Comscore Tracker

7 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dibeli Saat Berlibur ke Vietnam

Dicatat ya gengs

Salah satu negara tetangga kita, Vietnam, memang terkenal oleh keragaman dan keunikan budaya, kuliner, dan alamnya. Nah, setelah puas berlibur, kini saatnya kalian memikirkan oleh-oleh apa yang tepat untuk dibawa pulang dan diberikan pada teman, saudara, ataupun gebetan. Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas Vietnam yang wajib kamu bawa pulang. Yuk dipilih!: 

1. Ao dai

7 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dibeli Saat Berlibur ke VietnamVietnam-culture.com

Ao dai adalah pakaian tradisional Vietnam yang terdiri dari tunik berlengan panjang dan dilengkapi dengan slit pada kedua sisinya. Ao dai dikenakan bersama celana panjang dan biasanya terbuat dari kain sutera. Jika kalian ingin memiliki Ao dai, maka kalian perlu mengeluarkan dana sebesar 700 ribu VND atau setara dengan Rp421 ribu. 

2. Kain sutera

7 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dibeli Saat Berlibur ke VietnamEtsy.com

Vietnam juga terkenal akan produksi kain suteranya. Dulu, kain ini hanya dibuat khusus untuk kaum bangsawan. Namun, seiring berkembangnya zaman, siapapun dapat membeli dan memiliki kain ini. 

Kain cantik nan halus ini dapat kalian temukan dalam berbagai warna dan motif. Satu meter kain sutera umumnya dijual dari harga 70 ribu VND atau setara dengan Rp42 ribu. Untuk kualitas yang lebih tinggi, kain tersebut biasa dibanderol dari harga 100 ribu VND atau Rp60 ribu per meternya. 

3. Kopi

7 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dibeli Saat Berlibur ke VietnamEatlittlebird.com

Tentu kurang tepat rasanya jika kalian tidak membawa pulang oleh-oleh yang satu ini, terlebih lagi jika kalian atau kerabat kalian merupakan pecinta kopi. 

FYI, Vietnam adalah negara pengekspor kopi robusta terbesar di dunia. Maka dari itu, kalian wajib banget membawa pulang kopi Vietnam. Satu kilo kopi ini rata-rata dibanderol seharga 46-47 ribu VND atau setara dengan Rp27-28 ribu. 

Baca Juga: 7 Oleh-oleh ini Wajib Masuk Koper Saat Liburan ke Belanda

4. Kerajinan bambu dan kayu

7 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dibeli Saat Berlibur ke VietnamVietnam-tourism.com

Jika kalian ingin membeli oleh-oleh yang lebih tradisional, kerajinan dari bambu dan kayu dapat menjadi solusinya nih. Hasil kerajinan bambu dan kayu yang handmade ini dapat kalian temukan di Bamboo Village Shop, 108 Xuan Dieu Street, Distrik Tay Ho, Hanoi ataupun di Life Impress – An Tuong, 49 Ton That Thiep, District 1, Ho Chi Minh. 

Ada berbagai kerajinan bambu dan kayu yang dapat kalian temukan, mulai dari mangkuk, topi, keranjang, hingga bamboo dragonfly alias hiasan capung dari bambu. Tentu saja, harga barang tersebut akan bergantung pada ukuran dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya. 

5. Kipas

7 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dibeli Saat Berlibur ke VietnamSilkfans.com

Kipas tradisional Vietnam umumnya terbuat dari kain sutera, bambu, ataupun kertas yang dilukis dengan pemandangan ataupun kaligrafi. Ukurannyapun sangat beragam, mulai dari seukuran tangan hingga hampir setinggi manusia. 

Salah satu desa di Vietnam yang paling terkenal akan kerajinan kipasnya adalah Thach That. Di desa tersebut, kalian dapat melihat langsung proses pembuatan dan pelukisan kipas ini. 

6. Guoc moc

7 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dibeli Saat Berlibur ke VietnamEchostasia.com

Guoc moc adalah sepatu/sandal tradisional Vietnam yang biasanya dikenakan oleh kaum wanita bersamaan dengan ao dai. Meskipun begitu, ada juga guoc moc untuk kaum pria.

Sepatu ini terbuat dari kayu dan terdiri dari berbagai desain dan warna. Namun, ciri khas yang akan selalu terlihat dari sepatu tersebut adalah bagian solnya yang cukup tebal. 

7. O mai

7 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dibeli Saat Berlibur ke VietnamTheguide.vneconomictimes.com

O mai adalah sebutan untuk buah yang dikeringkan untuk dijadikan manisan. Buah tersebut tak hanya dikeringkan, melainkan ditambahkan dengan garam, gula, jahe, adas manis, dan bumbu-bumbu lainnya. Oleh karena itu, rasa o mai tak hanya manis, melainkan asin, asam, pedas, ataupun buttery. Yum!

Selain sebagai camilan, o mai juga dikonsumsi sebagai obat, lho. Contohnya adalah o mai mơ atau aprikot jahe yang dapat dikonsumsi untuk mengobati batuk. 

Jadi, kalian sudah tahu mau bawa oleh-oleh apa?

Baca Juga: 7 Oleh-oleh yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Berkunjung ke India

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You