Comscore Tracker

Wisata Tumpeng Menoreh Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

#IDNTimesTravel Restoran alam terbuka yang lagi hits

Yogyakarta kembali jadi sorotan, karena memiliki destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi. Namanya Tumpeng Menoreh. Berkonsep restoran, Tumpeng Menoreh dibangun berbentuk heksagonal, mirip tumpeng.

Buka sejak Mei 2021 lalu, tempat ini selalu dipadati pengunjung. Selain menyuguhkan kuliner, pemandangan di Tumpeng Menoreh langsung menghadap Perbukitan Menoreh, lho.

Bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset di sini, ketahui dahulu informasi wisata lengkap sebelum berlibur ke Tumpeng Menoreh berikut ini, ya!

1. Rute menuju Tumpeng Menoreh

Wisata Tumpeng Menoreh Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTumpeng Menoreh (instagram.com/bayu137_)

Jarak Tumpeng Menoreh dari Yogyakarta sekitar 37 kilometer dengan jarak waktu tempuh kurang lebih satu jam 15 menit. Akses terbaik menuju tempat wisata ini melalui Kulon Progo, karena lebih mudah.

Dari Tugu Jogja, kamu bisa ambil jalur ke Ring Road Barat, lurus saja sampai ke perempatan Nanggulan. Setelah itu, lanjutkan sampai bertemu perempatan Dekso. Belok ke kiri, kamu akan memasuki perbukitan dengan jalan berkelok.

Ikuti saja jalan utama tersebut sepanjang 14 kilometer. Nantinya, akan ada gapura menuju Nglinggo-Tritis. Kemudian, belok ke kanan menuju Kebun Teh Nglinggo. Tumpeng Menoreh ada di sisi kiri jalan.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Wisata Tumpeng Menoreh Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTumpeng Menoreh (instagram.com/deni_kumbala)

Lokasi: Sumbersari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp50 ribu, sudah termasuk voucer makan sebesar Rp25 ribu

3. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Wisata Tumpeng Menoreh Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTumpeng Menoreh (instagram.com/bayu137_)

Seperti yang sudah dijelaskan, Tumpeng Menoreh ini adalah sebuah restoran, tetapi juga tempat wisata melihat alam hijau. Kalau ke sini, sudah pasti kamu harus mencicipi kulinernya.

Dengan voucer makan yang ada, kamu bisa mencoba beragam makanan khasnya. Ada gudeg, rawon, nasi pecel, dan berbagai kuliner khas Yogyakarta yang menggoyang lidah. Harganya pun gak bikin kantong kering.

Wisata Tumpeng Menoreh Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTumpeng Menoreh (instagram.com/tumpengmenoreh)

Setelah menikmati makanannya, kamu bisa langsung melanjutkan wisata alammu dari sini. Bentuk bangunan yang heksagonal membuat bagian atapnya terbuka. Dari atas, kamu bisa melihat lanskap alam hijau lebih leluasa.

Pengagum senja gak boleh melewatkan pengalaman melihat matahari terbenam di sini. Singgahlah dari sore hingga malam haru. Wah, sunset-nya bikin kamu merinding, deh!

Wisata Tumpeng Menoreh Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTumpeng Menoreh (instagram.com/feryaffandy)

Uniknya lagi, bisa dibilang di setiap tingkat Tumpeng Menoreh ada gardu pandangnya. Sehingga, kalau bagian puncak sudah terlalu sesak, kamu tetap bisa melihat indahnya alam dari tempatmu makan.

Biasanya, keadaan gardu pandang jadi lebih cantik saat malam hari. Kombinasi kelap-kelip lampu dengan jembatan kayunya begitu estetik. Suasana pun jadi lebih romantis, lho.

Baca Juga: 5 Wisata Bantaran Sungai di Yogyakarta Paling Seru, Murah Meriah!

4. Tempat wisata sekitar Tumpeng Menoreh

Wisata Tumpeng Menoreh Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTumpeng Menoreh (instagram.com/intan_ghanis)

Lokasi Tumpeng Menoreh bisa dibilang cukup strategis, sehingga dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya. Beberapa di antaranya seperti berikut ini.

  • Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh satu ini sudah jadi primadona di Yogyakarta. Lokasinya yang berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini membuat suasana dan hawa kian sejuk. Untuk bisa menikmati hamparan perkebunan teh hijau, kamu harus sedikit menanjak.

  • Puncak Widosari

Lokasi Puncak Widosari lebih tinggi lagi daripada Kebun Teh Nglinggo, yakni 1.000 mdpl. Tebing dengan bebatuan besar ini memiliki beberapa spot untuk melihat lanskap alam. Kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu dan menaiki beberapa anak tangga.

  • Pule Payung

Dengan pemandangan sebuah danau, relaksasi di Pule Payung terasa begitu memanjakan mata. Banyak spot foto Instagenic di sini, seperti gardu pandang dengan tempat duduk, ayunan kayu, dan sepeda di atas seutas tali.

5. Tips yang bisa kamu terapkan

Wisata Tumpeng Menoreh Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTumpeng Menoreh (instagram.com/awangelap21)

Kalau kamu berencana mengunjungi Tumpeng Menoreh dalam waktu dekat, pastikan menerapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Datanglah pada hari biasa, hindari berkunjung saat weekend. Hari Sabtu dan Minggu sudah pasti akan sangat padat.
  2. Gunakan pakaian yang tebal dan hangat, mengingat lokasinya di atas perbukitan.
  3. Waktu paling tepat berkunjung ke Tumpeng Menoreh adalah bulan Juli-Oktober. Saat itulah intensitas hujan berkurang, matahari jadi lebih bersinar.
  4. Pengin dapat konten lebih estetik? Bawalah drone. Pastikan kamu tahu cara menggunakannya, ya.
  5. Jangan berdiri terlalu dekat dengan tebing, ditakutkan licin dan bisa membuatmu terperosok.

Nah, itulah informasi lengkap seputar Tumpeng Menoreh, tempat wisata yang lagi hits di Yogyakarta. Selama berlibur, tetap patuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan, ya!

Baca Juga: Info Wisata Lintang Sewu Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya