Comscore Tracker

Daerah Toleransi Tinggi, Ini 5 Tempat Wisata Religi di Sulawesi Utara

Kamu bisa berwisata sekaligus beribadah #LokalIDN

Sulawesi Utara adalah daerah yang terkenal akan tinggi toleransi, masyarakat yang hidup berdampingan tanpa peduli agama, suku, dan ras.

Kalau Bali disebut sebagai daerah seribu pura, maka Sulawesi Utara juga dijuluki sebagai daerah seribu gereja, karena mayoritas penduduk beragama Kristen.

Terkenal dengan daerah tinggi toleransi, ini lima rekomendasi tempat wisata religi yang ada di Sulawesi Utara. Disimak ya.

1. Bukit Kasih Kanonang

Daerah Toleransi Tinggi, Ini 5 Tempat Wisata Religi di Sulawesi UtaraInstagram.com/like_manado

Bukit Kasih Kanonang terletak di desa Kanonang di kabupaten Minahasa, 55 km dari kota Manado. Bukit Kasih Kanonang adalah simbol toleransi dan kerukunan umat beragama di Sulawesi Utara. Di atas bukit terdapat lima tempat ibadah yaitu gereja Katolik, Vihara, Mesjid, gereja Protestan, dan kuil Hindu yang berdampingan.

Disebut sebagai Bukit Kasih karena disini, semua agama dapat berkumpul dan berdoa, sesuai kepercayaan masing-masing. Tempat wisata ini jadi kebanggaan warga Sulawesi Utara.

2. Bukit Doa Mahawu

Daerah Toleransi Tinggi, Ini 5 Tempat Wisata Religi di Sulawesi UtaraInstagram.com/stefani_gracia_trinita

Bukit Doa Mahawu terletak di kota Tomohon, tepatnya kaki Gunung Mahawu. Dengan pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk, menjadikan tempat ziarah dan doa ini banyak dikunjungi orang. Tempat ini berjarak 40 menit dari kota Manado.

Bukit Doa Mahawu menyediakan fasilitas ibadah seperti chapel, jalan salib(via dolorosa), gua Maria, rumah retreat, dan lain-lain. Di tempat ini juga ada ampitheater besar dengan nuansa alam yang kuat.

Baca Juga: Fakta Klappertaart, Camilan Khas Manado yang Meleleh di Lidah

3. Vihara Budhayana dan Pagoda Ekayana

Daerah Toleransi Tinggi, Ini 5 Tempat Wisata Religi di Sulawesi UtaraInstagram.com/widuri12

Buat kamu yang mau mengunjungi kota Tomohon, Vihara Budhayana dan Pagoda Ekayana wajib masuk list. Lokasi tempat wisata ini sangat strategis, tempatnya sejuk, dan tenang sehingga sangat cocok untuk sembahyang.

Vihara Budhayana dan Pagoda Ekayana, berlatar pemandangan Gunung Lokon yang jadi salah satu ikon kota Tomohon. Hawa sejuk dan dikelilingi hamparan bunga, kamu gak akan rugi jika mengunjungi tempat ini.

4. Monumen Yesus Memberkati

Daerah Toleransi Tinggi, Ini 5 Tempat Wisata Religi di Sulawesi UtaraInstagram.com/kapoyos_roland

Monumen Tuhan Yesus Memberkati adalah ikon kota Manado, di mana mayoritas warga di sini beragama Kristen. Monumen ini wajib banget dikunjungi saat kamu sedang berada di kota Manado. 

Monumen Tuhan Yesus Memberkati berdiri setinggi 50 meter, terbuat dari 25 ton serat logam, dan 35 ton baja. Monumen ini terletak di puncak perumahan Citraland Manado. Monumen ini merupakan monumen tertinggi ke-2 di Asia dan tertinggi ke-4 di dunia

5. Tujuh Kaki Dian Minahasa Utara

Daerah Toleransi Tinggi, Ini 5 Tempat Wisata Religi di Sulawesi UtaraInstagram.com/andi_saroinsong

Dalam agama Kristen, Kaki Dian adalah kaki pelita yang berfungsi membantu menerangi agar umat tidak jatuh dalam kegelapan. Bukit Tujuh Kaki Dian ini dibangun untuk menjadi tempat berdoa umat Kristen.

Terletak di kaki Gunung Klabat, Aermadidi, Minahasa Utara, tempat wisata ini ramai dikunjungi karena masih berada di perbukitan di mana kamu dapat melihat pemandangan Minahasa Utara. Selain itu, udaranya masih sangat segar dan tempatnya tenang untuk berdoa.

Nah itu dia lima rekomendasi tempat wisata religi yang ada di Sulawesi Utara. Jangan lupa kunjungi ya kalau berkesempatan main ke Manado.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Manado yang Enak dan Halal, Kamu Harus Coba!

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Suka bau buku dan menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya