus berkembang biak dengan baik. Diperkirakan saat ini ada sekitar 1200 ekor monyet yang tinggal di pulau tersebut.

5. Pengunjung tidak diizinkan mengunjungi pulau

5 Fakta Monkey Island, Rumah Bagi Ribuan Monyet di Puerto Ricoperierga.gr

Sayangnya, pulau ini tidak dibuka sebagai tempat wisata. Pengunjung tidak diperkenankan mengunjungi pulau ini. Namun jangan khawatir, pengunjung yang ingin melihat monyet-monyet itu bisa menyewa perahu atau kayak dan melihat monyet-monyet berinteraksi dari kejauhan di atas perahu mereka.

Nah, itu dia 5 fakta Monkey Island yang merupakan rumah bagi para monyet Rhesus yang sengaja dibuat sebagai pusat penelitian.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata ala Harry Potter yang Bikin Liburan Jadi Makin Seru

Lutfia Afifah Photo Verified Writer Lutfia Afifah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya