Comscore Tracker

Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips

Bisa sambil berburu pernak-pernik dan kuliner

Wisata religi menjadi alternatif liburan seru yang sering dipilih umat muslim ketika bulan Ramadan. Salah satu wisata religi paling populer di Indonesia adalah Sunan Ampel di Surabaya, Jawa Timur.

Wisata Sunan Ampel selalu ramai setiap harinya, apalagi selama bulan puasa. Banyak wisatawan datang untuk berziarah, belanja, hingga berburu kuliner khas Timur Tengah. Benar-benar destinasi religi dengan paket lengkap, deh.

Nah, kalau kamu berencana mengunjungi Wisata Sunan Ampel Surabaya, simak dulu informasi wisata lengkapnya di bawah ini!

1. Rute menuju Wisata Religi Sunan Ampel

Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Rute, Lokasi, Harga, dan TipsMakam Sunan Ampel (instagram.com/vikkaramadhanii)

Bukan hal sulit untuk menjangkau Wisata Religi Sunan Ampel. Kamu bisa memulainya dari pusat Kota Surabaya, yakni Balai Kota Surabaya. Masuklah ke Jalan Walikota Mustajab, lalu belok kanan ke Jalan Genteng Kali.

Setelah itu, belok ke kanan menyebrangi jembatan ke Jalan Undaan Kulon hingga ke Jalan Bunguran. Teruskan perjalanan hingga melewati Pasar Atom dan memasuki Jalan Dukuh. Belok ke kanan ke Jalan Nyamplungan dan Wisata Religi Sunan Ampel berada di sisi kiri.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga

Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Rute, Lokasi, Harga, dan TipsKawasan wisata religi Sunan Ampel. IDN Times/Reza Iqbal

Lokasi: Jalan Nyamplungan, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari 24 jam

Harga: gratis

3. Berziarah ke makam Sunan Ampel

Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Rute, Lokasi, Harga, dan TipsMakam Sunan Ampel (instagram.com/di_adii_aw)

Kebanyakan orang yang datang ke destinasi religi ini adalah untuk ziarah ke makam Sunan Ampel. Bukan tanpa alasan, karena Sunan Ampel adalah salah satu dari Wali Songo, perintis penyebaran agama islam di Pulau Jawa.

Selain makam Sunan Ampel, ada pula makam sang istri, Nyai Condrowati yang letaknya bersebelahan. Kompleks makam ini berada dekat dengan Masjid Agung dan dikelilingi dengan pagar.

Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Rute, Lokasi, Harga, dan TipsMasjid Agung Sunan Ampel (instagram.com/desainislam)

Setelah berziarah, kamu bisa mampir ke Masjid Agung Sunan Ampel. Bangunannya dipenuhi kayu-kayu jati yang kokoh dan megah. Uniknya, masjid ini mengakulturasikan budaya Arab dan Jawa, lho.

Masjid ini dipercaya memiliki keberkahan tersendiri, karena tidak pernah mengalami kerusakan meski sempat diserang penjajah. Masjid Agung Sunan Ampel berada tepat di depan makam Sunan Ampel tadi, lho.

Baca Juga: 10 Wisata Religi di Gresik, Rekomendasi Pelesiran saat Ramadan

4. Berburu kuliner dan belanja di Kampung Arab

Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Rute, Lokasi, Harga, dan TipsKawasan wisata Sunan Ampel Surabaya. IDN Times/Reza Iqbal

Kalau sudah berkunjung ke Wisata Religi Sunan Ampel, rasanya tak lengkap kalau gak mampir ke Kampung Arab. Kamu bisa berbelanja banyak pernak-pernik menarik. Mulai dari gamis, peralatan salat, parfum, hingga kosmetik.

Wisata berbelanja ini berada dalam sebuah lorong panjang. Sederetan kios siap membuatmu kebingungan, deh. Kampung Arab ini terletak di Jalan Ampel Suci dan Jalan Ampel Masjid.

Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Rute, Lokasi, Harga, dan TipsNasi kebuli (instagram.com/nasikebuli_hj.umaiyah)

Jangan lupa juga untuk mencicipi beragam kuliner khas Timur Tengah. Banyak depot dan kedai menarik yang menjual makanan enak, ada roti maryam, nasi kebuli, kebab, nasi briyani, hingga berbagai olahan kambing.

5. Tips yang bisa kamu terapkan

Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Rute, Lokasi, Harga, dan TipsIDN Times/Reza Iqbal

Supaya pelesiaranmu di Wisata Religi Sunan Ampel tetap seru dan nyaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Datanglah pada hari biasa, karena akhir pekan selalu lebih ramai wisatawan.
  2. Gunakan pakaian yang sopan dan tertutup, mengingat ini adalah destinasi wisata religi.
  3. Selalu jaga barang bawaanmu agar tidak terjadi kehilangan, terutama saat berziarah dan berbelanja di Kampung Arab.
  4. Beragam kuliner enak biasanya muncul pada malam hari, pastikan kamu tepat waktu biar gak kehabisan.
  5. Selalu taati protokol kesehatan selama pelesiran di Wisata Religi Sunan Ampel, ya!

Itu dia informasi wisata lengkap kalau kamu akan pelesiran ke Wisata Religi Sunan Ampel di Surabaya, Jawa Timur. Dijamin seru dan menambah wawasanmu, deh!

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: 9 Wisata Religi Wali Songo yang Tersebar di Seluruh Pulau Jawa!

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya