Comscore Tracker

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi 

Gak cuma Danau Toba

Sumatera Utara adalah daerah yang dikenal dengan adat bataknya. Ini pun yang menjadi daya tarik tersendiri.

Selama ini, mungkin daerah wisata yang paling dikenal di daerah Sumatera Utara adalah Danau Toba. Namun, selain Danau Toba, sebetulnya masih banyak tempat wisata Sumatera Utara yang menarik perhatian. Yuk, cek destinasi wisata di Sumatera Utara berikut ini!

1. Danau Toba

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi IDN Times/Indah Permatasari Lubis

Wisata Danau Toba sepertinya sudah menjadi sebuah kewajiban ketika mengunjungi Sumatera Utara. Di sini, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan alam di sekitar Danau Toba dan air yang jernih. 

Dalam mencari penginapan sangat mudah, karena di sekitar Danau Toba banyak tersedia hotel dan mess. Satu hal yang harus diperhatikan adalah memastikan makanan yang dimakan apakah halal atau gak, karena mayoritas masyarakatnya adalah non muslim. 

2. Pulau Samosir

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi Pulau Samosir (Instagram.com/zonabatak)

Pulau Samosir adalah sebuah pulau kecil yang letaknya terdapat di tengah-tengah Danau Toba. Jika mengunjungi Danau Toba, maka Pulau Samosir merupakan opsi yang harus dipertimbangkan. 

Di Pulau ini, akan banyak ditemukan pusat oleh-oleh khas kota Samosir yang autentik. Selain itu, dapat juga ditemukan patung-patung khas suku yang tinggal di Pulau Samosir. Pulau Samosir juga akan menampakkan pemandangan alam yang indah di sekeliling pulau. 

3. Rumah Tjong A Fie

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi Rumah Tjong A Fie di Medan (Instagram.com/fazazaki)

Rumah ini dulunya ditempati oleh orang terkaya di Medan pada masa lampau. Beliau meninggal pada tahun 1926 akibat pendarahan otak. Ia meninggalkan warisan berupa rumahnya yang menjadi saksi sejarah pada masa penjajahan dan juga sekarang sebagai sebuah museum. 

Di sini, kita dapat melihat bagaimana kehidupan dari Tjong A Fie beserta dengan ketiga istrinya dan anak-anaknya. Terdapat juga berbagai foto-foto tentang hubungan antara Tjong A Fie dengan penguasa Belanda dan banyak peralatan rumah yang dulunya  digunakan oleh Tjong A Fie.

Dengan biaya masuk Rp35 ribu, kamu sudah bia menjelajahi rumah Tjong A Fie dan mempelajari sejarah dari hidupnya 

4. Istana Maimun

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi potret Istana Maimun di Medan (commons.wikimedia.org)

Istana Maimun saat ini telah menjadi ikon dari kota Medan, Sumatera Utara. Istana ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Deli. Memiliki luas 2700 meter persegi dan terdapat lebih dari 30 ruangan dengan konsep desain interior yang menggabungkan budaya Melayu, Islam, Italia dan Spanyol. 

Di dalam Istana Maimun sendiri, pengunjung dapat melihat secara langsung koleksi perabotan kuno yang dulunya digunakan pada masa penjajahan Belanda. Ada foto kerajaan Sultan yang pernah menempati Istana dan koleksi berbagai macam senjata kuno. 

Untuk dapat memasuki Istana Maimun, tiap orang hanya dikenakan biaya Rp5 ribu. 

Baca Juga: Unik, 5 Jajanan Manis Khas Sumatera Barat Ini Wajib Kamu Cobain Nih!

5. Taman Alam Lumbini

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi Taman Alam Lumbini (Instagram/pagoda_berastagi)

Taman Alam Lumbini merupakan taman yang dikenal karena keindahan dari Pagoda Buddha. Ini dicat berwarna emas yang menyerupai Pagoda Swhedagon yang terletak di Myanmar. 

Tampak dari Pagoda yang berwarna emas menjadi daya tarik khusus bagi para wisatawan ketika berkunjung ke Tanah Karo. Selain Pagoda, taman ini juga dikelilingi oleh banyak tanaman hijau dan bunga yang memiliki warna yang beragam.

6. Air Terjun Telaga Dwi Warna

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi potret Air Terjun Dua Warna di Medan (Instagram.com/adventure_sumut)

Keindahan sekeliling air terjun serta keunikan dari airnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Untuk dapat mencapai lokasi Air Terjun Telaga Dwi Warna, kamu harus melewati hutan. Jika takut tersesat saat melewati hutan, maka dapat menyewa seorang pemandu jalan. 

Air pada air terjun ini memiliki dua warna, yaitu putih keabu-abuan dan biru. Untuk air warna biru cenderung memiliki suhu yang lebih dingin daripada putih keabu-abuan. Perbedaan warna yang dihasilkan disebabkan adanya kandungan belerang dan fosfor dalam air. 

7. Citraland Gama City Medan

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi potret Citraland Gama City Medan (Instagram.com/citralandgamacity.medan)

Citraland Gama City merupakan daerah kompleks perumahan yang memiliki konsep pembangunan seperti Singapura. Di sini, terdapat patung Singa Merlion yang mirip dengan Singapura. 

Nama jalan yang digunakan juga menggunakan nama jalan yang digunakan di Singapura, seperti Orchard. Kompleks perumahan ini dapat dipertimbangkan untuk dikunjungi, karena memiliki konsep pembangunan yang berbeda dari biasanya. Lalu, terdapat banyak spot foto yang menarik untuk upload ke social media

8. Taman Nasional Gunung Leuser

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi Taman Nasional Gunung Leuser (lonelyplanet.com)

Di Pulau Sumatera terdapat Taman Nasional Gunung Leuser yang memiliki keindahan alam hingga jalur trek menantang. Suasana Taman Nasional Gunung Leuser cukup segar.

Terdapat berbagai jenis flora dan fauna menarik, seperti orang utan. Jika tertarik datang, segera jadwalkan segera kunjunganmu ke Taman Nasional Gunung Leuser, ya!

9. Vihara Gunung Timur

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi Vihara Gunung Timur Temple (Dok. espresso-tale.blogspot.com)

Vihara Gunung Timur  merupakan kelenteng Tionghoa terbesar di Kota Medan. Ini Dibangun pada 1930-an. Vihara Gunung Timur berlokasi 500 meter dari Kuil Sri Mariamman atau di sebelah Sungai Babura.

Arsitektuk Vihara Gunung Timur terbilang unik layaknya bangunan Tionghoa, dengan dominasi warna merah dan keemasan. Tentu inilah yang buat para wisatawan tertarik untuk berkunjung dan berswafoto. 

Baca Juga: 5 Wisata Liburan Sekolah Medan yang Asyik untuk Anak-anak

10. Gereja Graha Annai Velangkanni

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi potret Graha Maria Annai Velangkanni (instagram.com/zonakalakkaro.id)

Gereja Graha Annai Velangkanni jadi salah satu wisata religi yang menarik buat dikunjungi. Bentuknya yang menjulang dengan lengkungan tangga yang unik, tak ayal buat wisatawan ingin berfoto di depannya.

Terdapat sejumlah lukisan dan simbol di dalam dan di luar bangunan Gereja Graha Annai Velangkanni. Ini tentu memiliki makna tersendiri bagi umat gereja.

11. Kebun Binatang Medan

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi Kebun Binatang Medan (google.com/maps/fatilala gulo)

Berwisata ke Kebun Binatang Medan bisa jadi alternatif liburan di akhir pekan. Ini bisa jadi ajang edukasi mengenalkan beragam satwa pada anak.

Sejumlah satwa yang tersedia di sini, seperti harimau, gajah, singa, beruang, dan mamalia serta hewan tropis lainnya. Kamu bisa mengunjungi Kebun Binatang Medan setiap hari, mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

12. Taman Buaya Medan

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi Penangkaran Buaya Asam Kumbang (google.com/maps/go adventure indonesia)

Bagi pencinta satwa liar seperti buaya, mungkin destinasi Taman Buaya Medan akan menarik buatmu. Tersedia lebih dari 2600 buaya yang sudah dipelihara sejak 1959.

Tentu ukuran buaya di Taman Buaya Medan cukup variatif, mulai baru lahir hingga ada yang berusia 25 tahun. FYI, buaya-buaya di sini sengaja dilatih untuk melakukan ajang atraksi yang spektakuler.

13. Masjid Raya Al-Mashun Medan

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi IDN Times/Prayugo Utomo

Masjid Raya Medan jadi salah satu ikon Sumatera Utara yang menarik untuk dikunjungi. Bangunan megah ini memiliki nilai budaya serta sejarah yang luar biasa.

Jika tertarik berkunjung, silakan datang ke Jalan Mahkamah Nomor 74C, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Karena lokasinya cukup strategis, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke sana.

14. Danau Siombak

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi potret Danau Siombak (instagram.com/danau_siombak)

Selanjutnya, ada Danau Siombak. Danau ini merupakan salah satu spot favorit dan menyenangkan di Sumatera Utara. Memancing menjadi aktivitas seru yang biasa dilakukan di sini.

Selain itu, pesona sunset di Danau Siombak juga sayang untuk dilewatkan. Di sekitar kawasan, terdapat taman bermain anak hingga wahana permainan air yang selalu ramai di akhir pekan.

15. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi Salju Panas Dolok Tinggi Raja (google.com/maps/kristy mrp)

Makna salju di kawasan Salju Panas Dolok Tinggi Raja menginterpretasikan tanah berwarna putih yang menyerupai salju. Selain itu, terdapat danau kebiruan yang buat pesona lokasi ini makin cantik.

Waktu terbaik datang ke sini adalah siang menuju sore. Ini supaya kamu bisa menikmati panorama indah Salju Panas Dolok Tinggi Raja dengan jelas. Oh, iya, jangan lupa berswafoto di spot menawan satu ini, ya!

16. Danau LintingDanau LintingDanau Linting

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi IDN Times/Masdalena Napitupulu

Di Sumatera Utara, terdapat danau vulkanik seluas 1 hektare berwarna biru kehijauan yang mengandung belerang. Wisatawan boleh berenang di sini, tapi karena kedalaman mencapai 100 meter, kamu perlu hati-hati.

Suasana Danau Linting terbilang sejuk. Jadi, selain berenang, kamu juga bisa menikmati pesona spot ini. Jika lapar, ada banyak kedai yang menjual aneka menu lezat.

17. Mikie Funland

17 Tempat Wisata Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi Mikie Funland (google.com/maps)

Mikie Funland merupakan taman rekreasi layaknya Dufan. Di sana terdapat 34 wahana menarik, seperti rafling, paint ball, shoot game, dan beragam permainan outbound.

Selain wahana yang menyenangkan, suasana di area ini pun begitu sejuk. Terdapat sejumlah restoran yang menjual aneka menu lezat di Mikie Funland ini.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaik di Sumatra 2021, Gak Bakal Menyesal!

Steven Laivando Photo Writer Steven Laivando

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna
  • Eddy Rusmanto
  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya