Informasi Wisata Pantai Sendiki: Lokasi, Rute, dan Tips Berkunjung

Punya kisah unik yang melatarbelakangi

Malang Selatan memiliki deretan pantai indah yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pantai Sendiki yang tampak menawan dengan pasir pantai dan birunya laut.

Bila berkunjung ke Malang Selatan, tak lengkap rasanya bila belum menyambangi pantai ini. Sebelum ke sini, pastikan kamu tahu informasi wisata mengenai Pantai Sendiri berikut ini ya!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Informasi Wisata Pantai Sendiki: Lokasi, Rute, dan Tips BerkunjungPantai Sendiki (instagram.com/kawoxx11)

Lokasi : Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 

Jam operasional : 24 jam

Harga tiket : Rp5.000

2. Rute menuju Pantai Sendiki

Informasi Wisata Pantai Sendiki: Lokasi, Rute, dan Tips BerkunjungPantai Sendiki (instagram.com/prahadyy)

Bila berangkat dari pusat Kota Malang, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam dengan jarak 68 kilometer. Pertama, arahkan kendaraanmu ke Pakishaji, lanjut ke Kepanjen dan Gondanglegi. Teruskan perjalananmu melewati Turen dan tiba di Sumbermanjing Wetan. Dari sini, kamu bisa mengikuti jalan ke Pantai Tamban di Tambakrejo. 

Kamu akan bertemu jalanan menurun dan sebuah pertigaan. Lalu, belokkan kendaraan ke kiri hingga berjumpa sebuah pos kamling. Dari pos ini, belok kanan dan kamu akan segera tiba di Pantai Sendiki.

Baca Juga: 10 Pesona Keindahan Pantai Kondang Merak, Referensi Wisata di Malang!

3. Awal kisah Pantai Sendiki

Informasi Wisata Pantai Sendiki: Lokasi, Rute, dan Tips BerkunjungPantai Sendiki (instagram.com/wirafajr)

Ada sebuah cerita yang beredar tentang asal mula Pantai Sendiki. Konon, pantai ini ditemukan oleh 4 orang yang bersahabat. 

Tiga orang di antaranya setuju untuk membagi wilayah tersebut dengan cara menancapkan patok kayu sebagai pembatas lahan. Sementara, orang terakhir yakni Mbah Singo Lelono merasa kebingungan untuk memilih wilayahnya. 

Kemudian, ia bertanya kepada temannya, "punyaku sing ndi iki? (punyaku yang mana ini?)". Akhirnya, dengan kesal ia menancapkan patok kayu di sekitar pantai yang kini dikenal dengan nama Pantai Sendiki.

Bila berjalan ke arah kiri pantai, kamu akan menemukan sebuah makam batu dengan tulisan "Mbah Singo Lelono" yang dianggap leluhur oleh warga sekitar.

4. Daya tarik yang dimiliki Pantai Sendiki

Informasi Wisata Pantai Sendiki: Lokasi, Rute, dan Tips BerkunjungPantai Sendiki (instagram.com/ariskiwhydi)

Pantai Sendiki menyuguhkan panorama laut dengan ombak yang menakjubkan. Tempat ini pun masih cukup sepi dan asri sehingga ocok untuk melepaskan penat akibat aktivitas sehari-hari. 

Sama seperti pantai Malang lainnya, ombak di Pantai Sendiki terbilang cukup tinggi sehingga tidak disarankan untuk berenang di lautannya. Sebagai gantinya, kamu bisa naik ayunan dan menikmati semilir angin. Ada dua ayunan yang tinggi atau rendah, kamu bebas menggunakannya. 

Di sini, kamu juga bisa berburu foto-foto instagramable, lho! Selain latar lautan yang luas, ada juga rumah pohon dari kayu yang estetik. 

Bila ingin berlama-lama, kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di sini. Kalau ingin praktis, bisa menyewanya di lokasi dengan harga Rp75.000. Sementara, bila membawa tenda dari rumah, hanya dikenakan biaya Rp20.000.

5. Tips sebelum mengunjungi Pantai Sendiki

Informasi Wisata Pantai Sendiki: Lokasi, Rute, dan Tips BerkunjungPantai Sendiki (instagram.com/rizkydewa_00)

Supaya liburanmu terasa semakin nyaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

  1. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum menuju Pantai Sendiki masih jarang. 
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman karena dari lokasi parkir kamu harus berjalan menuju pantai. 
  3. Hindari bermain ke tengah laut mengingat ombak pantai yang cukup besar. 
  4. Jangan lupa pakai sunscreen, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi dari terik matahari. 
  5. Menu makanan yang dijual saat weekdays tidak lengkap, hanya ada mie instan saja. Bila khawatir kurang, bisa membawa jajanan dari rumah, ya. 

Setelah membaca informasi di atas, kamu sudah makin siap untuk mengunjungi Pantai Sendiki, kan? Jadi, kapan nih mau liburan ke sini?

Baca Juga: 16 Tempat Wisata di Batu Malang Terbaru yang Instagramable

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya