Comscore Tracker

Taman Sari Jogja: Harga Tiket, Lokasi, dan Spot Foto Estetik

Cocok buat yang suka foto-foto

Kota Yogyakarta tampak lekat dengan sejarah kesulatanan di Indonesia yang kini menyisakan cerita unik di setiap sudutnya. Termasuk bekas bangunannya, seperti Taman Sari Jogja.

Banyak pengunjung mendatangi lokasi ini untuk menikmati keindahan sembari merasakan nuansa kesultanan Yogyakarta pada masa lalu. Tak heran, jika Taman Sari Jogja menjadi salah satu tempat wisata populer di kota ini.

Yuk, simak informasi lengkap seputar Taman Sari Jogja berikut!

Info menarik Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja: Harga Tiket, Lokasi, dan Spot Foto EstetikTaman Sari Jogja (Google.com/maps/ Rineta Nindya Prima)

Taman Sari Jogja merupakan cagar budaya yang dibangun pada tahun 1758 oleh Sultan Hamengkubuwana pertama.

Wisata bersejarah ini dikelilingi oleh benteng setinggi 6 meter yang dulunya digunakan untuk tempat mandi para selir dan putri Sultan Hamengkubuwana. Jika ditelusuri, di sini ada menara tinggi yang biasa digunakan untuk mengamati istri raja saat mandi.

 

Lokasi Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja: Harga Tiket, Lokasi, dan Spot Foto EstetikTaman Sari Yogyakarta (dok. Pribadi/Reksita Wardani)

Taman Sari Jogja berlokasi di Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Detail lokasinya bisa kamu cek di Google Maps, ya!

Lahan parkir di lokasi ini cukup luas untuk menampung berbagai kendaraan. Jadi, kamu dapat bertamasya dengan nyaman. Bahkan kamu bisa naik becak motor sembari menikmati jalanan Kota Gudeg ini.  Praktisnya lagi, bisa pilih saja transportasi online, ya.

Baca Juga: 10 Objek Wisata Yogyakarta Paling Hits Tahun 2022, Wajib Mampir! 

Jam operasional dan harga tiket Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja: Harga Tiket, Lokasi, dan Spot Foto Estetikid.m.wikipedia.org

Kamu dapat berkunjung setiap hari pada pukul 09.00-15.00 WIB dengan membayar tiket sebesar Rp5 ribu. Pembayaran tiket dilakukan setelah melakukan scan barcode di aplikasi PeduliLindungi.

Pengunjung yang membawa kamera selain handphone akan dikenakan tambahan biaya Rp3 ribu saja. Meski begitu,  kamu tidak diperbolehkan membawa drone, ya.

Bagimu yang ingin mencari informasi lebih dalam tentang lokasi ini, Taman Sari Jogja juga menyediakan tour guide dengan tarif seikhlasnya. 

Namun, rata-rata pengunjung membayar jasa tour guade sebesar Rp50 ribu yang akan memandu sekitar 40 menit. 

Baca Juga: Bawa DSLR ke Taman Sari Bayar Rp250 Ribu, Keraton: Berlaku bagi Semua

Spot foto di Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja: Harga Tiket, Lokasi, dan Spot Foto EstetikTaman Sari Jogja (Google.com/ maps/ Bench Maximo)

Mengunjungi lokasi berserajarah Taman Sari Jogja tidak lengkap rasanya jika belum berfoto di  spot fotonya yang instagramable. Berikut area di Taman Sari Jogja yang akan membuat foto kamu jadi estetik.

1. Gendhong Gapura Hageng

Area Gendhong Gapura Hageng berada di pintu masuk Taman Sari Jogja. Kamu dapat melihat ukiran bunga dan burung yang konon dibangun sejak tahun 1691. Pasti estetik banget!

2. Pulo Kenanga

Taman Sari Jogja memiliki spot pulau buatan yang dibangun di atas segaran atau danau buatan. Lokasi ini terdiri dari dua lantai, sehingga kamu bisa menikmati serta mengambil gambar pemandangan dari atas ketinggian.

3. Pusiraman Umbul Binangun

Spot foto berupa tangga yang menuju area laim ini menjadi spot paling diminati pengunjung Taman Sari Jogja. Tak heran, jika nantinya kamu harus rela mengantre untuk dapat berpose di sini.

4. Sumur Gumuling

Selain Pusimaran Umbul Binangun, lokasi Sumur Gumuling juga bisa jadi spot untuk mendapatkan foto estetetik, lho. Lorong photogenic ini akan membuat kamu berada di labirin tempo dulu ala Pinterest.

5. Tangga Gapura

Area foto estetik terakhir di Taman Sari Jogja yang wajib kamu coba adalah Tangga Gapura. Letaknya yang berada di sekitar Gedhong Gapura Hanggeng, ya. Area ini akan tampak menarik jika kamu mengambil gambar dari atas, lho. Cobain deh!

Nah itu dia informasi seputar Taman Sari Jogja, salah satu wisata terpopuler di Yogyakarta. Tak perlu biaya mahal, cukup dengan Rp5 ribu saja kamu dapat belajar serta berfoto di berbagai spot instagenic di sini.

Mau tahu lokasi liburan menarik lainnya, cek daftarnya hanya di IDN Media, ya!

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya