Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Alam di Kudus dengan Pemandangan Terindah, Hits Abis!

Serasa hilang semua penat dan lelah

Berada di Jawa Tengah, Kudus dikenal sebagai kota dengan beragam destinasi wisata religi. Sebab, kamu akan metemukan banyak makam orang-orang ternama yang telah berhasil menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, salah satunya Sunan Kalijaga.

Selain itu, Kudus juga dianugerahi dengan potensi wisata alam yang menyuguhkan pemandangan sangat indah. Penasaran ada apa saja? Berikut beberapa list rekomendasi tempat wisata alam di Kudus yang bisa kamu datangi.

1. Puncak Natas Angin

10 Tempat Wisata Alam di Kudus dengan Pemandangan Terindah, Hits Abis!potret Puncak Natas Angin (instagram.com/furkyrs)

Karena lokasinya berada di area puncak Gunung Muria, tempat wisata Puncak Natas Angin mendapat julukan sebagai negeri di atas awan. Cocok dikunjungi oleh orang-orang yang hobi mendaki.

Meski perjalanan menuju ke puncak cukup menantang karena harus melewati jalur yang berliku-liku, tetapi akan sepadan dengan pemandangan yang disuguhkan. Pemandangannya yang indah dijamin membuat penat seketika hilang.

Lokasi: Area Gunung Muria, Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000.

2. Desa Wisata Rahtawu

10 Tempat Wisata Alam di Kudus dengan Pemandangan Terindah, Hits Abis!potret Desa Wisata Rahtawu (instagram.com/kuthokudus)

Berada di atas ketinggian sekitar 1.627 meter di atas permukaan laut dengan udara yang dingin dan sejuk, Desa Wisata Rahtawu menjadi destinasi wisata favorit banyak wisatawan saat ini.

Lokasinya tepat di lereng Gunung Muria sangat menguntungkan. Sebab, pemandangan yang dihasilkan terlihat cantik, apalagi spot terasering.

Lokasi: Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000.

3. Selam Semliro

10 Tempat Wisata Alam di Kudus dengan Pemandangan Terindah, Hits Abis!potret Selam Semliro (instagram.com/selam_semliro)

Wisata alam Selam Semliro menyuguhkan pemandangan alam yang memukau. Jika diabadikan dalam jepretan foto hasilnya tampak Instagramable.

Tersedia banyak spot khusus dari atas gardu pandang yang sengaja dibuat untuk berfoto, mulai dari bunga mawar, kursi warna, hingga sayap burung. Mengingat panora alamnya sangat istimewa. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke sini hanya untuk berburu foto.

Lokasi: Semliro, Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Jam operasional: 08.00–24.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000.

4. Bukit Puteran

10 Tempat Wisata Alam di Kudus dengan Pemandangan Terindah, Hits Abis!potret Bukit Puteran (instagram.com/muh_zazed)

Bukit Puteran dengan keindahan pemandangannya ini berada di atas ketinggian sekitar 700 mdpl. Tak heran jika suasananya terasa sangat sejuk.

Cobalah merasakan serunya berkemah di sini. Daya tarik utamanya adalah pesona matahari terbit dan terbenam beserta kerlap-kerlip bintang yang membuat suasana romantis.

Lokasi: Gunung Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket: Rp3.000.

5. Wana Wisata Ternadi

10 Tempat Wisata Alam di Kudus dengan Pemandangan Terindah, Hits Abis!potret Wana Wisata Ternadi (instagram.com/hazamasinaru)

Wana Wisata Ternadi menawarkan pemandangan perbukitan dengan bentuk berlekuk-lekuk, rimbunnya pepohonan hijau, dan rerumputan yang memesona. Keunikan tempat wisata yang satu ini adalah kamu dapat melihat Pantai Juwana di Growongan Pati, lho.

Daya tarik Wana Wisata Ternadi tak cukup di situ saja. Lantaran lokasinya berada di atas ketinggian, banyak gardu pandang dengan instalasi unik yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto.

Lokasi: Ternadi, Dawe, Area Kebun, Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000.

6. The Hills Vaganza

10 Tempat Wisata Alam di Kudus dengan Pemandangan Terindah, Hits Abis!potret The Hills Vaganza (instagram.com/thehillsvaganza)

Keunikan The Hills Vaganza adalah karena tempat wisata ini memadukan panorama alam dan wisata kekinian. Banyak spot  foto Instagramable yang bisa digunakan, mulai dari foto dengan payung-payung, kolam air terjun, hingga taman bunga.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah saat malam hari, karena suasananya lebih cantik oleh banyak hiasan cahaya lampu.

Lokasi: Jalan Raya Kudus, Colo KM 13. Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah.

Jam operasional: 08.00–20.00 WIB.

Harga tiket: Rp10 ribuan.

Baca Juga: 10 Wisata Seru di Bali yang Ramah Anak dan Lansia, Bikin Betah!

7. Bendungan Logung

10 Tempat Wisata Alam di Kudus dengan Pemandangan Terindah, Hits Abis!potret Bendungan Logung (instagram.com/kudusjourney)

Bendungan Logung merupakan destinasi wisata air yang menyuguhkan panorama perbukitan. Karena tergolong masih baru, objek wisata alam ini pun belum memiliki banyak pengunjung.

Fasilitas yang paling diminati adalah perahu air. Sembari berkeliling menyusuri kawasan bendungan menggunakan perahu, wisatawan juga dapat berfoto dengan latar pemandangan alam yang memukau.

Lokasi: Area Sawah, Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000.

8. Air Terjun Kali Banteng

10 Tempat Wisata Alam di Kudus dengan Pemandangan Terindah, Hits Abis!potret Air Terjun Kali Banteng (instagram.com/jarangdolandolan)

Air Terjun Kali Banteng yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga ini memiliki keunikan dengan bentuknya yang berundak-undak. Terdapat tiga undakan air terjun di sini, mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar.

Air Terjun Kali Banteng tampak semakin cantik lantaran memiliki dinding-dinding batu yang tajam.

Lokasi: Area Gunung Muria, Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Jam operasional: 08.00–17.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000.

9. Air Terjun Montel

10 Tempat Wisata Alam di Kudus dengan Pemandangan Terindah, Hits Abis!potret Air Terjun Montel (instagram.com/afrirakhman)

Air Terjun Montel memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Debit airnya sangat deras, terutama saat musim hujan.

Eksotisme air terjun ini terletak di bagian tebing yang berwarna cokelat kehitaman dengan dikelilingi tanaman rambat dan pohon-pohon. Meski saat musim kemarau debit air terjunnya kecil, tapi hal itu tak mempengaruhi keindahannya.

Lokasi: Desa Kajar, Kecamatan Dawe, area Gunung Muria, Rahtawu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Jam operasional: 08.00–16.00 WIB.

Harga tiket: Rp8.000.

10. Air Terjun Watu Gompeng

10 Tempat Wisata Alam di Kudus dengan Pemandangan Terindah, Hits Abis!potret Air Terjun Watu Gompeng (instagram.com/coxiucox)

Air Terjun Watu Gompeng setinggi 25 meter ini tak kalah eksotis dengan air terjun lain di Kudus. Debit air terjunnya pun terbilang cukup deras.

Tepat di bawah air terjun terdapat kolam dengan air yang bening dan jernih. Tak heran jika banyak wisatawan yang betah berenang atau bermain air di kolam tersebut.

Lokasi: Kuwukan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Jam operasional: 08.00–16.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata alam di Kudus yang sayang dilewatkan. Destinasi manakah yang paling ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya