Comscore Tracker

4 Alasan Kamar Mandi Hotel Terletak Dekat Pintu Masuk

Fakta unik yang belum banyak diketahui~

Hotel menjadi tempat menginap andalan bagi para pelancong yang sedang staycation atau berlibur keluar kota. Namun, apakah kamu menyadari bahwa tata letak kamar mandi hotel berbeda dengan tempat tinggalmu?

Secara umum, letak kamar mandi hotel berada di bagian depan atau dekat pintu masuk. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan kamar mandi rumah yang biasanya terletak di bagian belakang.

Letak kamar mandi hotel yang unik ini bukan tanpa alasan, lho. Tanpa kita sadari, hal ini memberikan banyak manfaat pada kamar hotel. Untuk lebih lengkapnya, IDN Times menyuguhkan 4 alasan kamar mandi hotel terletak dekat pintu masuk.

1. Ruangan hotel berfungsi secara maksimal

4 Alasan Kamar Mandi Hotel Terletak Dekat Pintu Masukilustrasi kamar mandi (Pexels.com/Max Vakhtbovych)

Saat menginap di hotel, tamu pasti menginginkan kamar yang luas dan nyaman. Salah satu cara untuk membuat kamar lega adalah dengan mengatur letak kamar mandi hotel.

Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI), Bambang Eka Jaya, mengatakan salah satu alasan kamar mandi berada di bagian depan agar ruangan di kamar hotel dapat berfungsi secara maksimal. Jika kamar mandi terletak jauh dari pintu masuk, akan membuat kamar hotel terasa sempit. 

Selain itu, kamar mandi diletakkan di bagian depan agar tamu bisa leluasa untuk melihat pemandangan dari balkon atau jendela hotel. Pencahayaan di dalam kamar juga jadi merata.

Baca Juga: 5 Hotel Mewah di Kawasan Pantai Losari, Liburan Dijamin Komplet!

2. Kamar tetap steril tanpa rembesan air

4 Alasan Kamar Mandi Hotel Terletak Dekat Pintu Masukilustrasi kamar mandi (Pexels.com/Quark Studio)

Alasan kamar mandi hotel terletak dekat pintu masuk berikutnya adalah agar kamar tetap steril tanpa rembesan air. Bau tidak sedap dari kamar mandi dan juga rembesan air terkadang membuat kita tidak nyaman saat ingin tidur.

Kamar mandi juga adalah are basah yang posisinya harus jauh dari tempat tidur. Selain itu, tamu juga akan terhindar dari rembesan atau gangguan pada saluran air.

3. Memudahkan tamu untuk membersihkan diri saat masuk ke kamar

4 Alasan Kamar Mandi Hotel Terletak Dekat Pintu Masukilustrasi kamar mandi (Pexels.com/Max Vakhtbovych)

Ketika baru masuk kamar hotel, keadaan tangan, kaki, dan muka kita masih kotor karena baru saja beraktivitas dari luar ruangan. Letak kamar mandi hotel yang ada di bagian depan kamar ini tentunya memudahkan kamu untuk membersihkan diri.

Tamu dapat dengan mudah mengakses kamar mandi tanpa melewati area kamar terlebih dahulu. Hal ini bisa kamu gunakan untuk mencuci kaki, tangan, mandi, atau pembersihan lainnya.

4. Membuat sistem kelistrikan dan utilitas perpipaan menjadi lebih efisien

4 Alasan Kamar Mandi Hotel Terletak Dekat Pintu Masukilustrasi kamar mandi (Pexels.com/Max Vakhtbovych)

Hotel memiliki banyak kamar dengan tingkatan gedung hotel yang berbeda-beda. Dalam sistem kelistrikan dan utilitas perpipaan, jalur pipa hotel tembus dari lantai dasar hingga ke lantai atas.

Dengan kamar mandi yang diletakkan di depan, teknisi akan lebih mudah untuk menangani kerusakan yang ada di kamar mandi tanpa mengganggu tamu di dalam kamar. Perawatan kamar mandi pun jadi lebih efektif setiap ada kendala.

Itu dia 4 alasan kamar mandi hotel terletak dekat pintu masuk. Hal ini ternyata memberikan banyak manfaat dan memperluas ruangan hotel tempatmu menginap. Sudah siap untuk staycation?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Hotel untuk Kamu yang Berwisata di Langkat

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Pinka Wima
  • Lea Lyliana
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya