Comscore Tracker

5 Gunung yang Ada di Garut untuk Menikmati Indahnya Lautan Awan

View lautan awan sekaligus lanskap perkotaan #LokalIDN

Garut adalah kabupaten di Jawa Barat yang mempunyai beragam lanskap alam, dari gunung hingga lautan. Bicara tentang gunung di Garut memang ada banyak, namun hanya ada 5 gunung yang menawarkan view lautan awan di Garut.

Apa saja kelima gunung tersebut? Simak kelima gunung di bawah ini untuk referensi liburan kamu dengan indahnya lautan awan di Kabupaten Garut. Urutan gunungnya dimulai dari yang tingginya rendah.

1. Gunung Putri

5 Gunung yang Ada di Garut untuk Menikmati Indahnya Lautan Awanpemandangan di puncak Gunung Putri Garut (instagram.com/angga_surya_permana)

Yang pertama ada Gunung Putri yang terletak di Kecamatan Tarogong Kaler dan dekat dengan Gunung Guntur. Gunung Putri merupakan yang termudah akses ke puncaknya karena hanya berketinggian 1.434 mdpl. Berjalan menuju puncaknya hanya membutuhkan waktu beberapa puluh menit dari tempat parkir kendaraan.

Dari puncak Gunung Putri, kamu bisa melihat lanskap kota Garut dan lautan awan jika cuaca sedang cerah.

2. Gunung Sagara

5 Gunung yang Ada di Garut untuk Menikmati Indahnya Lautan AwanPemandangan di puncak Gunung Sagara (Dok. Pribadi/Dzikri Faisal)

Lalu ada gunung yang terletak di timur laut Kabupaten Garut, yaitu Gunung Sagara. Berketinggian 2.132 mdpl, dari puncak Sagara kamu bisa melihat indahnya lautan awan beserta Kawah Talaga Bodas di bawahnya.

Walaupun tidak terlihat jelas lanskap kota Garut karena tertutup rimbunan pohon, namun dari puncak Sagara kamu bisa melihat lanskap Kota Tasik lho!

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Cikuray, Gunung Tertinggi di Kabupaten Garut

3. Guntur Guntur

5 Gunung yang Ada di Garut untuk Menikmati Indahnya Lautan AwanPemandangan di puncak Gunung Guntur (Dok. Pribadi/Lingga Muhammad Teguh)

Selanjutnya ada Gunung Guntur yang merupakan tetangganya Gunung Putri. Berketinggian 2.249 mdpl, untuk menuju puncak Guntur kamu harus mendaki dulu dengan perjalanan yang tidak mudah. Karena kamu harus melewati jalur yang berpasir, menanjak, dan gersang.

Namun kelelahanmu bakal terbayar ketika sudah mencapai puncaknya. Kelelahanmu bakal terbayar dengan lautan awan, lanskap Kota Garut, dan lanskap pegunungan di Garut.

4. Gunung Papandayan

5 Gunung yang Ada di Garut untuk Menikmati Indahnya Lautan AwanHutan Mati Gunung Papandayan (Dok. Pribadi/Dzikri Faisal)

Selanjutnya adalah Gunung Papandayan yang titik tertinggi gunungnya ada pada ketinggian 2.665 mdpl. Walau Gunung Papandayan ini lebih dikenal dengan kawah, hutan mati, dan bunga edelweissnya; namun Papandayan juga menyuguhkan view lautan awan yang tak kalah menawan.

Kamu bisa melihat lautan awan, lanskap Garut, dan view Gunung Cikuray di spot sunrise bernama Ghober Hoet di Papandayan.

5. Gunung Cikuray

5 Gunung yang Ada di Garut untuk Menikmati Indahnya Lautan AwanPendaki di puncak Gunung Cikuray. (instagram.com/mimarfakhruddin)

Lalu yang terakhir ada yang gunung tertinggi di Garut yaitu Gunung Cikuray. Gunung Cikuray menyuguhkan view lautan awan yang sangat luas dan tebal di puncak gunungnya yang kerucut dan berketinggian 2.821 mdpl. Walau berada di tengah-tengah Kabupaten Garut, dari puncak Cikuray ini terlihat lanskap Kota Tasik saat cuaca cerah.

Itulah kelima gunung untuk bisa melihat lautan awan di Garut. Sebenarnya masih ada beberapa gunung lain di Garut namun mereka tidak menawarkan view lautan awan seperti kelima gunung di atas.

Baca Juga: Hobi Mendaki Gunung? Altitude Sickness Perlu Diwaspadai

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya