Comscore Tracker

Wisata Pantai Nglambor Yogyakarta: Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas

Cari tempat snorkeling di daerah Yogyakarta? Bisa di sini!

Yogyakarta yang berada di selatan Pulau Jawa ini memiliki banyak pantai yang bisa dikunjungi, terutama di daerah Gunungkidul. Ada puluhan pantai dengan pesonanya masing-masing di Gunungkidul ini, termasuk Pantai Nglambor yang biasa digunakan untuk aktivitas snorkeling.

Jika kamu tertarik mengunjungi Pantai Nglambor ini, simak dahulu beberapa informasi tentangnya, meliputi lokasi, harga tiket, dan aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan di sana. Berikut ulasannya.

1. Lokasi Pantai Nglambor

Wisata Pantai Nglambor Yogyakarta: Lokasi, Harga Tiket, dan AktivitasPantai Nglambor (pantainesia.com)

Pantai Nglambor berada di Kabupaten Gunungkidul dan dekat dengan Pantai Siung dan Pantai Jogan. Lokasi Pantai Nglambor tepatnya berada di Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Untuk menuju Pantai Nglambor, pengunjung biasanya memulai perjalanan dari kota Wonosari menuju ke Tepus, lalu dilanjutkan menuju ke arah Pantai Siung. Jalan alternatif lainnya yaitu melalui Semanu menuju ke Desa Purwodadi, Tepus.

2. Awalnya, Pantai Nglambor sepi pengunjung

Wisata Pantai Nglambor Yogyakarta: Lokasi, Harga Tiket, dan AktivitasPantai Nglambor (pantainesia.com)

Akses untuk mencapai pantai ini cukup sulit. Tidak ada transportasi umum untuk menuju ke sini. Jika menggunakan mobil pribadi, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih satu kilometer dengan berjalan kaki atau memanfaatkan ojek.

Wilayah Pantai Nglambor cukup kecil dan tidak begitu luas. Hal ini pun yang membuat Pantai Nglambor awalnya sepi pengunjung. Namun, beberapa wisatawan menyadari potensi Pantai Nglambor yang dapat digunakan untuk snorkeling.

Alhasil, Pantai Nglambor sekarang menjadi salah satu destinasi wisata pengunjung yang ingin merasakan snorkeling di Yogyakarta. Keindahan bawah lautnya layak dijelajahi.

3. Pantai Nglambor berhadapan langsung dengan Samudra Hindia

Wisata Pantai Nglambor Yogyakarta: Lokasi, Harga Tiket, dan AktivitasPantai Nglambor (instagram.com/gustiana.x)

Berada di selatan Pulau Jawa membuat Pantai Nglambor langsung berhadapan dengan Samudra Hindia yang luas dan terkenal dengan ombaknya yang besar. Hal ini menjadi salah satu kekhawatiran para pengunjung untuk mengunjungi Pantai Nglambor dan melakukan aktivitas air, seperti berenang, surfing, bahkan snorkeling.

Namun, Pantai Nglambor memiliki dua buah gunung karang yang besar yang dapat menjadi pemecah ombak. Hal ini membuat ombak di pinggir pantai menjadi tenang dan tidak besar, sehingga aman untuk beraktivitas.

Baca Juga: 5 Pantai dengan Garis Pantai Terpanjang di Gunung Kidul, Menawan!

4. Harga tiket Wisata Pantai Nglambor

Wisata Pantai Nglambor Yogyakarta: Lokasi, Harga Tiket, dan AktivitasSnorkeling di Pantai Nglambor (tempatasik.com)

Untuk memasuki wilayah Pantai Nglambor, harga tiketnya sebesar Rp5.000 per orang. Jika membawa kendaraan bermotor, biaya parkirnya Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Jika ingin merasakan snorkeling di Pantai Nglambor, biayanya Rp35 ribu-Rp50 ribu untuk menyewa alat snorkeling. Cukup terjangkau, bukan?

Sebelum mengunjungi Pantai Nglambor, ada baiknya melihat perkiraan cuaca dahulu. Perhatikan keadaan saat air pantai surut atau naik. Waktu yang tepat untuk bisa snorkeling adalah ketika air dan ombaknya tidak terlalu tinggi.

5. Aktivitas lain di Pantai Nglambor

Wisata Pantai Nglambor Yogyakarta: Lokasi, Harga Tiket, dan AktivitasJembatan Pantai Nglambor (instagram.com/ucokregar16/)

Selain snorkeling, daerah sekitar Pantai Nglambor juga dikelilingi bukit dan tebing yang bisa dijelajahi. Ada jembatan dari kayu yang disediakan untuk menyeberang ke tebing.

Jika lapar, ada beberapa warung makan yang menyediakan makanan khas laut, seperti udang, lobster, kerang laut, hingga gurita. Warga lokal akan senang hati melayani dan menyajikan makanan seafood ini.

Walaupun Pantai Nglambor cukup dibilang baru tenar, tetapi fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap, seperti toilet, musala, warung, hingga tempat jasa sewa snorkeling.

Kamu bisa mengunjungi pantai ini tanpa perlu khawatir kesusahan menemukan kebutuhanmu! Namun, sinyal di sini masih sering hilang muncul. Kabar baiknya, kamu bisa liburan dengan nyaman fokus tanpa terganggu pekerjaan atau hal lainnya.

Itu dia beberapa informasi mengenai Pantai Nglambor di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku di mana pun berada, ya!

Penulis: Nafila Chaerunnisa

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Tersembunyi di Yogyakarta yang Masih Sepi Turis

Topic:

  • Eddy Rusmanto
  • Bunga Semesta Int
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya