Comscore Tracker

Info Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya: Rute, Harga, dan Tipsnya

Wisata edukasi dan sejarah kebanggaan Surabaya, nih

Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya menyimpan banyak wisata sejarah yang mengagumkan. Salah satu yang paling populer adalah Monumen Kapal Selam atau yang dikenal sebagai Monkasel.

Monumen ini menujukkan bahwa Surabaya memiliki kekuatan maritim yang kuat. Sejak zaman dahulu, kota ini sudah menjadi pusat perdagangan dunia, lho. Sebelum liburan ke sana, simak beberapa informasi lengkapnya berikut ini.

1. Rute menuju Monumen Kapal Selam Surabaya

Info Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya: Rute, Harga, dan TipsnyaMonumen Kapal Selam Surabaya (instagram.com/karaengaldi25)

Terdapat dua rute yang bisa kamu lalui untuk mencapai Monumen Kapal Selam, antara lain Balai Kota Surabaya dan Stasiun Gubeng. Keduanya bisa dipilih, tergantung dari mana kamu memulai perjalanannya.

Dari Balai Kota Surabaya:

Kalau dari Balai Kota Surabaya, rute ini terbilang dekat, karena keduanya berada di pusat Kota Surabaya. Dari Jalan Sedap Malam, beloklah ke Jalan Walikota Mustajab hingga ke Jalan Gubeng Pojok.

Setelah itu, belok ke kanan memasuki Jalan Pemuda. Jika sudah melewati jembatan, langsung ke kanan, karena Monumen Kapal Selam berada di sisi kanan jalan.

Dari Stasiun Gubeng:

Banyak pendatang dari luar kota yang ingin mengunjungi Monumen Kapal Selam. Biasanya, mereka datang menggunakan kereta api dan berhenti di Stasiun Gubeng. Dari sini, kamu bisa tinggal berjalan kaki saja.

Berjalanlah menuju pertigaan Jalan Sumatera, lalu belok ke kanan. Setelah melewati sungai, kamu akan memasuki Jalan Pemuda. Monumen Kapal Selam berada di sisi kanan jalan.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Info Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya: Rute, Harga, dan TipsnyaMonumen Kapal Selam Surabaya (instagram.com/renaldysetiady)

Lokasi: Jalan Pemuda Nomor 39, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-22.00 WIB

Harga: Rp15 ribu

3. Ada apa saja sih di Monumen Kapal Selam Surabaya?

Info Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya: Rute, Harga, dan TipsnyaMonumen Kapal Selam Surabaya (instagram.com/karaengaldi25)

Monumen Kapal Selam ini berdiri dan dibuka sejak 20 Juni 1998. Tujuan didirikannya monumen unik ini adalah untuk memperingati keberanian para pejuang dalam membasmi para penjajah. Kapal selam ini bukan replika, tapi asli dengan nama KRI Pasopati 401.

Kapal selam ini memiliki tujuh ruangan berbeda dengan fungsi masing-masing. Ada ruang komandan, ruang torpedo, ruang awak kapal, ruang dapur, dan penyimpanan baterai.

Jadi wisata edukasi, bagian dalam kapal selam dibiarkan senyata mungkin. Namun, terdapat pendingin udara agar pengunjung tidak merasa kepanasan dan pengap. Sebab, kapal selam ini dirancang untuk menyelam di perairan dingin.

Info Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya: Rute, Harga, dan TipsnyaMonumen Kapal Selam Surabaya (instagram.com/angga_yudha88)

Selain berwisata sejarah dan edukasi, Monumen Kapal Selam juga menyediakan wahana seru, yakni kolam renang. Kolam renang ini termasuk dangkal, karena diperuntukkan khusus bagi anak-anak.

Terdapat dua kolam dengan kedalaman serupa, namun berbeda bentuk. Kolam dikhususkan untuk berenang saja, sehingga tidak ada wahana air seperti di waterboom kebanyakan. Namun, tetap saja seru bagi anak-anak.

Info Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya: Rute, Harga, dan TipsnyaPotret pengunjung yang hendak masuk kapal di Wisata Perahu Kalimas. (IDN Times/Reza Iqbal)

Letak Monumen Kapal Selam berdekatan dengan Sungai Kalimas, sehingga pastikan kamu mencoba wisata susur sungainya. Kamu bisa menaiki perahu motor untuk berkelilingi sungai sampai puas. Harga tiketnya pun murah, hanya Rp20 ribu saja, kok.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Surabaya yang Bisa Bikin Kamu Makin Pintar!

4. Sejarah di balik Monumen Kapal Selam

Info Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya: Rute, Harga, dan TipsnyaMonumen Kapal Selam Surabaya (instagram.com/mikail_akbar2018)

Monumen Kapal Selam pemberian dari KRI Pasopati 410 yang merupakan salah satu Armada Divisi Timur. Konstruksi dimilai pada Juli 1995, Basofi Soedirman menjadi peletak batu pertama dari kapal selam megah ini.

Meski bukan sebuah replika, pembuatan kapal selam ini dilakukan dengan membagi bagian menjadi 16 terlebih dahulu. Kapal selam kemudian disambungkan kembali dan pada akhirnya dibuka secara resmi sebagai destinasi wisata sejarah pada 15 Juli 1998.

5. Tips yang bisa kamu terapkan

Info Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya: Rute, Harga, dan TipsnyaMonumen Kapal Selam Surabaya (instagram.com/machdaneirra)

Supaya liburanmu di Monumen Kapal Selam Surabaya berjalan dengan baik, pastikan kamu menerapkan beberapa tips berikut ini, ya.

  1. Datanglah saat hari biasa, hindari akhir pekan. Pengunjung akhir pekan lebih membeludak, sehingga akan penuh sesak.
  2. Usahakan datang saat hari masih pagi, karena kamu bisa mendapatkan tempat parkir yang masih dekat dengan monumen.
  3. Bawalah topi atau payung untuk terhindar dari hujan dan panas matahari. Kamu akan banyak beraktivitas secara outdoor di sini.

Itulah informasi lengkap seputar Monumen Kapal Selam Surabaya buat panduan liburanmu nantinya. Yuk, segera jadwalkan liburanmu ke sini secepatnya!

Baca Juga: 10 Monumen Teraneh di Dunia, Bentuknya Gak Masuk Akal Banget

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya