Comscore Tracker

5 Bangunan Karya Arsitek Tadao Ando Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama

Wisata drama Korea sekaligus arsitektural

Tadao Ando adalah seorang arsitek asal Jepang yang lahir pada 13 September 1941. Sebelum memutuskan menjadi seorang arsitek, Ando berprofesi sebagai seorang petinju.

Ia memulai kariernya secara otodidak dan berhasil mendapatkan beberapa penghargaan. Gaya arsitektur Ando dikatakan menciptakan efek ruang kosong untuk mewakili indahnya kesederhanaan. Ciri khasnya adalah menggunakan material beton dan sedikit sentuhan kaca.

Sebab keindahan desain bangunan-bangunan karyanya, namanya pun dikenal di seluruh dunia, salah satunya di Korea Selatan. Negeri Ginseng yang sudah banyak menghasilkan judul drama ini menjadikan lokasi-lokasi bangunan karya Ando tersebut menjadi tempat syuting drama, lho. Bangunan apa saja itu? Yuk, cari tahu di  bawah ini.

1. JCC Art and Creative Center

5 Bangunan Karya Arsitek Tadao Ando Ini Jadi Lokasi Syuting KDramaJCC Creative Center (jeijcc.org)

JCC Art and Creative Center adalah pusat pendidikan dan budaya yang diresmikan pada tahun 2015. Terletak di Seoul, Korea Selatan, JCC Art and Creative Center memiliki auditorium dan studio kreatif yang menawan.

Drama yang baru saja tamat beberapa pekan lalu, Our Beloved Summer, menjadikan gedung ini sebagai kantor RUN Company, yakni tempat Kook Yeon Soo (Kim Da Mi) bekerja.

JCC Art and Creative Center tayang pertama kali pada episode ketiga. Selain Our Beloved Summer, drama lainnya yang juga pernah menggunakan tempat ini sebagai lokasi syuting adalah Clean With Passion For Now (2018), House Helper (2018), Love With Flaws (2019), Leverage (2019), Justice (2019), Run On (2020), dan Let Me Be Your Knight (2021).

2. Genius Loci Yumin Art Gallery

5 Bangunan Karya Arsitek Tadao Ando Ini Jadi Lokasi Syuting KDramaGenius Loci Yumin Art Gallery (dezeen.com)

Genius Loci adalah museum yang dibangun di area Yumin Art Gallery, Pheonix Jeju Island. Genius Loci terdiri dari beberapa bagian, yaitu taman meditasi, aula meditasi, dan galeri seni yang menjadi tempat koleksi Yumin Art Nouveau.

Di drama Melancholia (2021), Genius Loci menjadi tempat Ji Yoon Su (Im Soo Jung) membantu Baek Seung Yoo (Lee Do Hyun) untuk mencari bahan pidato matematikanya. Mereka pergi mengunjungi galeri tersebut ketika berada di pulau Jeju di episode keempat.

Baca Juga: Sekolah Khusus hingga Pemakaman, 7 Lokasi Syuting Drama School 2021

3. Museum San

5 Bangunan Karya Arsitek Tadao Ando Ini Jadi Lokasi Syuting KDramaMuseum San (museumsan.org)

Museum SAN (Space Art Nature) yang berlokasi di pegunungan Wonju, Korea Selatan ini dibuka pada Mei 2013. Terdiri dari beberapa bagian dengan detail arsitektur yang menawan, yaitu pusat sambutan, taman bunga, taman air, pusat meditasi, taman batu, bangunan utama, ruang pameran, dan sarana penunjang lain, seperti kafe serta toko museum.

Bangunan ini pernah menjadi bagian dari rumah tinggal keluarga Hyowon dalam drama Korea Mine yang tayang pada 2021 lalu, lho. Selain Mine, Museum SAN juga bisa kamu lihat pada drama Hyde, Jekyll & I (2015), Tomorrow With You (2017), About Time (2018), dan Love Alarm 2 (2021).

4. Glass House

5 Bangunan Karya Arsitek Tadao Ando Ini Jadi Lokasi Syuting KDramaGlass House (phoenixhnr.co.kr)

Glass House terletak di Phoenix Jeju Island, Korea Selatan. Bangunan ini ditempati oleh Mint Restaurant yang terletak di lantai duanya. Menggunakan material kaca, beton dan baja, membuatnya terlihat menawan. Jika berada di lantai dua, pengunjung akan disuguhkan pemandangan laut sekitar Pulau Jeju yang indah.

Restaurant Mint bisa kamu saksikan pada episode pertama Legend of the Blue Sea saat Heo Joon Jae (Lee Min Ho) bertemu dengan Bae Min Ji (Krystal). Meskipun hanya menampilkan bagian interior pada lantai keduanya saja, tetapi vibes dari bangunan yang menghadap langsung ke arah laut tersebut tetap terlihat sangat indah.

Selain drama tersebut, ada pula Boys Over Flowers (2009), If Tomorrow Comes (2011), dan Queen In-Hyun’s Man (2012) yang menjadikan Glass House sebagai lokasi syuting.

5. Church of the Heart

5 Bangunan Karya Arsitek Tadao Ando Ini Jadi Lokasi Syuting KDramaThe Church of the Heart (maiimvisionvillage.co.kr)

Church of the Heart terletak di Maiim Vision Village, sebuah kawasan yang mengharmoniskan manusia dengan alam. Bangunan-bangunan yang dirancang pun menyatu dengan hutan sekitar yang sangat sejuk.

Salah satu ruangan yang tak kalah indah adalah Chapel yang dibuat dengan konsep seolah-olah mengambang di atas air di antara pepohonan. Hal ini pun menghasilkan pemandangan yang indah saat berada di dalamnya.

Desain Church of the Heart yang menawan ini bisa kamu saksikan di drama What's Wrong with Secretary Kim (2018). Lokasi tersebut merupakan salah satu bagian dari rumah Lee Young Joon (Park Seo Joon) sekaligus tempat Young Joon melamar sekretarisnya, Kim Mi Soo (Park Min Young).

Meskipun Tadao Ando adalah Arsitek asal Jepang, ternyata ia juga eksis di beberapa negara lain, termasuk Korea Selatan. Jika kamu penikmat drama Korea dan menyukai wisata arsitektural, bisa menjadikan tempat-tempat di atas sebagai wishlist kamu jika ingin berlibur anti mainstream di Korea Selatan, nih.

Baca Juga: 10 Outfit Im Soo Jung di Melancholia dengan Harga Tak Sampai Rp10 Juta

Ranita Nuzula Photo Verified Writer Ranita Nuzula

Instagram : @ranitanuzula

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya