Comscore Tracker

8 Alasan Kamu Wajib Liburan ke Pangandaran, Bikin Kangen!

Surganya Jawa Barat, nih!

Pangandaran ialah pantai yang terletak di Selatan Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Pangandaran, yakni kabupaten yang menjadi pemekaran dari Kabupaten Ciamis.

Pangandaran mempunyai sejuta pesona keindahan dan berdekatan dengan pantai-pantai serta wisata alam lainnya yang tak kalah eksotis.

Inilah beberapa fakta tentang Pantai Pangandaran yang bisa jadi alasan kamu wajib mengunjunginya buat liburan.

1. Terdapat pantai barat dan pantai timur

8 Alasan Kamu Wajib Liburan ke Pangandaran, Bikin Kangen!instagram/berandapangandaran

Kamu traveling ke Pangandaran bisa menikmati dua bagian pantai sekaligus, tersedia pantai barat dan pantai timur dengan keindahan yang berbeda. Ketika kamu pengin ke pantai timur dari pantai barat bisa menggunakan jasa perahu boat yang akan menghantarkan.

Di pantai barat kamu dimanjakan dengan pantai untuk berenang karena ombaknya yang gak terlalu kencang dan sore hingga malam harinya kamu bisa menikmati sunset.

Sementara di pantai timur kamu bisa menikmati watersport dan sunrise ketika pagi hari. Meskipun pantai timur tidak seluas pantai barat karena hanya berbentuk teluk, namun mempunyai pesona tersendiri yang wajib kamu nikmati saat weekend tiba.

2. Eloknya pasir putih di pantai timur

8 Alasan Kamu Wajib Liburan ke Pangandaran, Bikin Kangen!pixabay.com/rendy224

Pantai timur menyuguhkan panorama yang berbeda dengan pantai di sebelah barat. Di sana kamu dimanjakan dengan pasirnya yang berwarna putih serta ombak lebih 'selow' . Dan di pantai timur kamu bisa menikmati snorkeling, berenang, maupun dokumentasi dengan view yang indah.

Baca Juga: 4 Surga Tersembunyi di Pangandaran Ini Wajib Banget Dikunjungi Traveler

3. Terdapat cagar alam yang wajib kamu kunjungi

8 Alasan Kamu Wajib Liburan ke Pangandaran, Bikin Kangen!instagram/cagaralampangandaran

Menikmati Pangandaran selain rekreasi namun juga edukasi. Kamu berlibur ke Pangandaran bukan hanya bisa menikmati eksotisnya pantai saja, namun bisa menambah edukasi juga dengan berkunjung ke cagar alam yang bernama 'Wisata Alam Pananjung'.

Di sana kamu akan disuguhkan dengan flora dan fauna yang tentunya dilindungi, fauna seperti kera, lutung, kijang, kalong, burung, rusa, dll.

4. Pangandaran dikelilingi area wisata lainnya yang gak kalah eksotis

8 Alasan Kamu Wajib Liburan ke Pangandaran, Bikin Kangen!instagram/n_hadyy

Kamu bila berkunjung ke Pangandaran, bukan hanya pantai Pangandaran yang bisa kamu nikmati. Namun kamu bisa manfaatkan waktu liburanmu dengan mengunjungi pantai dan tempat wisata lain yang dekat dengan Pangandaran.

Seperti pantai Batu Karas dengan jarak 34 km, Green Canyon (Cukang Taneuh) 30 km, Citumang body rafting 27 km, pantai Karang Nini 27 km, Santirah 38 km dll.

5. Pangandaran menyuguhkan kuliner yang lezat

8 Alasan Kamu Wajib Liburan ke Pangandaran, Bikin Kangen!instagram/ar.restocafe

Berkunjung ke Pangandaran pun kamu gak perlu takut kelaparan, di sana banyak sekali pedagang-pedagang yang menyuguhkan makanan-makanan yang enak dan tentunya bernuansa pantai, seperti seafood dari udang, kepiting, cumi, lobster dll.

6. Pangandaran menyediakan berbagai jenis penginapan

8 Alasan Kamu Wajib Liburan ke Pangandaran, Bikin Kangen!instagram/lautbiruhotel

Bukan hanya soal makanan yang kamu gak perlu khawatir jika berkunjung ke Pangandaran, namun berbagai jenis penginapan pun tersedia. Mulai dari harga Rp250ribuan hingga jutaan.

Untuk mempermudah mengetahui penginapan yang tersedia pun kamu bisa manfaatkan gadgetmu, dengan mengecek berbagai situs-situs untuk booking hotel online.

7. Cinderamata yang beragam bikin kamu pengin belanja buat oleh-oleh

8 Alasan Kamu Wajib Liburan ke Pangandaran, Bikin Kangen!bandungtransservice.com

Pangandaran memang primadonanya pantai di Jawa barat, selain kamu bisa menikmati wahana-wahana yang tersedia, sebagai bukti kamu selesai liburan di Pangandaran pun bisa membeli cinderamata khas Pangandaran untuk oleh-oleh.

Beragam cinderamata yang ditawarkan para pedagang seperti baju pantai/kaos oblong, tas olahan warga lokal, serta kerajinan tangan dari kerang seperti untuk bekel.

Tak kalah menarik juga dari segi makanan yang bisa kamu bawa pulang seperti ikan asin jambal roti, seafood dari udang, lobster, cumi, kepiting dll.

8. Pangandaran pun berada di lokasi yang strategis

8 Alasan Kamu Wajib Liburan ke Pangandaran, Bikin Kangen!instagram/explorepangandaran

Jika kamu berkunjung ke Pangandaran, gak perlu khawatir naik kendaraan apa. Banyak beragam alternatif yang bisa kamu manfaatkan, jika kamu dari Jakarta bisa naik pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma hingga Bandara Nusawiru Pangandaran dengan menggunakan pesawat capung milik Susi Air. Atau alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan bis Gapuraning Rahayu dari terminal Rambutan sampai terminal Pangandaran.

Dan kalaupun kamu bawa kendaraan pribadi, gak perlu khawatir, kamu bisa manfaatkan Google map atau Waze dari HPmu.

Bagaimana, kamu sudah merencanakan liburan belum? Semoga informasi terkait Pangandaran ini bisa jadi referensi liburan akhir pekan kamu, ya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Menginap Murah Tapi Kece di Pangandaran

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

سم الله الرحمن الرحيم

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya