Comscore Tracker

Pesonanya Memikat, Ini 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Kabupaten Gowa

Bisa bikin kamu betah tinggal lama-lama, lho! #LokalIDN

Air terjun menjadi salah satu destinasi wisata alam yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara ketika liburan. Indonesia bahkan memiliki banyak wisata air terjun yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Tak terkecuali di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang terkenal sebagai surganya air terjun nan elok dipandang berada. Letak Kabupaten Gowa tak jauh dari Kota Makassar, bahkan Kota Makassar berbatasan langsung di wilayah bagian utara Kabupaten Gowa, lho. Lalu, ada air terjun apa saja yang ada di Kabupaten Gowa? Yuk, simak ulasannya berikut! 

1. Bantimurungna Gallang

Pesonanya Memikat, Ini 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Kabupaten GowaInstagram.com/sultan_krocho

Bantimurungna Gallang merupakan nama air terjun yang terletak di Desa Pao, Kecamatan Tombolopao. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dan berkedalaman 40 meter. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk sekadar berfoto. Bahkan beberapa wisatawan sengaja datang untuk berkemah agar bisa menikmati pemandangan air terjun pada malam hari.

Sekitar area air terjun Bantimurungna Gallang telah didirikan sejumlah gazebo yang dapat digunakan wisatawan untuk beristirahat. Pesona Bantimurungna Gallang semakin memikat lantaran pemandangannya yang masih hijau alami.

2. Salewangang

Pesonanya Memikat, Ini 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Kabupaten GowaInstagram.com/sii_bungsuh

Air terjun Salewangang terletak di daerah Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggi Moncong. Debit air terjun yang mengalir tergolong cukup deras. Jika ingin mengunjungi tempat ini, kamu wajib persiapkan fisikmu. Pasalnya, wisatawan harus melewati anak tangga yang jumlahnya sangat banyak untuk bisa sampai ke lokasi air terjun.

Tak perlu khawatir, lelahmu melewati anak tangga akan terbayar lunas ketika sampai. Sebab, wisatawan langsung disuguhkan pemandangan alam air terjun Salewangang yang sangat asri.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Hits yang Instagrammable di Gowa, Asyik Buat Foto!

3. Jeneberang

Pesonanya Memikat, Ini 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Kabupaten GowaInstagram. com/akmal_hidayt

Destinasi wisata air yang satu ini terletak di Kelurahan Bonto Lerung, Kecamatan Tinggi Moncong. Air terjun Jeneberang menjadi sangat memikat di mata pengunjung karena sekitarnya dikelilingi oleh batuan tinggi yang jarang dijumpai di tempat lain. Jeneberang diangkat menjadi nama air terjun ini karena memang airnya berasal dari aliran sungai Jeneberang.

Meski memiliki pemandangan bebatuan yang sangat indah, pengunjung wajib waspada ketika musim hujan tiba. Aliran air menjadi sangat deras dan jalur menuju air terjun juga sangat berisiko untuk dilalui. Jadi, pastikanlah cuacanya cerah sebelum berangkat, ya!

4. Pannara

Pesonanya Memikat, Ini 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Kabupaten GowaInstagram.com/sii_bungsuh

Desa Bontolempangan, Kecamatan Bontolempangan adalah lokasi dari destinasi wisata air terjun ini. Pannara menjadi salah satu destinasi wisata dengan medan yang cukup sulit untuk dilalui. Sangat disarankan agar kamu menggunakan sepatu yang benar-benar kuat saat berkunjung ke air terjun Pannara. Meskipun demikian, pesona air terjun Pannara dijamin bikin kamu betah untuk tinggal berlama-lama, lho!

5. Kaloro Larang

Pesonanya Memikat, Ini 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Kabupaten GowaInstagram.com/om_mangg

Namanya memang air terjun Kaloro Larang tapi bukan berarti kamu benar-benar dilarang untuk datang ke sana. Justru destinasi wisata yang satu sangat recommended untuk kamu kunjungi. Air terjun Kaloro Larang yang eksotis nan asri ini beralamat di Desa Tonasa, Kecamatan Tombolopao.
Beberapa pengunjung juga memanfaatkan lahan kosong depan air terjun ini untuk camping bersama kerabat sambil menikmati udara segar alam terbuka.

Sungguh indah air terjun ciptaan Tuhan, tentunya semua fasilitas alam ini perlu dijaga keberadaannya. Jadi, dari lima air terjun ciptaan Tuhan yang berada di Kabupaten Gowa di atas, kamu mau mengunjungi yang mana? Kasih tahu lewat kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Instagrammable di Gowa, Ada yang Mirip Raja Ampat

Zam Zam Photo Verified Writer Zam Zam

Masa depan tidak akan seburuk itu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya