Comscore Tracker

7 Fakta Setenil De Las Bodegas, Kota Eksotis yang Ada di Bawah Batu

Memiliki julukan Pueblos Blancos, tahu artinya ?

Spanyol merupakan salah satu negara di Eropa, yang memiliki banyak tempat wisata bersejarah hingga kota-kota eksotis yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Setenil de Las Bodegas. Sebuah kota eksotis di Spanyol yang memiliki keunikan karena terhimpit oleh bebatuan.

Sehingga tak heran jika hampir semua rumahnya beratapkan batu dan terlihat seolah-olah kota ini berada di bawah batu. Penasaran bagaimana penampakan dan fakta-fakta menarik dari kota eksotis yang satu ini ? Yuk, langsung saja simak berikut ini.

1. Terletak di tengah tebing Basalt di Provinsi Cadiz

7 Fakta Setenil De Las Bodegas, Kota Eksotis yang Ada di Bawah BatuPixabay.com/makalu

Provinsi Cadiz merupakan sebuah provinsi di bagian selatan Spanyol, tepatnya di region Andalusia. Tak hanya memiliki kota eksotis Setenil de Las Bodegas, Cadiz juga memiliki segudang destinasi wisata lainnya yang patut dikunjungi saat sedang melancong ke Spanyol, lho.

Seperti, Pantai Punta Paloma, Vejer de la Frontera, dan Jerez de la Frontera. Kira-kira destinasi mana yang bakal menjadi tujuan wisata kamu

2. Fakta di balik nama Setenil de Las De Bodegas

7 Fakta Setenil De Las Bodegas, Kota Eksotis yang Ada di Bawah BatuPixabay.com/alejandrocuencac

Nama Setenil berasal dari frasa Latin Romawi, yakni "Septem Nihil". Ada kemungkinan bahwa frasa ini memiliki keterkaitan dengan invasi yang dilakukan bangsa Roma di masa lalu.

Sedangkan kata Bodegas merujuk pada nama dari sebuah kilang anggur, yang dulunya berkembang pesat pada masa itu.

Baca Juga: Tak Selalu Menyenangkan, Inilah 12 Sisi Kelam Kota Las Vegas

3. Setenil de las Bodegas telah dihuni sejak abad ke-12

7 Fakta Setenil De Las Bodegas, Kota Eksotis yang Ada di Bawah BatuPixabay.com/waldomiguez

Dilansir laman Andalusia, diperkirakan manusia telah bermukim di Setenil de las Bodegas sejak zaman Kekhalifahan Almohad pada abad ke-12.

Konon, pada abad pertama masehi, Setenil de las Bodegas pernah diduduki Pasukan Roma ketika masa invasi. Sementara itu, kawasan ini juga pernah dijadikan sebagai benteng, ketika diduduki oleh bangsa Moor (penduduk Arab yang menguasai dan tinggal di Spanyol).

Namun, ketika pasukan Katolik dari Spanyol berhasil menyerang dan mengambil alih, kawasan tebing ini hanya dijadikan pemukiman bagi penduduk biasa. 

4. Hidangan terkenal di kota Setenil de Las Bodegas   

7 Fakta Setenil De Las Bodegas, Kota Eksotis yang Ada di Bawah BatuPixabay.com/cascalheira

Selain memberikan pengalaman wisata yang unik, Setenil de Las Bodegas juga menyuguhkan berbagai hidangan terkenalnya, seperti Chorizo, cerdo, minyak zaitun, dan anggur Andalucia.

5. Dijuluki Pueblos Blancos 

7 Fakta Setenil De Las Bodegas, Kota Eksotis yang Ada di Bawah BatuPixabay.com/waldomiguez

Selain memiliki keunikan karena terhimpit oleh bebatuan, kota Setenil de Las Bodegas juga mempunyai keunikan lain, lho. Yakni, dijuluki Pueblos Blancos atau Kota Putih. Hal tersebut karena memang setiap rumah di kota eksotis ini dicat berwarna putih. Klasik, cantik, dan keren, ya ?

6. Mengadopsi cara hidup orang yang tinggal di dalam gua

7 Fakta Setenil De Las Bodegas, Kota Eksotis yang Ada di Bawah BatuPixabay.com/cascalheira

Penduduk yang menempati kota eksotis Setenil de Las Bogedas ini mengadopsi cara hidup orang-orang yang tinggal di gua, maka tak heran saat musim panas, hawanya tak terlalu panas, begitu pula saat musim dingin tak akan terlalu dingin. 

7. Kota eksotis yang dijuluki kota Putih ini mempunyai 2 jalan, yakni Sun Street dan Shade Street   

7 Fakta Setenil De Las Bodegas, Kota Eksotis yang Ada di Bawah BatuPixabay.com/waldomiguez

Sun Street, nama ini diberikan karena di jalan ini masih terkena banyak cahaya matahari. Sun Street merupakan jalan di area terluar kota yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan di luar tebing. Di kawasan Sun Street ini juga dipenuhi banyak kafe dan restoran.

Berbeda dengan Sun Street, kawasan Shade Street justru ada di dalam kota yang kebanyakan rumah-rumahnya terhimpit oleh bebatuan, sehingga tak terlalu banyak mendapat sinar matahari.

Itulah beberapa fakta mengenai kota eksotis Setenil de Las Bodegas yang berada di Spanyol. Setelah mengetahui fakta-fakta dan hal uniknya, apakah kalian tertarik untuk menjadikan kota eksotis ini sebagai tujuan berwisata ?

Baca Juga: 10 Wisata Alam yang Tersembunyi Dibalik Gemerlap Kota Las Vegas

Meitha Nh Photo Writer Meitha Nh

Masih malu-malu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya