Comscore Tracker

7 Wisata Pantai di Kota Jepara, Bukan Hanya Karimun Jawa

Wajib masuk bucket list liburan kalian, nih!

Jepara merupakan salah satu kota yang terkenal mempunyai pesona bahari yang luar biasa indah di Provinsi Jawa Tengah. Sebut saja Kepulauan Karimun Jawa yang sekaligus menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal hingga mancanegara.

Nah, selain Karimun Jawa. Jepara juga masih mempunyai beberapa pantai dengan pesona yang tak kalah indah. Tentunya dengan keunikannya masing-masing yang dapat membuat wisatawan betah berlama-lama saat mengunjunginya.

Penasaran 'kan wisata pantai apa saja yang bisa dikunjungi di Jepara? Berikut ini rangkumannya.

1. Pantai Kartini

7 Wisata Pantai di Kota Jepara, Bukan Hanya Karimun Jawailustrasi pantai kartini (instagram.com/fathulminan)

Pantai pertama yang wajib dikunjungi saat datang ke Jepara adalah Pantai Kartini. Saat datang ke pantai ini wisatawan akan disambut dengan sebuah patung kura-kura raksasa. Meski bukan kura-kura hidup, patung kura-kura raksasa di Pantai Kartini merupakan ikon favorit bagi wisatawan yang datang. Di dalam patung kura-kura bernama Ocean Park ini, wisatawan dapat melihat akuarium yang berisi berbagai spesies laut, spa fish, serta pertunjukan teater.

Selain itu, Pantai Kartini juga memiliki berbagai tempat hiburan seperti panggung petunjukan, Tugu Kartini, hingga dermaga penyeberangan kapal menuju Karimun Jawa. Berkat fasilitasnya yang lengkap Pantai Kartini selalu ramai dengan wisatawan, terutama pada akhir pekan.

Alamat: Desa Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00–19.00 WIB

HTM: Rp5 ribu per orang

2. Pantai Bandengan

7 Wisata Pantai di Kota Jepara, Bukan Hanya Karimun Jawailustrasi pantai bandengan (instagram.com/defasela)

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jepara, namun tidak berwisata ke Pantai Bandengan. Pantai ini menjadi salah wisata satu favorit di Jepara. Itu karena Pantai Bandengan mempunyai ombak yang relatif tenang, sehingga aman bagi para keluarga yang ingin membawa anak-anak berwisata.

Selain itu, bagi yang suka tantangan. Juga disediakan berbagai wahana waterspot yang dapat memacu adrenalin. Mulai dari banana boat, wave house hingga jet ski bisa dapat di coba di pantai ini. Bagi pencinta fotografi juga terdapat beberapa spot foto menarik yang terkenal punya pemandangan indah.

Alamat: Desa Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00–18.00 WIB

HTM: Rp7 ribu

3. Pantai Teluk Awur

7 Wisata Pantai di Kota Jepara, Bukan Hanya Karimun Jawailustrasi pantai teluk awur (instagram.com/iqbalvisuals)

Pantai selanjutnya yang wajib kalian kunjungi saat datang ke Jepara adalah Pantai Teluk Awur. Pantai yang masih berdekatan dengan Pantai Kartini ini, terkenal mempunyai pasir putih lembut dan spot untuk melihat sunset yang terkenal indah. Maka tak heran, jika Pantai Teluk Awur akan semakin ramai jika waktu sore tiba.

Sembari menikmati keindahan pantai ini, wisawatan dapat bersantai di kursi-kursi yang tersedia di pinggiran pantai. Menikmati suasana matahari terbenam dengan ditemani semilir angin pantai yang menyejukkan, tentu akan menjadI pengalaman yang tak terlupakan.

Alamat: Jl. Teluk Awur, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

HTM: Rp5 ribu

Baca Juga: 5 Wisata Sejarah di Jepara, Menelusuri Indahnya Warisan Masa Lalu

4. Pantai Pungkruk

7 Wisata Pantai di Kota Jepara, Bukan Hanya Karimun Jawailustrasi pantai Pungkruk (instagram.com/heyruud)

Bagi yang mencari pantai dengan pesona bawah laut yang indah. Pantai Pungkruk dapat menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena, pantai ini mempunyai keindahan bawah laut yang yang masih terjaga keindahannya. Para wisawatan yang berkunjung ke Pantai Pungruk juga bisa mencoba berbagai olahan seafood yang terkenal nikmat.

Tentunya berwisata, sambil menikmati kuliner lezat dan ditemani semilir angin laut yang menyejukkan, akan menciptakan satu harmoni yang tak terlupakan bagi wisawatan yang datang.

Alamat: Desa Mororejo, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

HTM: Rp5 ribu

5. Pantai Bondo

7 Wisata Pantai di Kota Jepara, Bukan Hanya Karimun Jawailustrasi pantai bondo (instagram.com/fakhri.alfawaz)

Pantai selanjutnya yang bisa kalian kunjungi saat datang ke Jepara adalah Pantai Bondo. Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang luas dan dikelilingi dengan pepohonan bakau yang rimbun. Aktivitas favorit di pantai ini adalah bermain air pantai yang terkenal jernih. Apalagi ombaknya yang tenang, membuat wisawatan aman saat bermain di pantai ini.

Bagi yang suka olahraga air. Juga tersedia banana boat hingga speed boat yang dapat di sewa wisawatan. Dengan begitu wisawatan dapat melakukan berbagai kegiatan menyenangkan saat berkunjung ke pantai ini. Fasilitanya juga cukup lengkap, seperti tempat ibadah, WC, tempat parkir, hingga warung makan juga telah tersedia.

Alamat: Desa Mulyoharjo, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

HTM: Rp8 ribu

6. Pantai Suweru

7 Wisata Pantai di Kota Jepara, Bukan Hanya Karimun Jawailustrasi pantai suweru (instagram.com/afif_knisa)

Jika ingin mencari pantai unik di Jepara. Kalian bisa memilih Pantai Suweru sebagai wisata pilihan. Keunikan dari pantai ini adalah hamparan pasirnya yang berwarna hitam, sehingga menimbulkan suasana yang berbeda dari pantai-pantai di sekitarnya. Selain pasir pantai yang indah. Pesona bawah laut Pantai Suweru juga tak kalah memesona. Tak heran jika pantai ini sering dijadikan tempat snorkeling bagi para wisatawan.

Perjalanan menuju pantai ini tergolong cukup jauh dan harus memakai kendaraan pribadi. Hal itu menyebabkan wisatawan tidak banyak yang datang ke pantai ini. Sehingga wisatawan yang berkunjung akan merasa lebih damai dan serasa berkunjung ke pantai pribadi. 

Alamat: Desa Balong, Kec. Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

HTM: Rp5 ribu

7. Pantai Pulau Panjang

7 Wisata Pantai di Kota Jepara, Bukan Hanya Karimun Jawapantai pulau panjang (instagram.com/zfird)

Pantai terakhir yang bisa di kunjungi saat ke Jepara adalah Pantai Pulau Panjang. Pantai ini terkenal di Jepara karena pesonanya yang luar biasa. Bahkan pantai ini juga mendapat julukan Karimun Jawa mini berkat keindahannya. 

Daya tarik utama dari pantai ini terletak pada lokasi snorkeling yang terkenal punya pemandangan yang indah. Bagi yang tidak suka berenang, bisa juga duduk-duduk sambil menikmati keindahan dermaga panjang yang dinamakan Dermaga Cinta. Dermaga ini juga menjadi lokasi favorit wisatawan untuk melihat sunset di sore hari. 

Alamat: Pulau Panjang, Ujungbatu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00–17.00 WIB

HTM: Rp8 ribu

Nah, itulah tujuh wisata pantai di Kota Jepara yang bisa kalian kunjungi saat liburan nanti. Beberapa memang belum terlalu terekspos. Gak heran kalau pesona yang ditawarkan tidak akan mengecewakan. Jadi pantai mana yang ingin kalian datangi?

Baca Juga: 9 Pesona Keindahan Alam Air Terjun Songgo Langit di Jepara, Surga Alam

Moh Solihul Anshori Photo Verified Writer Moh Solihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya