Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Malinau Kalimantan Utara yang Indah dan Memesona

Apa saja tempat wisata memukau di Malinau? #LokalIDN

Malinau merupakan salah satu nama kota di Provinsi Kalimantan Utara. Memang namanya tidak terlalu familiar seperti Kota Balikpapan ataupun Samarinda. Namun, siapa sangka kota yang tergolong punya kepadatan penduduk sangat kecil, yakni sekitar 5 penduduk saja per kilometer persegi ini punya potensi wisata yang begitu besar. 

Ada begitu banyak wisawatan yang berkunjung ke sana untuk menikmati keindahan alamnya. Apalagi kepadatan penduduk di sana tergolong kecil sehingga membuat wisawatan merasa lebih nyaman dan dan damai saat berwisata di Malinau.

Nah, berikut ini beberapa tempat wisata di Malinau Kalimantan Utara yang keindahan alamnya akan membuatmu terpesona.

1. Air Terjun Semolon

5 Tempat Wisata di Malinau Kalimantan Utara yang Indah dan Memesonaair terjun semolon Malinau (instagram.com/novita.abdillah)

Wisata pertama adalah Air terjun Semolon. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun tercantik yang ada di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Air Terjun Semolon berlokasi di Desa Paking, yang berjarak sekita 44 km dari pusat kota Malinau. Untuk menuju ke air terjun ini dibutuhkan waktu sekitar 1,5- 2 jam perjalanan dari pusat Kota Malinau. 

Dalam perjalanan ke air terjun, kamu akan disuguhi pemandangan pepohonan hijau nan indah. Begitu sampai di sana kamu akan disambut pemandangan air terjun yang sangat cantik dengan panorama batu alam yang tersusun sebanyak 9 tingkat dan setiap tingkatnya membentuk sebuah kolam air yang indah.

2. Air Terjun Martin Billa

5 Tempat Wisata di Malinau Kalimantan Utara yang Indah dan Memesonaair terjun martin billa (instagram.com/bilqisarlizafarayana)

Tak hanya Air Terjun Semolon, Malinau juga punya Air Terjun Martin Billa. Air terjun ini terletak di malinau bagian selatan atau sekitar 100 km dari Kota Malinau.

Memang namanya belum setenar Air Terjun Semolon, namun pemandangan yang disajikan juga tak kalah indah.

Untuk menuju Air Terjun Martin Billa ini kamu harus melewati jalan yang berkerikil karena melewati daerah pertambangan batu bara. Namun perjalanan yang panjang dan sulit akan langsung terbayarkan dengan pemandangan yang akan kamu temui di air terjun ini.

Baca Juga: Resep Nasi Subut Khas Kalimantan Utara, Sensasinya Manis dan Gurih!

3. Air Terjun Gunung Rian

5 Tempat Wisata di Malinau Kalimantan Utara yang Indah dan Memesonaair terjun gunung Rian (instagram.com/satyawinnie)

Tempat wisata di Malinau selanjutnya adalah Air Terjun gunung Rian. Air terjun ini punya ciri khasnya tersendiri yang berbeda dari air terjun lainnya sehingga sangat layak untuk dikunjungi di mana di sekeliling air terjun merupakan hutan tropis dengan vegetasi yang sangat beragam. Dan kamu pun bisa menjumpai salah satu flora khas Kalimantan yaitu Pohon Ulin.

Pohon Ulin yang mempunyai nama latin aeusideroxylon zwageri ini merupakan vegetasi hutan tropis yang punya nilai jual yang sangat tinggi karena kualitas kayunya yang memang berkualitas super.

Inilah salah satu daya tarik objek wisata Air Terjun Gunung Rian yang tentunya tidak akan  kamu temukan di tempat lain. 

4. Gunung Sidi

5 Tempat Wisata di Malinau Kalimantan Utara yang Indah dan Memesonagunung Sidi (instagram.com/gista_dsakti)

Selanjutnya adalah Gunung Sidi. Tempat ini cocok bagi kamu yang memiliki jiwa petualangan yang tinggi, sekaligus ingin wisata yang lebih menantang.

Gunung ini wajib kamu kunjungi karena di puncaknya terdapat pemandangan yang indah. Kamu juga dapat melihat sunrise maupun sunset yang menawan lho di atasnya.

Sepanjang mendaki Gunung Sidi, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan lebatnya hutan yang memesona. Untuk letaknya, Gunung Sidi berada di Desa Long Loreh di wilayah malinau bagian selatan.

Kamu tak perlu khawatir tersesat saat mendaki gunung ini, pasalnya kamu bisa menyewa pemandu yang sudah pasti hafal jalur tersebut dengan baik.

5. Desa Wisata Setulang

5 Tempat Wisata di Malinau Kalimantan Utara yang Indah dan Memesonadesa wisata setulang (instagram.com/asiemikha)

Tak hanya alamnya yang indah, namun kehidupan warganya juga tak kalah menarik untuk kita lihat, salah satunya adalah di Desa Setulang di Malinau yang pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru kategori (Penyelamat Lingkungan) dari Presiden Megawati Soekarno Putri, pada  tahun 2003.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Desa Wisata Setulang ini. Mulai dari tracking menuju air terjun dan melewati hutan yang masih terjaga, sampai melihat pohon-pohon besar berusia ratusan tahun. Apalagi ditambah oleh keramahan warganya pasti akan membuatmu semakin betah berlama-lama di sana.

Itulah beberapa tempat wisata di Malinau, Kalimantan Utara yang dijamin tidak akan membuatmu menyesal saat berkunjung ke sana.

Nah, kalau kamu mau pilih mengunjungi tempat wisata di Malinau yang mana nih?

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Gunung Mas Kalimantan Tengah yang Memukau

Moh Solihul Anshori Photo Verified Writer Moh Solihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya