Comscore Tracker

5 Surga Diving di Sulawesi Ini Indahnya Kebangetan, Gak Cuma Bunaken

Rasanya pengin hidup di laut aja
Bunaken santer dinobatkan sebagai salah satu spot diving terbaik di Indonesia, bahkan dunia. Kalau mengintip pemandangan bawah lautnya yang eksotis, rasanya kamu juga bakal setuju dengan pernyataan di atas.
Tapi tahu gak sih, selain Bunaken, Perairan Sulawesi juga punya banyak "kepingan surga" untuk penikmat snorkeling dan diving. Beberapa tempat berikut ini mungkin bisa jadi referensi tempat iburan anti mainstream kamu selanjutnya.

1. Pulau Togean atau Togian

5 Surga Diving di Sulawesi Ini Indahnya Kebangetan, Gak Cuma Bunakenroomsuggestion.com

Berlokasi di Sulawesi Tengah, tepatnya 90 kilometer dari Teluk Tomini. Meski memakan waktu cukup lama untuk menuju ke sini, tapi percayalah semua rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas begitu tiba di sana. 

Pulau Togean masih belum banyak dijamah wisatawan, sehingga keadaan lautnya masih sangat murni dan terjaga. Terumbu karang besar berbagai jenis terpusat di satu area. Satu-satunya pulau di Indonesia yang memiliki struktur tersebut adalah Togean.

Kebayang kan bakal seindah apa pemandangannya? Karena keindahannya itu, banyak rumor yang menyatakan kalau Pulau Togean bakal jadi buruan turis terbesar selanjutnya.

Jadi, buruan ke sana supaya bisa merasakan kemurnian pantai "pribadi" sebelum semakin banyak turis datang. Kapal ferry yang menuju ke sini hanya tersedia di dua kota, yakni di jalur utara melalui Gorontalo, sedangkan jalur selatan lewat Kota Ampana. 

2.  Pulau Kadidiri

5 Surga Diving di Sulawesi Ini Indahnya Kebangetan, Gak Cuma Bunakenindonesia.travel

Geser sedikit, kita bisa menemukan Pulau Kadidiri, salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Mungkin, nama pulau ini masih asing buatmu, tapi Pulau Kadidiri jadi destinasi paling favorit para pecinta snorkeling dan diving.

Karena masih ada di Kepulauan Togean, pemandangan bawah lautnya jelas tak perlu diragukan lagi. Air di pulau ini sangat jernih menyerupai kaca. Jadi, kamu tak perlu bersusah payah menemukan pemandangan eksotis di bawah sana.

Untuk mendapatkan view paling mantap, disarankan datang ke Pulau Kadidiri pada musim panas sekitar April hingga November. Di waktu-waktu itu, jarak pandangnya bisa sampai 40 meter lho!

3.  Pantai Tanjung Karang

5 Surga Diving di Sulawesi Ini Indahnya Kebangetan, Gak Cuma BunakenDive Indonesia

Tanjung Karang adalah salah satu pantai berpasir putih yang ada di Sulawesi Tengah. Lokasinya berada sekitar 37 kilometer dari timur kota Palu. Kamu bakal nemu pemandangan menarik selama perjalanan ke tempat ini. Salah satunya ketika melewati Donggala masih masih mempertahankan arsitektur gaya Belanda.

Setelah disuguhkan atmosfer kolonial ketika di Donggala, kamu akan disambut hangatnya pasir putih Pantai Tanjung Karang. Air di pantai ini sangat jernih dan relatif tenang. Jadi, aman untuk berenang tanpa alat bantu apa pun.

Selain itu, tersedia juga areal bernama Prince John Dive Resort dengan fasilitas lengkap, seperti peralatan diving dan snorkeling, banana boat, resto dan kafe, serta cottage.

Baca juga: 14 Tempat Bulan Madu yang Bikin Kalian Makin Mesra, Selain Bali

4. Taman Laut Takabonerate

5 Surga Diving di Sulawesi Ini Indahnya Kebangetan, Gak Cuma Bunakenindonesiaarchipelago.com

Memiliki status kepulauan dengan atol terbesar ketiga di dunia, Taman Laut Takabonerate sepertinya harus masuk list liburanmu. Atol adalah sebuah pulau karang yang mengelilingi laguna (bisa seluruh atau sebagian).

Jadi, sudah jelas keindahan tempat ini layak disaksikan langsung dengan mata kepala. Bahkan, Takabonerate sempat dicalonkan ke UNESCO sebagai salah situs warian budaya. Lokasinya di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Untuk kamu pecinta wisata bawah air, Taman Laut Takabonerate menjadi tujuan yang tepat. Sebab, area ini menjadi daerah yang punya 15 pulau kecil dengan terumbu karang indah.  Ada pun waktu terbaik untuk berlibur ke sana yakni antara April-Juni dan Oktober-Desember.

5. Pantai Bira

5 Surga Diving di Sulawesi Ini Indahnya Kebangetan, Gak Cuma Bunakenspotnesia

Salah satu daya tarik wisatawan terbesar di Kabupaten Bulukumba, Sulwesi Selatan, adalah Pantai Bira. Pantai ini berlokasi di bagian paling ujung provinsi Sulawesi Selatan. Hamparan laut biru dan pasir putihnya menjadi andalan.

Tapi, kelebihan lain yang dimiliki tempat ini adalah bisa menyaksikan sunset  dan sunrise langsung dari garis laut. Gokil, kan? 

Laut di Pantai Bira memiliki tiga lapisan warna yang membaur jadi satu. Mulai dari biru muda, hijau kebiruan hingga biru gelap.

Selain itu, trademark utama pantai ini adalah butiran pasirnya yang sangat halus hingga menyerupai tepung. Kamu bisa melihat pulau lainnya seperti Pulau Kambing dan Pulau Liukang.

Tersedia juga layanan trip berkeliling pulau menggunakan perahu kecil dengan tarif sekitar Rp 300 ribu. Keadaan bawah laut Pantai Bira dikenal dengan keindahan yang gak akan kamu temukan di laut mana pun di Indonesia.

Jadi, dari 5 referensi di atas, mana nih yang jadi favorit kamu? Ingat, kita harus selalu bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan ya, Guys!

Baca juga: 8 Lokasi Terbaik untuk Melihat Aurora, Lukisan Tuhan Paling Indah

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya