Comscore Tracker

8 Keseruan Ahmedabad, Kota di India yang Pertama Masuk UNESCO

Kota kaya akan sejarah

Selain fakta jadi kota terbesar di wilayah Gujarat, ternyata Ahmedabad adalah kota pertama di India yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dalam kategori kota bersejarah.

Kaya akan sejarah, kota ini telah ada sejak awal tahun 1400. Namanya sendiri berasal dari Sultan Ahmed Shah, pendiri dari Kesultanan Gujarat.

Seperti apa ya keseruan yang dapat dilakukan di kota ini? Yuk, simak berikut ini.

1. Bertamu ke tempat tinggal tokoh spiritual dunia, Mahatma Gandhi di Sabarmati Ashram

8 Keseruan Ahmedabad, Kota di India yang Pertama Masuk UNESCOtourmyindia.com

Ashram ialah tempat orang suci melakukan pertapaan. Umumnya ashram didirikan dengan konsep menyatu pada alam. Di dalam Sabarmati Ashram kita dapat menyaksikan secara langsung momen kehidupan Mahatma Gandhi yang ditorehkan pada lukisan dan gambar pada sebuah panel pameran.

Saat ini, Sabarmati Ashram berfungsi sebagai museum yang memberikan inspirasi dan bimbingan. Selain itu sebagai tempat mengenang kehidupan Mahatma Gandhi yang memperjuangkan hak semua orang.

2. Cuci mata ke Museum Tekstil Calico yang memamerkan kain-kain cantik

8 Keseruan Ahmedabad, Kota di India yang Pertama Masuk UNESCOtrc-leiden.nl

Di museum yang telah berdiri sejak 1949 ini, terdapat koleksi tekstil-tekstil cantik yang berasal dari abad ke-15. Didirikannya museum ini bertujuan untuk memberdayakan warisan tekstil India agar dapat dikenal hingga kancah internasional.

3. Mengagumi kemegahan Kuil Swaminarayan yang telah berdiri sejak 1822

8 Keseruan Ahmedabad, Kota di India yang Pertama Masuk UNESCOchalousa.com

Kagum, deskripsi singkat yang akan kamu rasakan ketika pertama kali sampai di kuil ini. Sebagai tempat ziarah umat Hindu, kuil ini memiliki arsitektur bangunan nan indah yang di mana setiap pahatan menggambarkan cerita para dewa. Kuil ini sangat ramai dan meriah ketika festival Holi tiba.

4. Menapaki setiap anak tangga di Dada Harir Vav

8 Keseruan Ahmedabad, Kota di India yang Pertama Masuk UNESCOdowntoearth.org.in

Perpaduan gaya arsitektur Hindu dan Islam akan kamu lihat ketika berada di Dada Harir Vav. Destinasi di Ahmedabad yang telah ada sejak tahun 1499 ini ialah sebuah bangunan sumur mata air. Bentuk bangunannya menyerupai spiral dengan dilengkapi anak tangga.

Letak sumur sendiri berada paling bawah. Sehingga untuk dapat melihat sumur dari dekat, wisatawan dapat turun menapaki anak tangga satu per satu. Dahulu, tempat ini sebagai sumber mata air di wilayah setempat.

Baca Juga: 6 Wisata Alam Liar yang Tak Boleh Kalian Lewatkan Saat ke India

5. Berziarah ke Makam Sultan Ahmed Shah

8 Keseruan Ahmedabad, Kota di India yang Pertama Masuk UNESCOarchnet.org

Berkunjung ke Ahmadabad rasanya ada yang kurang jika tidak mampir ke makam sang pendiri kota nan indah ini, yaitu Sultan Ahmed Shah. Baik wisatawan Muslim maupun non Muslim berdatangan ke salah situs bersejarah ini untuk berziarah.

Untuk kamu wisatawan Muslim, di dekat makam terdapat pula masjid yang bisa kalian gunakan untuk sholat lima waktu.

6. Jangan lupakan salat lima waktu di Masjid Sidi Sayyed

8 Keseruan Ahmedabad, Kota di India yang Pertama Masuk UNESCOpixabay.com

Untuk wisatawan Muslim, meski kalian tengah sibuk melakukan perjalanan saat di Ahmedabad, jangan lupa untuk sholat, ya! Masjid Sidi Sayyed bisa dijadikan sebagai rekomendasi destinasi yang harus kamu singgahi saat di kota ini.

Telah berdiri sejak abad ke-16, masjid ini memiliki daya tarik yang terlihat pada sebuah ukiran kaca menyerupai bentuk pohon di salah satu jendelanya. Banyak menyebutkan jika ukiran tersebut memiliki makna pohon kehidupan.

7. Masih ingin menjelajahi sejarah lagi? Datangilah Benteng Bhadra

8 Keseruan Ahmedabad, Kota di India yang Pertama Masuk UNESCOmarvelousmonument.blogspot.com

Benteng yang didirikan pada tahun 1411 ini adalah salah satu peninggalan Sultan Ahmad Shah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Konon benteng ini ialah bangunan Muslim pertama yang dibangun di Ahmedabad.

Menjunjung tinggi toleransi, di salah satu gerbang yang bernama Lal Darwaja berdiri Kuil Dewi Bhadrakali.

8. Wisata kuliner pada malam hari di Manek Chowk Night

8 Keseruan Ahmedabad, Kota di India yang Pertama Masuk UNESCOhungrito.com

Buka mulai pukul 20.30-02.00, Manek Chowk Night surganya wisata kuliner di Ahmedabad dan tempat yang gak boleh terlewatkan saat di sini. Beragam pilihan kuliner khas India khususnya Ahmedabad yang dapat kamu temukan seperti ashrafi ni kulfi, paani poori, masala dabeli, pakodi, jabeli, dan masih banyak lainnya yang bikin kamu kalap.

Nah, itulah tadi delapan keseruan yang bisa kamu lakukan di kota Ahmedabad. Buat kamu yang hendak pulang membawa oleh-oleh, Sindhi Market rekomendasi buat kalian terutama yang ingin beli kain sari dengan harga terjangkau.

Baca Juga: 9 Makanan Kaki Lima Delhi India yang Bisa Menggugah Selera Makan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Semoga artikel ini bermanfaat. Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You