Comscore Tracker

Info Wisata Embung Kledung Temanggung: Lokasi, Aktivitas, dan Tips

Lokasinya pas untuk kegiatan healing maupun refreshing!

Wisata alam memang tak pernah gagal membuat para pengunjungnya takjub. Salah satunya adalah Embung Kledung yang terletak di Temanggung-Jawa Tengah. Destinasi wisata ini mempunyai panorama yang begitu elok.

Keindahannya makin bertambah dengan adanya pemandangan dua gunung, yaitu Sindoro dan Sumbing. Letak geografisnya yang strategis tersebut menjadikan objek wisata ini mempunyai suasana asri dan sejuk.

Jika kamu penasaran dengan pesona yang ditawarkan oleh Embung Kledung, berikut informasi lengkapnya.

1. Lokasi, jam operasional, dan tiket masuk 

Info Wisata Embung Kledung Temanggung: Lokasi, Aktivitas, dan TipsEmbung Kledung (instagram.com/wahyuramadhani___)

Lokasi: Jl. Raya Parakan - Wonosobo, Area Sawah, Tlahap KM 12, Kledung, Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia, 56264

Jam operasional: 05.00 - 18.00 WIB

Tiket masuk: Rp7.000-80.000

2. Rute menuju ke Embung Kledung

Info Wisata Embung Kledung Temanggung: Lokasi, Aktivitas, dan TipsEmbung Kledung (instagram.com/aminullahaziz)

Untuk wisatawan yang datang dari arah Semarang maupun Yogyakarta, setelah tiba di Temanggung, selanjutnya mereka mencari jalur menuju arah Wonosobo. Setelah melalui Kantor Kecamatan Kledung, di kanan jalan terdapat papan petunjuk arah untuk menuju ke Embung Kledung.

Sedangkan wisatawan yang datang dari arah Wonosobo, sesudah memasuki tugu perbatasan Temanggung, mereka akan menemukan papan nama yang bertuliskan Embung Kledung di sebelah kiri jalan. Ikuti petunjuk yang berupa papan nama Embung Kledung dari jalan raya. Nantinya mereka akan melalui jalan yang telah dicor dan jalan bebatuan. Kemudian mereka akan menemukan tempat wisata ini.

Baca Juga: 10 Potret Sigandul View, Tempat Nongkrong Terbaru di Temanggung!

3. Aktivitas menarik di Embung Kledung

Info Wisata Embung Kledung Temanggung: Lokasi, Aktivitas, dan TipsEmbung Kledung (instagram.com/wiznuprasty)

Beragam kegiatan wisata dapat dilakukan di Embung Kledung, terutama yang berkaitan dengan aktivitas alam. Sebagai kawasan wisata di alam terbuka, pengunjung dapat membangun tenda untuk berkemah sehingga mereka berkesempatan untuk menyatu dengan alam dan sekaligus menikmati suasana yang begitu asri.

Aktivitas lainnya yang tak kalah menarik adalah memberi makan ikan. Terdapat beragam ikan hias air tawar yang memenuhi telaga yang sangat luas. Pengunjung dapat membawa makanan ikan sendiri dari rumah.

Selain itu, pesona lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah menyaksikan keindahan dari matahari terbit. Pemandangan tersebut tentu makin memesona kala dipadukan dengan susunan alam yang eksotis.

4. Fasilitas di Embung Kledung

Info Wisata Embung Kledung Temanggung: Lokasi, Aktivitas, dan TipsEmbung Kledung (instagram.com/koekooooo)

Embung Kledung telah dilengkapi oleh beberapa fasilitas umum yang cukup memadai. Fasilitas ini mencakup musala, area parkir, dan juga toilet.

Namun sayangnya, destinasi wisata ini tak menyediakan homestay untuk menginap. Bagi wisatawan yang tetap ingin bermalam, mereka dapat mendirikan tenda dan melakukan camping di sini.

5. Tips berwisata ke Embung Klendung

Info Wisata Embung Kledung Temanggung: Lokasi, Aktivitas, dan TipsEmbung Kledung (instagram.com/amos_pls)

Adapun tips yang sebaiknya dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung. Bila memutuskan untuk berkemah, maka mereka disarankan untuk meminta izin terlebih dahulu pada pihak pengelola. Selain itu jika tak memiliki tenda untuk berkemah, maka wisatawan dapat menyewa tenda pada pihak pengelola karena mereka telah menyediakannya.

Destinasi wisata ini sangatlah menonjolkan dalam segi keindahan alamnya. Oleh karena itu, beragam spot foto instagenic dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Mereka dapat berfoto di ayunan dengan latar danau dan gunung atau selfie di tempat duduk dengan tanaman rambat. Tak sampai di situ, terdapat pula tangga warna-warni, perkebunan holtikultura, hingga rumah pohon yang juga tak kalah menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

Berwisata ke Embung Kledung bisa menjadi alternatif menarik untuk menghabiskan libur panjang atau akhir pekan saat di Temanggung. Suasananya yang asri dan didukung dengan panorama alam yang memikat, tentu bikin liburan makin menyenangkan. Yuk, buruan ke sini!

Baca Juga: 5 Kuliner Unik Khas Temanggung dengan Nama yang Anti Mainstream 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya