Comscore Tracker

Miliki Cadangan Berlian Berlimpah, Ini 5 Fakta Republik Afrika Selatan

Penduduk kulit putihnya terbanyak di benua Afrika 

Jika berbicara mengenai Republik Afrika Selatan pasti sebagian besar orang akan mengatakan bahwa di negara yang terletak di benua Afrika bagian selatan ini sangat panas dan menyeramkan lantaran banyak binatang liar berkeliaran. Banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya Republik Afrika Selatan merupakan salah satu negara yang sangat indah dan unik.

Memang keberadaannya belum sepopuler negara-negara lain di Eropa sebagai tujuan wisata, namun negara dengan penduduk kulit putih terbanyak di benua Afrika ini menawarkan beragam pengalaman seru dan menarik bagi para wisatawan. Beberapa di antaranya adalah menikmati keindahan Cape Town dari Table Mountain, melihat anjing laut di Seal Island menggunakan boat, menyaksikan secara langsung kehidupan satwa liar di Taman Nasional Kruger dan lain-lain.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang Republik Afrika Selatan, berikut ini terdapat fakta-faktanya yang harus kamu tahu.

1. Memiliki 11 bahasa resmi

Miliki Cadangan Berlian Berlimpah, Ini 5 Fakta Republik Afrika Selatanewn.co.za

Sebagai salah satu negara tertua di benua Afrika, Republik Afrika Selatan adalah negara yang multi etnis, budaya dan bahasa. Beragam suku yang tinggal di negara ini meliputi Khoi, Bushmen, Xhosa dan Zulu.

Sementara itu, terdapat 11 bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk Republik Afrika Selatan untuk berkomunikasi sehari-hari, yaitu bahasa Inggris, Afrika, Ndebele, Pedi, Sotho, Venda, Xhosa, Swazi, Tsonga, Tsawana dan Zulu.

2. Memiliki cadangan berlian yang berlimpah

Miliki Cadangan Berlian Berlimpah, Ini 5 Fakta Republik Afrika Selatanmining.com

Sudah sejak lama Republik Afrika Selatan dikenal oleh seantero dunia sebagai salah satu produsen utama berlian. Cadangan berlian yang dimiliki negara ini sangat melimpah. Bahkan sebagai akibatnya, Republik Afrika Selatan pernah diperebutkan oleh negara Belanda dan Inggris.

Baca Juga: 6 Bangunan Bersejarah di Port Elizabeth, Afrika Selatan yang Khas

3. Memiliki gunung tertua di dunia

Miliki Cadangan Berlian Berlimpah, Ini 5 Fakta Republik Afrika Selatancapetown.citypass.co.za

Table Mountain atau Gunung Meja di Republik Afrika Selatan disebut-sebut sebagai gunung tertua yang ada di dunia. Karena puncaknya berbentuk datar seperti meja, maka gunung ini diberi nama Gunung Meja. Ada lebih dari 1.500 spesies tumbuhan di sini.

Terletak di Cape Town, Gunung Meja menjadi salah satu objek wisata unggulan di negara ini. Agar bisa sampai ke Gunung Meja orang-orang harus menggunakan kereta kabel.

4. Memiliki banyak tempat wisata yang diakui sebagai situs warisan dunia UNESCO

Miliki Cadangan Berlian Berlimpah, Ini 5 Fakta Republik Afrika Selatancreation.com

Republik Afrika Selatan memiliki banyak tempat wisata yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Tempat wisata tersebut meliputi pulau Robben, landskap budaya Mapungubwe, situs fosil hominid Sterkfontein, The Cape Floristic Region, Vredefort Dome yang merupakan lubang meteor tertua di dunia, The Richtersveld Cultural and Botanical Landscape, taman Simangaliso Wetland dan taman Ukhahlamba.

5. Harga listrik paling murah di dunia

Miliki Cadangan Berlian Berlimpah, Ini 5 Fakta Republik Afrika Selatanthegreentimes.co.za

Republik Afrika Selatan merupakan pembangkit dari dua pertiga listrik yang ada di benua Afrika. Bahkan harga listrik di negara ini pun disebut-sebut sebagai yang paling murah di dunia.

Nah, itulah lima fakta menarik mengenai Republik Afrika Selatan yang harus kamu tahu. Ternyata negara ini menyimpan banyak pesona yang membuatnya layak untuk dikunjungi ya.

Baca Juga: 5 Hewan Mamalia Eksotis yang Hidup di Afrika Selatan

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya