Comscore Tracker

9 Potret Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Kubahnya dari Emas Murni!

Desain bangunannya sangat indah, megah, dan mengagumkan

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin terletak di tepi Sungai Brunei di Kampong Ayer. Sebagai salah satu landmark Brunei, masjid ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Memiliki fungsi utama sebagai tempat ibadah, masjid ini dapat menampung sekitar 3.000 jamaah salat. Kehadiran Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin melambangkan kemegahan dan kejayaan Islam yang telah menjadi agama resmi di negara ini.

Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu, berikut terdapat sembilan potret Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin yang sangat menakjubkan. Wajib kamu masukkan dalam list liburan ke Brunei nanti.

1. Pembangunan masjid pada tahun 1954-1958 ini diprakarsai oleh almarhum Sultan Haji Omar Ali Saifuddin Sa'adul Khairi Waddien

9 Potret Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Kubahnya dari Emas Murni!Potret Masjid Omar Ali Saifuddin (instagram.com/i2ky)

2. Bangunan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin memiliki arsitektur bergaya Islam modern yang merupakan perpaduan antara Mughal dan Italia

9 Potret Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Kubahnya dari Emas Murni!Potret Masjid Omar Ali Saifuddin (instagram.com/juah_moment.taker)

3. Hampir semua bahan bangunan masjid didatangkan dari luar negeri seperti marmer dari Italia, granit dari Shanghai, lampu kristal dari Inggris, dan karpet dari Arab Saudi

9 Potret Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Kubahnya dari Emas Murni!Potret Masjid Omar Ali Saifuddin (instagram.com/yazeidoshinji)

4. Terdapat menara setinggi 53 meter yang dilengkapi lift di dalamnya. Ini memungkinkan pengunjung dapat naik ke puncak menara untuk menyaksikan keindahan kota yang memukau

9 Potret Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Kubahnya dari Emas Murni!Potret Masjid Omar Ali Saifuddin (instagram.com/lamyerda)

Baca Juga: Liburan ke Brunei Darussalam? 5 Bangunan Megah Ini Jangan Dilewatkan

5. Adanya kubah yang terbuat dari emas murni semakin membuat masjid ini terlihat indah, mewah, dan megah

9 Potret Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Kubahnya dari Emas Murni!Potret Masjid Omar Ali Saifuddin (instagram.com/bk__914)

6. Tak heran jika Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin menjadi salah satu yang paling mengagumkan di Asia Pasifik

9 Potret Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Kubahnya dari Emas Murni!Potret Masjid Omar Ali Saifuddin (instagram.com/tonyandersphotography)

7. Di kompleks masjid terdapat sebuah laguna atau kolam berbentuk lingkaran yang cukup luas

9 Potret Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Kubahnya dari Emas Murni!Potret Masjid Omar Ali Saifuddin (instagram.com/northstardestinations)

8. Jembatan yang membentang di tengah laguna menghubungkan masjid ke Kampong Ayer dan ke sebuah bangunan replika kapal raja pada zaman dahulu

9 Potret Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Kubahnya dari Emas Murni!Potret Masjid Omar Ali Saifuddin (instagram.com/thesilkroadjourney)

9. Sebuah taman dan lapangan juga dapat kamu jumpai di dalam masjid. Di tempat inilah biasanya diadakan upacara atau acara penting lainnya

9 Potret Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Kubahnya dari Emas Murni!Potret Masjid Omar Ali Saifuddin (instagram.com/bon_vivant_ripon)

Keberadaan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin selain sebagai tempat ibadah umat Islam, ternyata juga merupakan peninggalan sejarah yang sangat penting. Banyak acara-acara keagamaan diadakan di sini, seperti perayaan Nuzulul Quran dan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran. Jadi, jangan lupa mampir saat kamu ke Brunei, ya!

Baca Juga: 9 Fakta Masjid Islamic Center Dato Tiro, Wisata Masjid di Bulan Syawal

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya