Comscore Tracker

Selain Toba, 5 Danau di Sumatera Utara Ini Sayang Jika Dilewatkan

#ANGPOIN Surga tersembunyi di Sumatera Utara, nih!

Jika ditanya danau apa yang paling populer di Sumatera Utara, pasti kebanyakan orang akan menjawab Danau Toba. Ya, memang benar Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia sekaligus jadi ikon wisata kebanggaan Sumatera Utara. Tapi, tak hanya Danau Toba saja lho. Banyak danau-danau indah lainnya yang tersembunyi di Sumatera Utara.

Selain Danau Toba, inilah 5 danau yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Sumatera Utara. Jangan sampai terlewatkan, lho! Simak yuk berikut daftarnya.

1. Danau Aek Natonang

Selain Toba, 5 Danau di Sumatera Utara Ini Sayang Jika Dilewatkaninstagram.com/keindahan_sumut

Merupakan bagian dari Kaldera Toba, Danau Aek Natonang yang berada di Kecamatan Simanindo, Samosir ini sering dijuluki danau diatas danau atau putri Danau Toba. Hanya perlu waktu sekitar setengah jam dari Tomo, kamu bisa menjelajahi keindahan danau kecil ini. Suasana yang tenang dan udara yang dingin akan membuat kamu betah berlama-lama disana.

Apa lagi untuk kamu yang gemar camping, di sekitar pinggir danau ini juga sangat cocok untuk dijadkan sebagai camping zone yang menyenangkan. Memancing ikan juga bisa menjadi kegiatan seru yang sayang dilewatkan jika berada di Danau Aek Natonang.

2. Danau Linting

Selain Toba, 5 Danau di Sumatera Utara Ini Sayang Jika Dilewatkaninstagram.com/heytheresia

Danau Linting terletak di Kabupaten Deli Serdang. Jika berangkat dari Kota Medan, cukup menempuh jarak sekitar 70 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Di obyek wisata Danau Linting, kamu akan ditawarkan dengan pemandangan yang indah dan suasana yang masih asri.

Danau yang airnya mendekati warna hijau toska ini, memiliki beberapa hal unik yang menjadi keistimewaannya. Salah satunya, Danau Linting memiliki kedalaman air yang sulit diukur. Diperkirakan di dalam danau tersebut terdapat lapisan di dalam lapisan, sehingga kedalaman belum dapat dinyatakan dalam angka secara pasti. Selain itu, air Danau Linting memiliki temperatur hangat yang berasal dari belerang.

Baca Juga: Festival Danau Toba Terkesan Seremoni, Wagub Minta Hal Beda Tahun Ini

3. Danau Siais

Selain Toba, 5 Danau di Sumatera Utara Ini Sayang Jika Dilewatkaninstagram.com/indoflashlight

Siais adalah danau terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Danau Toba. Berada di Tapanuli Selatan, obyek wisata Danau Siais kini menjadi pilihan berwisata yang cukup populer. Disana terdapat Air Terjun Siais yang akan memanjakan para wisatawan. Air danau berwarna kebiruan yang cukup jernih serta pemandangan bunga-bunga indah akan menenangkan jiwa saat liburan kesana.

Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi wisata Air Terjun lainnya yang bernama Batang Toru, lokasinya tak jauh dari Danau Siais. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan lengkap dengan pohon-pohon yang akan menyejukkan mata.

4. Danau Sicike-cike

Selain Toba, 5 Danau di Sumatera Utara Ini Sayang Jika Dilewatkaninstagram.com/nicksilitonga

Danau Sicike-cike berada di Kabupaten Dairi. Jika berangkat dari Kota Medan, kamu dapat menempuh perjalanan sekitar 6 jam untuk dapat sampai dan menikmati keindahan Danau Sicike-cike. Sebelum sampai kesana, kamu terlebih dahulu harus menelusuri hutan lindung yang luas dan terdapat banyak flora mau pun fauna yang menarik. Air danaunya pun masih alami dan cukup terjaga kejernihannya.

5. Danau Sidihoni

Selain Toba, 5 Danau di Sumatera Utara Ini Sayang Jika Dilewatkaninstagram.com/samosir_indah

Selain Aek Natonang, Danau Tao Sidihoni atau Sidihoni bisa menjadi alternatif pilihan saat kamu mengunjungi Pulau Samosir. Mata pengunjung akan ditenangkan dengan pemandangan rerumputan hijau, perbukitan, dan pohon-pohon pinus di sekitar danau. Obyek wisata ini sering dijadikan sebagai tenpat pemotretan terutama untuk pre wedding.

Suasana liburan di Danau Sidihoni sangat damai dan menyenangkan. Pada pagi dan sore hari, kamu akan menemui beberapa penduduk yang sedang mengembala kerbau di sekitaran danau.

Nah, sekarang sudah tahu kan danau lainnya yang ada di Sumatera Utara. Jadi, yang mana nih bakal jadi daftar tujuan liburanmu saat ke Sumatera Utara? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Ini Nih 9 Wisata Menawan Dekat Danau Toba yang Wajib Kamu Kunjungi

Mia Lubis Photo Community Writer Mia Lubis

Instagram: @hatikuselembardaun

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You