Comscore Tracker

Gunung Ungaran: Info Lokasi, Jalur Pendakian, dan Aktivitas Seru 

Cocok buat pendaki pemula

Kini pencinta alam Indonesia didominasi anak-anak muda. Mereka berani menaklukan deretan gunung-gunung indah di Nusantara, seperti Gunung Ungaran. Gunung di sekitar Semarang ini tingginya mencapai 2.050 mdpl, lho! Spot ini pun diklaim cocok untuk pendaki pemula.

Walau terbilang landai, tapi pemandangan alam dan sejumlah destinasi unik tersaji di sini. Selain itu, nuansa udara pun begitu sejuk. Nah, jika tertarik menaklukan Gunung Ungaran, simak info lengkapnya berikut ini.

Lokasi dan rute menuju Gunung Ungaran

Gunung Ungaran: Info Lokasi, Jalur Pendakian, dan Aktivitas Seru Gunung Ungaran (google.com/maps/dani fakta)

Untuk yang tertarik hikingGunung Ungaran berlokasi di kawasan Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Buat menuju kawasan ini, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi.

Di sini, terdapat empat jalur pendakian, tapi jalur dari base camp Mawar dan Perantunan merupakan yang termudah. Sebagai gambaran, berikut informasi jalur pendakiannya. 

1. Jalur pendakian Gunung Ungaran base camp Mawar

Rute pendakian Gunung Ungaran lewat Mawar merupakan jalur favorit pendaki pemula. Medannya relatif landai dengan waktu tempuh singkat. Selain itu, disediakan pula area camping ground yang nyaman. 

Lokasi base camp ini berada di Kluwihan, Sidomukti, Kecamatan. Bandungan, Kabupaten Semarang. Dari Pasar Jimbaran, arahkan kendaraan naik menuju objek wisata Umbul Sidomukti. Lalu, naik lagi menuju base camp Mawar, kemudian lanjutkan pendakian ke Gunung Ungaran.

2. Jalur pendakian Gunung Ungaran base camp Perantunan

Jalur kedua untuk menuju Gunung Ungaran adalah base camp Perantunan. Jalur ini ada di sisi selatan Gunung Ungaran. Meski gak sepopuler jalur Mawar, tapi view ditawarkan sangat indah, lho. FYI, jalur Perantunan biasanya digunakan latihan trail runner.

Rute perantunan didominasi jalan setapak beralas tanah. Lokasinya ada di Jalan Lingkungan, Gintungan, Bandungan, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk melintasi jalur ini, kamu dapat temukan rute detailnya di Google Maps, ya!

Baca Juga: 5 Gunung di Jawa Timur yang Pas Didaki untuk Rayakan Kemerdekaan

Jam operasional dan harga tiket

Gunung Ungaran: Info Lokasi, Jalur Pendakian, dan Aktivitas Seru Gunung Ungaran (google.com/maps/tito aditya)

Gunung Ungaran dapat dikunjungi kapan saja, selama 24 jam. Namun, untuk menghindari penumpukan, setiap pengunjung dibatasi melakukan pendakian selama 600 menit atau sekitar 10 jam.

Biaya registrasi masuk Gunung Ungaran dipatok Rp15 ribu. Proses registrasi ini dilakukan mulai 13.00-19.00 WIB. Selain itu, kamu perlu membayar tarif parkir sebesar Rp10 ribu untuk mobil, dan Rp5 ribu untuk motor.

Aktivitas seru di Gunung Ungaran

Gunung Ungaran: Info Lokasi, Jalur Pendakian, dan Aktivitas Seru Gunung Ungaran (google.com/maps/muna kiply)

Selain mendaki, ada sejumlah aktivitas seru di Gunung Ungaran yang bisa dilakukan. Mau tahu, kan? Simak daftarnya berikut ini, yuk!

1. Menikmati pemandangan dan momen sunset serta sunrise

Di sepanjang pendakian hingga di puncak gunung, kamu akan disuguhkan pemandangan alam hijau yang indah. Selain itu, jangan lewatkan momen sunset kala petang dan sunrise menawan saat matahari terbit, ya. 

2. Menikmati kerlap-kerlip lampu kota dari base camp Mawar

Base camp Mawar menyediakan camping ground yang kerap dimanfaatkan untuk kemah. Di sini, kamu dapat melihat gemerlap lampu kota Semarang dan sekitarnya. Udara di sini sejuk. So, jangan lupa buat api unggun serta menyeduh kopi, agar suasananya lebih syahdu. 

3. Bermalam di penginapan

Jika gak nyaman tidur di bawah gemerlap bintang, kamu dapat menyewa penginapan yang gak jauh dari camp area. Fasilitas yang ditawarkan pun lengkap, mulai dari tempat tidur, kolam renang, hingga arena outbound. Kamu juga akan disuguhkan view alam memukau.

4. Menyeruput kopi sembari menikmati nuansa sejuk Gunung Ungaran

Gak jauh dari camp Mawar tersedia kafe berkonsep outdoor. Suasananya akan semakin indah ketika malam hari. Sembari melihat gemerlap lampu, kamu dapat menikmati kopi dan menyantap camilan lezat di sini. 

5. Menikmati kesegaran sumber air Gunung Ungaran

Kawasan Gunung Ungaran turut menawarkan kesegaran serta kejernihan sumber air. Di sini, sudah dibangun kolam pemandian dan pancuran yang dapat digunakan untuk mandi. Untuk menjaga kejernihannya, jangan buang sampah sembarangan, ya!

Demikianlah info lengkap Gunung Ungaran, mulai dari lokasi, rute, hingga aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini. FYI, kawasan ini diklaim recommended buat pendaki pemula, lho! Jadi, kamu yang pertama naik gunung, bisa mencoba ke sini.

Nah, setelah mendaki Gunung Ungaran, jangan lupa cari rekomendasi tempat wisata buat spot healing. Infonya bisa cek di IDN Times, ya.

Baca Juga: 5 Fakta Candi Gedong Songo, Candi yang Berada di Lereng Gunung Ungaran

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya