Comscore Tracker

Info Wisata Ketep Pass Magelang: Lokasi, Rute, dan Tipsnya

Tempat pas buat kamu yang ingin self-healing di Magelang

Ketep Pass adalah wisata alam yang terdapat di Magelang. Dari destinasi wisata ini, pengunjung dapat menyaksikan panorama alam dari ketinggian. Salah satu pesona yang dapat dinikmati adalah keindahan dari Gunung Merapi.

Lokasi Ketep Pass terletak di antara dua gunung, yaitu Merapi dan Merbabu. Keduanya menyuguhkan pemandangan yang mampu bikin terpesona. Selain itu, wisatawan dapat pula melihat empat puncak gunung yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing dari gardu pandang tempat wisata ini.

Bila berencana untuk berkunjung ke Ketep Pass, alangkah baiknya bila membaca informasi lengkapnya berikut ini.

1. Lokasi, jam operasional, dan tiket masuk

Info Wisata Ketep Pass Magelang: Lokasi, Rute, dan TipsnyaKetep Pass (instagram.com/tsura975)

Lokasi: Jl. Blabak - Boyolali No.KM. 16, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 5648.

Jam operasional: 08.00 - 17.00 WIB.

Tiket masuk: Rp10.500 - 12.500.

2. Rute menuju ke Ketep Pass

Info Wisata Ketep Pass Magelang: Lokasi, Rute, dan TipsnyaKetep Pass (instagram.com/tiasintia290)

Bila datang dari arah Yogyakarta, pengunjung dapat mengarahkan kendaraan menuju ke Magelang. Setelah sampai ke Muntilan, mereka akan menemui pertigaan Blabak. Dari sini, belok kanan menuju ke Sawangan. Lalu melanjutkan perjalanan hingga menuju ke Ketep Pass.

Baca Juga: Info Wisata OHD Museum Magelang: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya 

3. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Ketep Pass

Info Wisata Ketep Pass Magelang: Lokasi, Rute, dan TipsnyaKetep Pass (instagram.com/waragan_rahman)

Pengunjung dapat menikmati pesona alam dari arah ketinggian di area wisata ini, baik secara langsung maupun mengunakan teropong yang telah disediakan. Teropong ini berada di puncak Panda Arga dan di gardu pandang. Banyak pemandangan yang dapat disaksikan dengan menggunakan alat ini seperti Gunung Merapi, Andong, dan Merbabu.

Wisatawan dapat pula menyaksikan keindahan gunung dari dekat di pelataran Panca Arga. Selain itu dari lokasi tertinggi Ketep Pass ini, mereka dapat melihat dengan jelas Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, dan Slamet. Di samping itu, beberapa pesona lainnya yang tak kalah menawan adalah Gunung Tidar, Andong, dan Pring.

Tak sampai di situ, mereka dapat bersantai di gazebo sambil menikmati pemandangan dari tanah pertanian.

4. Fasilitas pendukung di Ketep Pass

Info Wisata Ketep Pass Magelang: Lokasi, Rute, dan TipsnyaKetep Pass (instagram.com/ngesti.wuryantoro)

Ketep Pass telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang tak hanya untuk berekreasi, namun juga untuk pembelajaran. Di sini terdapat toilet, warung makan, musala, museum vulkanologi, bioskop mini, teropong, hingga pelataran Panca Arga.

Destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan gardu pandang sehingga wisatawan dapat dengan leluasa menikmati pemandangan alam di sekitar tempat wisata. Selain itu, gazebo yang ada juga dapat dimanfaatkan untuk beristirahat dengan nyaman.

5. Tips berkunjung ke Ketep Pass

Info Wisata Ketep Pass Magelang: Lokasi, Rute, dan TipsnyaKetep Pass (instagram.com/abidmuslich_r)

Terdapat beberapa tips yang dapat dipraktikkan saat berwisata ke Ketep Pass. Bagi kamu yang ingin menginap, terdapat banyak penginapan dengan harga yang relatif murah di sekitar tempat wisata.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah hari biasa, yaitu Senin - Jumat dan saat musim kemarau karena bila memutuskan untuk berwisata pada hari Sabtu atau Minggu, maka tak usah kaget melihat ratusan wisatawan lainnya. Selain itu, pengunjung disarankan untuk membawa kendaraan pribadi yang berupa motor karena jalanannya yang cukup sempit.

Ketep Pass merupakan destinasi wisata alam yang patut dikunjungi saat berada di Magelang. Tempatnya asri dan sejuk banget, lho! Pas buat kamu yang ingin self-healing!

Baca Juga: 10 Pemandangan Eksotis Silancur Highland, Kecantikan Alam Magelang

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya