Comscore Tracker

5 Manfaat Fisiologis dari Mandi Air Panas, Sudah Tahu Belum?

Siapa nih yang hobi mandi air panas sepulang kerja?

Mandi air panas sepertinya telah menjadi kegiatan favorit setelah seharian beraktivitas. Tak ayal, sensasi rileks yang diperoleh diharapkan dapat meningkatkan kualitas tidur. Nah, usut punya usut, ternyata terdapat beragam manfaat fisiologis dari berendam dalam air panas, lho. Eits, tapi jangan pula terlampau sering, ya.

1. Merangsang kelancaran suplai darah

5 Manfaat Fisiologis dari Mandi Air Panas, Sudah Tahu Belum?luxurybackpacking.net

Panas dan uap merangsang pelebaran pembuluh darah sehingga pori-pori pun lebih terbuka. Tentunya, hal ini akan membantu kulit lebih efektif dalam menyerap produk perawatan, seperti serum dan masker, sebab terjadinya peningkatan suplai darah di bawah kulit.

2. Mengeringkan lendir di tenggorokan

5 Manfaat Fisiologis dari Mandi Air Panas, Sudah Tahu Belum?4musingsblog.wordpress.com

Uap panas dari berendam air panas dapat mengeringkan lendir yang menumpuk di tenggorokan. Penumpukan inilah yang merupakan salah satu penyebab paling umum dari batuk berkepanjangan. Tak hanya itu, berendam air hangat selama 10-15 menit juga mampu meringankan gejala flu. Kemudian, jangan lupa dilanjutkan dengan istirahat yang cukup, ya.

3. Meningkatkan suhu tubuh dan melemaskan otot

5 Manfaat Fisiologis dari Mandi Air Panas, Sudah Tahu Belum?pinterest.com

Berendam dalam air panas dapat meningkatkan suhu tubuh, yang juga berimbas dalam melemaskan otot-otot. Nah, relaksasi otot-otot ternyata tak hanya membantu membuat tubuh rileks secara fisik, lho. Pasalnya, secara mental, mandi air panas juga memberikan ketenangan pikiran.

Baca Juga: Lebih Baik Mandi Air Hangat atau Dingin? Ini 4 Manfaat Masing-masing!

4. Mengantarkan tubuh pada kondisi 'passive heating'

5 Manfaat Fisiologis dari Mandi Air Panas, Sudah Tahu Belum?citiestips.com

Peneliti dari Loughborough University, dr. Steve Faulkner, menemukan bahwa saat berendam dalam air panas, tubuh akan berada dalam kondisi 'passive heating'. Nah, jika kondisi ini terjadi berulang, maka tak menutup kemungkinan akan berpengaruh dalam meringankan inflamasi kronis yang kerap menjadi salah satu penyebab penyakit jangka panjang, seperti diabetes tipe 2.

5. Meningkatkan sirkulasi sistem getah bening

5 Manfaat Fisiologis dari Mandi Air Panas, Sudah Tahu Belum?planetloungeradio.com

Adanya peningkatan sirkulasi sistem getah bening saat berendam dalam air panas akan menyebabkan tubuh menjadi berkeringat. Nah, hal ini juga berpengaruh dalam merangsang pelepasan racun dan bakteri dari tubuh, nih.

Nah, siapa nih yang gemar berendam dalam air panas sepulang kerja?

Baca Juga: Hati-hati, 7 Kebiasaan Mandi Ini Bisa Memunculkan Jerawat Muka & Tubuh

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You