Comscore Tracker

Pantai Jogan Gunung Kidul: Lokasi, Tiket, dan Aktivitas Seru

Pantai dengan air terjun di Gunung Kidul, Yogyakarta

Destinasi alam Pantai Jogan Yogyakarta sangat memukau dan menarik untuk disinggahi. Gak hanya bernuansa sejuk, hamparan pasir putihnya pun menawan. Di sekitar kawasan pantai ini pun terdapat air terjun deras dengan pemandangan indah.

Namun, siapa sangka, jika Pantai Jogan ini merupakan salah satu hidden gems di Yogyakarta. Pasalnya, masih sedikit pengunjung yang tahu detail tempat ini.

Nah, buatmu yang tertarik berkunjung guna memperoleh pengalaman bersantai di pantai pribadi, simak ulasan lengkapnya berikut.

Lokasi Pantai Jogan

Pantai Jogan Gunung Kidul: Lokasi, Tiket, dan Aktivitas SeruPantai Jogan (instagram.com/his.journeys)

Pantai Jogan terletak di sekitar Jalan Pantai Siung, Pantai, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Rute menuju Pantai Jogan pun sudah tersedia di Google Maps, sehingga kamu bisa mengikuti instruksinya.

Untuk sampai ke sini, ada baiknya pengunjung menggunakan kendaraan pribadi supaya bisa melaju lebih mudah. Pantai ini di tepi jalan dengan kondisi yang sedikit berbatu hingga sampai area parkir kawasan.

Baca Juga: Wisata Pantai Siung Gunung Kidul: Lokasi dan Aktivitas Seru

Harga tiket dan jam operasional

Pantai Jogan Gunung Kidul: Lokasi, Tiket, dan Aktivitas Seruilustrasi pantai jogan (instagram.com/pantai.jogja)

Pengunjung perlu membayar Rp3 ribu untuk bisa masuk ke kawasan Pantai Jogan. Selain itu, dibutuhkan juga biaya parkir sebesar Rp2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Sementara hingga kini, pihak Pantai Jogan gak menetapkan jam operasional sehingga pengunjung dapat ke sini kapan pun. Namun, waktu terbaik untuk berwisata ke Pantai Jogan adalah pukul 09.00 WIB saat matahari mulai cerah.

Aktivitas menarik di Pantai Jogan

Pantai Jogan Gunung Kidul: Lokasi, Tiket, dan Aktivitas SeruPantai Jogan (instagram.com/lenimud)

Tujuan utama pengunjung datang ke Pantai Jogan tentu bertamasya. Untuk itu, pengunjung perlu tahu rekomendasi aktivitas menarik apa yang bisa dilakukan di sini. Berikut daftarnya:

1. Mengunjungi air terjun

Pantai Jogan merupakan salah satu wisata di Yogyakarta dengan air terjun menawan di dalamnya. Ketinggian air terjun ini mencapai 12 meter dan debitnya akan lebih deras pada musim hujan.

Selain berada di pantai, keunikan dari air terjun pun ada pada rasanya. Saat air masih di atas atau belum jatuh, rasanya tawar. Namun, setelah sampai di dasar rasa airnya berubah asin. 

2. Spot foto instagenic

Keindahan Pantai Jogan jangan sampai lupa diabadikan lewat foto, ya. Kebanyakan pengunjung yang datang sering menjadikan kawasan pantai dengan air terjun sebagai latar foto. Golden hours untuk mengambil pose estetik di sini adalah pukul 16.00 WIB.

3. Menikmati sunset

Buat anak indie, nuansa jingga ala sunset di Pantai Jogan akan tampak estetis. Apalagi jika kamu memotret lalu mengunggahnya di media sosial dan menyematkan lagu indie. Wah, pasti estetis banget.

4. Bermain air dan pasir

Kurang lengkap rasanya jika gak main air dan pasir di Pantai Jogan. Pasalnya, suasana di tempat ini begitu asri dan bersih. Bahkan, pasir pantainya pun lembut dan gak berkarang.

5. Rappeling

Gak hanya bermain air, pengujung juga bisa melakukan rappeling di sini. Rappeling sendiri merupakan kegiatan menuruni tebing menggunakan tali. Sepintas hampir sama dengan panjat tebing, tapi berbeda jalurnya. Jika ingin mencobanya, pastikan untuk mengikuti instruksi keamanan, ya. 

Lengkap sudah ulasan mengenai Pantai Jogan di Gunung Kidul, Yogyakarta. Buatmu yang ingin ke sini, pastikan kendaraan dalam kondisi prima supaya gak bermasalah di jalan. 

Yuk, temukan rekomendasi tempat wisata menarik lainnya di IDN Times. Setidaknya, simpan dulu listnya untuk jadi referensi selanjutnya. 

Baca Juga: 10 Pesona Pantai Jogan Gunungkidul, Bikin Perasaan Adem

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya