Comscore Tracker

5 Air Terjun Unggulan di Kebumen, Bak Surga Tersembunyi

Pemandangannya asri dan udaranya sejuk #LokalIDN

Kamu yang masih bingung menentukan destinasi liburan saat akhir pekan, kabupaten Kebumen di Jawa Tengah bisa menjadi pilihan. Beragam destinasi wisata yang seru dan menarik begitu menggoda untuk dijelajahi, salah satunya air terjun.

Air terjun di Kebumen menawarkan pemandangan hutan, sawah, ladang, dan kebun yang menyejukkan mata, serta air berwarna jernih yang menyegarkan. Membuat siapa saja tidak sabar untuk segera menceburkan diri ke dalam kolam yang berada tepat di bawah air terjun.

Lantas di mana saja letak air terjun tersebut? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. Curug Sudimoro

5 Air Terjun Unggulan di Kebumen, Bak Surga Tersembunyiinstagram.com/ayip_14

Curug Sudimoro memiliki ketinggian lebih dari 35 meter dan tersusun secara berundak dengan 3 tingkatan. Air yang jatuh ke bawah cukup deras bahkan saat musim kemarau tiba.

Sayangnya akses jalan menuju ke curug Sudimoro tergolong sulit dan sedikit ekstrim. Karena alasan inilah curug Sudimoro belum memiliki banyak pengunjung. Tapi usahamu akan terbayar lunas saat tiba di lokasi, sebab pemandangan alam yang disajikan begitu luar biasa mengagumkan.

Lokasi: Desa Donorojo, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen

2. Curug Sawangan

5 Air Terjun Unggulan di Kebumen, Bak Surga Tersembunyiinstagram.com/wsetiawann20

Curug Sawangan hanya berjarak 150 meter saja dari pantai selatan Kebumen. Air terjunnya berasal dari sungai bawah tanah goa Surupan. Meskipun musim kemarau tiba, air di curug yang memiliki ketinggian 50 meter ini tidak pernah mengering.

Lokasi curug Sawangan diapit oleh pepohonan yang lebat. Menjadikan udara di sekitar terasa sejuk. Pemandangan curug semakin mempesona saat sore hari menjelang matahari terbenam. Jika beruntung, saat siang hari kamu berkesempatan menyaksikan pelangi yang sering terlihat di sini.

Lokasi: Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Kebumen Paling Populer, Wajib Borong Banyak!

4. Curug Sindaro

5 Air Terjun Unggulan di Kebumen, Bak Surga Tersembunyiinstagram.com/sethsetiadha

Suasana tenang dan damai langsung terasa begitu kamu tiba di curug Sindaro. Memiliki ketinggian 25 meter, curug ini terletak di bagian hilir sungai Kedungbener dan dihimpit oleh lembah perbukitan.

Air dari curug mengalir di atas batu bertingkat dua lantai. Pemandangan alamnya begitu asri. Jika ingin mengunjungi tempat ini, kamu diharuskan untuk menyusuri sungai yang airnya terasa sangat menyegarkan.

Lokasi: Kalikecot, Pujegan, Wadasmalang, Karangsambung, Kabupaten Kebumen

4. Curug Silangit

5 Air Terjun Unggulan di Kebumen, Bak Surga Tersembunyiinstagram.com/sapasajafarhan

Curug Silangit termasuk salah satu tempat wisata di Kebumen yang masih sepi pengunjung. Hal ini menyebabkan suasana di curug Silangit masih tampak alami dan asri. Di sekitarnya pepohonan hijau tumbuh rindang, menjadikan udara terasa sejuk dan segar.

Tepat di bawah air terjun terdapat kolam yang bisa kamu gunakan untuk berenang. Curug ini memiliki debit air yang cukup kuat bahkan saat musim kemarau tiba. Airnya berwarna hijau jernih. Jika ingin mengunjungi tempat ini kamu harus berjalan menyusuri jalan setapak dan pematang sawah.

Lokasi: Igirwates, Sidoagung, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen

5. Curug Kedondong

5 Air Terjun Unggulan di Kebumen, Bak Surga Tersembunyiinstagram.com/curugkedondong_

Curug Kedondong memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter. Saat musim hujan tiba, aliran air terjunnya menjadi lebih deras. Pemandangan di sekitar air terjun juga begitu menyejukkan.

Saat ini akses jalan menuju ke curug Kedondong sudah jauh lebih mudah dibandingkan yang dulu. Bahkan sekarang sudah tersedia saung untuk wisatawan beristirahat sembari menikmati pemandangan air terjun yang mempesona.

Lokasi: Gunungsari, Karanggayam, Kabupaten Kebumen

Nah, itulah air terjun unggulan di Kebumen dengan pemandangan seindah surga. Kamu sudah pernah ke sini?

Baca Juga: 5 Air Terjun di Kabupaten Kendal yang Wajib Dikunjungi, Bikin Betah!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya