Comscore Tracker

5 Fakta Kedung Tumpang, Pantai Antimainstream Favorit di Tulungagung

Ada mitosnya juga lho

Pantai Kedung Tumpang mulai ramai dibicarakan oleh milenial akhir-akhir ini. Pasalnya, di pantai ini terdapat kolam renang alami berupa ceruk (kedung) dengan air yang jernih. Karena keunikannya, pantai yang terletak di Pucanglaban, Tulungagung ini sering disebut pantai antimainstream. Nah bagi kamu yang belum pernah ke sana, perlu untuk mengetahui beberapa hal berikut.

1. Jalan terjal menuju pantai, jadi tantangan tersendiri

5 Fakta Kedung Tumpang, Pantai Antimainstream Favorit di Tulungagunginstagram.com/richodwimukti

Jalan untuk menuju Pantai Kedung Tumpang belum cukup baik sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Setelah sampai di lokasi, kamu harus memarkirkan motormu untuk kemudian berjalan menuju pantai. Usahakan tidak memakai sandal biasa sebab kamu harus menuruni tebing berbatu untuk sampai di pantai. Pakailah sepatu atau sandal gunung yang nyaman dan tidak licin.

2. Karena berhadapan langsung dengan Laut Selatan, pantai ini punya ombak yang besar

5 Fakta Kedung Tumpang, Pantai Antimainstream Favorit di Tulungagunginstagram.com/richodwimukti

Hal utama yang perlu kamu tau yaitu jangan berenang saat air laut pasang. Pantai Kedung Tumpang berhadapan langsung dengan Laut Selatan sehingga ombak di sini cukup tinggi. Kelompok sadar wisata sebagai pengelola pun menghimbau agar wisatawan tidak nekat berenang saat pasang karena dikhawatirkan dapat terseret ombak.

Baca Juga: Mengintip Pesona Pantai Coro, Bagai Surga di Tulungagung

3. Selalu hati-hati dan hormati kearifan lokal

5 Fakta Kedung Tumpang, Pantai Antimainstream Favorit di Tulungagunginstagram.com/robbiepoerwanto

Jika berkunjung ke pantai ini, kamu harus menaati beberapa aturan salah satunya tidak boleh membawa buah jeruk. Masyarakat sekitar percaya bahwa buah jeruk dapat mendatangkan ombak besar. Sebagai wisatawan yang baik, alangkah baiknya untuk menghormati hal tersebut. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di area pantai.

4. Saat air laut pasang, kamu bisa menikmati pantai dari atas

5 Fakta Kedung Tumpang, Pantai Antimainstream Favorit di TulungagungInstagram.com/dheee.rn

Jangan khawatir kalau kondisi laut tidak memungkinkanmu untuk berenang. Kamu masih bisa menikmati keindahan Pantai Kedung Tumpang dari atas. Pengelola telah menyediakan semacam gardu pandang sebagai spot foto untuk wisatawan. Ga kalah keren lho!

5. Datanglah di waktu yang tepat jika ingin berenang

5 Fakta Kedung Tumpang, Pantai Antimainstream Favorit di Tulungagunginstagram.com/diana_jcb

Kalau memang tujuan utamamu adalah berenang maka datanglah pada saat air laut tidak pasang dan cuaca cerah tentunya. So, cari info sebanyak mungkin sebelum ke sana ya!

Pantai ini cantik banget lho, kapan nih mau ke sana?

Baca Juga: Inilah 5 Kuliner Khas Tulungagung yang Rasanya Super Enak!

Peni arianita Photo Verified Writer Peni arianita

penyuka kopi, jalan-jalan, dan makan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya