Comscore Tracker

5 Destinasi Kece di Bangalore, India yang Cocok untuk Hunting Foto

Instagramable banget lho buat difoto!

Bangalore atau yang juga dikenal dengan nama Bengaluru merupakan ibukota negara bagian Karnataka yang termasuk ke dalam salah satu kota terbersih dan terbesar ketiga di India.

Berkunjung ke Bangalore kamu akan menemukan banyak tempat cantik ala Eropa yang dipenuhi dengan lahan hijau seperti lima destinasi berikut ini yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat hunting foto. 

Sama halnya seperti kota lain di India, di Bangalore kamu juga akan dengan mudah menemukan sapi di sembarang tempat misalnya di jalan, trotoar, dan sebagainya. Namun, kamu tidak perlu khawatir sebab sapi-sapi yang sangat disucikan oleh masyarakat India tersebut sudah jinak, kok. 

1. Bangalore Palace

5 Destinasi Kece di Bangalore, India yang Cocok untuk Hunting Fotoinstagram.com/things2doinbengaluru

Bangalore Palace dibangun oleh Chamaraja Wodeyar pada tahun 1887. Terinspirasi dari kastil Windsor Inggris, bangunan Bangalore Palace memiliki gaya arsitektur Tudor dengan adanya benteng pada menaranya.

Dari luar saja pemandangan rumput hijau yang ditumbuhi dengan bunga-bunga yang cantik sudah terlihat sangat menarik, apalagi jika masuk ke dalam bangunannya. Terdapat ukiran kayu yang indah pada interior Bangalore Palace. Selain itu, kamu juga bisa melihat foto-foto keluarga kerajaan yang terpajang di sini.

Dibuka dari jam 10 AM hingga 5.30 PM, setiap wisatawan yang ingin memasuki Bangalore Palace dikenakan biaya masuk sekitar 230 rupee untuk masyarakat India dan sekitar 460 untuk wisatawan asing. Apabila membawa kamera, maka kamu harus membayar biaya tambahan sekitar 675 rupee sebagai biaya kamera. 

2. Tipu Sultan's Summer Palace

5 Destinasi Kece di Bangalore, India yang Cocok untuk Hunting Fotogoibibo.com

Tipu Sultan's Summer Palace berlokasi di daerah Fort Bangalore. Istana yang terdiri dari dua lantai ini merupakan tempat kediaman musim panas dari Sultan Tipu. Seluruh lantai istana terbuat dari kayu jati murni. Sedangkan pada dinding dan langit-langit istananya dihiasi dengan pola-pola berbentuk bunga yang sangat cantik. 

Konsep Islam yang terasa sangat kental dapat dilihat dari adanya lengkungan-lengkungan yang diukir dengan rumit di bagian interiornya. Di halaman belakang juga terdapat candi Hindu. Hal tersebut membuktikan bahwa Sultan Tipu sangat menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. 

Di lantai dasar istana dijadikan sebuah museum yang memamerkan potret para raja, pakaian, pedang, dan rudal yang pernah digunakan pada saat perang melawan Inggris. Spot foto yang menjadi andalan bagi wisatawan adalah balkon dan tangga istana yang tampak sangat megah.

Buka setiap hari dari pukul 8.30 AM hingga 5.30 PM, Tipu Sultan's Summer Palace menerapkan biaya tiket masuk sekitar 5 rupee untuk masyarakat India dan sekitar 100 rupee untuk wisatawan asing. 

3. Cubbon Park

5 Destinasi Kece di Bangalore, India yang Cocok untuk Hunting Fotogoibibo.com

Terletak di distrik bisnis Bangalore, tepatnya di 2nd Cross Road, Gandhi Nagar, Cubbon Park memiliki luas sebesar 300 hektar.

Dipilihnya nama Cubbon Park dikarenakan untuk menghormati Sir Mark Cubbon yang merupakan seorang mantan komisaris terlama di Bangalore. Biasanya penduduk lokal menggunakan taman ini untuk jogging ataupun berjalan-jalan santai sembari menikmati udara yang sejuk. Kemudian untuk anak-anak bisa menaiki kereta mainan Puttani Express dan dapat pula mengunjungi museum Boneka.

Cubbon Park memiliki 96 spesies dengan total sekitar 6.000 pohon, seperti Cassia fistula, Artocarpus, Ficus, Polyalthias, Castanospermum australe, Araucaria, Grevillea robusta, Peltophorum Schinus molle, Milletia dan pohon oak. Banyaknya flora yang dimiliki membuat Cubbon Park menjadi tempat yang tepat untuk belajar dan meneliti.

Di Cubbon Park juga banyak dibangun patung dari tokoh-tokoh penting dan terkemuka, yaitu patung Mayor Jenderal Sir Mark Cubbon yang terletak di dekat taman teras, patung Chamarajendra Wodeyar yang dilengkapi dengan air mancur berdiri megah di tengah taman dekat paviliun tenis, dan patung Ratu Victoria di sudut taman dekat Lingkaran Mahatma Gandhi. 

Baca Juga: 7 Hal Penting yang Tak Kamu Duga Ditemukan di India, Gak Nyangka Deh!

4. Vidhana Soudha

5 Destinasi Kece di Bangalore, India yang Cocok untuk Hunting Fotoevac.com

Tempat selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk hunting foto yang kece di Bangalore adalah Vidhana Soudha yang dibangun pada tahun 1954. Lokasinya yang berdekatan dengan Cubbon Park membuatmu langsung bisa melanjutkan perjalanan ke sini setelah selesai bersantai-santai ria di taman tersebut.

Sebenarnya Vidhana Soudha adalah tempat kerja untuk para legislatif pemerintah Karnataka. Vidhana Soudha memang tidak dibuka untuk umum, tetapi banyak orang yang datang hanya untuk berfoto karena takjub dengan arsitektur bergaya neo-Dravida yang luar biasa.

Vidhana Soudha memiliki empat kubah di tiap sudutnya. Pemandangan dari Vidhana Soudha akan semakin memukau saat dikunjungi pada malam hari karena menjadi sangat terang oleh cahaya. 

5. Ulsoor Lake

5 Destinasi Kece di Bangalore, India yang Cocok untuk Hunting Fotoinstagram.com/travel_karnataka

Ulsoor Lake yang memiliki luas sekitar 125 hektar ini terletak di jantung kota, tepatnya di MG Road. Ulsoor Lake dibangun oleh Kempegowda II. Kamu bisa mengunjungi tempat ini setiap hari kecuali hari Rabu mulai pukul 6 am hingga 8 pm

Aktivitas menyenangkan yang biasanya dilakukan oleh para wisatawan di Ulsoor Lake adalah berperahu atau sekadar berjalan-jalan di sekitar danau. Perahu yang digunakan untuk menyusuri danau disediakan oleh Perusahaan Pengembangan Pariwisata Negara Karnataka. 

Nah, itulah lima tempat di Bangalore yang harus kamu kunjungi karena memiliki banyak spot foto yang menarik. Kira-kira tempat mana yang ingin kamu kunjungi pertama kali, guys?

Baca Juga: 5 Festival Keagamaan Hindu yang Wajib Dikunjungi kalau ke India

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You