Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Mengunjungi Perpustakaan Nasional, Seru Banget!

Perpusnas menjadi perpustakaan tertinggi di dunia

Perpustakaan Nasional Indonesia atau Perpusnas merupakan salah satu perpustakaan terbesar di Indonesia. Perpustakaan ini terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Jakarta Pusat, yang berhadapan langsung dengan Monumen Nasional.

Gedung Perpusnas menjadi gedung perpustakaan tertinggi di dunia yang terdiri dari 27 lantai. Gedung ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada September 2017 silam.

Gedung yang tinggi menjulang menjadi salah satu daya tarik bagi orang-orang untuk mendatangi perpustakaan ini. Berikut lima alasan kamu harus mengunjungi Perpustakaan Nasional Indonesia. Dijamin bakal betah banget, deh!

1. Koleksi buku perpustakaan yang lengkap

5 Alasan Kamu Harus Mengunjungi Perpustakaan Nasional, Seru Banget!Foto koleksi buku di Perpusnas (dok. pribadi/M. Irfan Dwi Putra)

Perpustakaan Nasional memiliki koleksi buku lengkap yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari filsafat, hukum, sejarah, hingga buku-buku psikologi. Koleksi ini terbuka untuk umum yang ingin mencari referensi bacaan.

Koleksinya yang lengkap membuat banyak siswa dan mahasiswa pergi ke Perpusnas untuk mengerjakan tugas. Selain itu, pengunjung juga tidak perlu khawatir untuk mencari buku di antara banyaknya koleksi buku yang ada. Perpusnas menyediakan komputer untuk mencari buku yang diinginkan.

2. Ruangan baca yang nyaman

5 Alasan Kamu Harus Mengunjungi Perpustakaan Nasional, Seru Banget!Suasana ruangan baca di Perpusnas (dok. pribadi/M. Irfan Dwi Putra)

Perpusnas juga dilengkapi dengan ruangan baca yang nyaman. Seluruh ruangan baca di Perpusnas menggunakan AC, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan merasa kegerahan ketika membaca.

Di beberapa ruangan kamu bahkan bisa membaca sambil bersandar di sofa yang empuk. Selain itu, Perpusnas juga menyediakan banyak aliran listrik yang dapat kamu gunakan untuk mengisi daya ponsel atau laptop. Gimana, nyaman banget, kan?

3. Fasilitas perpustakaan yang lengkap

5 Alasan Kamu Harus Mengunjungi Perpustakaan Nasional, Seru Banget!Suasana makan siang di kantin Perpusnas (dok. pribadi/M. Irfan Dwi Putra)

Berbeda dengan perpustakaan lain yang umumnya hanya menyediakan fasilitas untuk membaca dan mencari referensi, Perpusnas menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap.

Fasilitas-fasilitas ini antara lain musala, kantin, kafe, toilet yang bersih, dan lain-lain. Fasilitas yang lengkap ini akan membuat pengunjung betah berlama-lama berada di Perpusnas.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Perpustakaan yang Nyaman di Rumah

4. Pemandangan Jakarta dapat dilihat dari lantai 24

5 Alasan Kamu Harus Mengunjungi Perpustakaan Nasional, Seru Banget!Pemandangan kota Jakarta dari lantai 24 Perpusnas (dok. pribadi/M. Irfan Dwi Putra)

Gedung Perpusnas memiliki 27 lantai dengan ketinggian 126,3 meter. Ini membuat Perpusnas menyandang predikat sebagai perpustakaan nasional tertinggi di dunia, lho. Gedung Perpusnas berdiri menjulang di hadapan Monumen Nasional.

Jika mengunjungi Perpusnas ketika cuaca sedang cerah, mampirlah ke balkon lantai 24 untuk menikmati pemandangan Jakarta dari ketinggian hampir 100 meter. Dari ketinggian tersebut, kamu dapat melihat Monumen Nasional dan Kota Jakarta dengan sangat jelas. Kamu bahkan dapat melihat Teluk Jakarta dengan kapalnya yang sedang berlayar!

5. Ada koleksi naskah sejarah kuno

5 Alasan Kamu Harus Mengunjungi Perpustakaan Nasional, Seru Banget!Foto salah satu koleksi naskah kuno di Perpusnas (dok. pribadi/M. Irfan Dwi Putra)

Selain menyimpan koleksi-koleksi kontemporer, Perpusnas juga punya koleksi naskah kuno. Naskah-naskah kuno ini memuat sejarah bangsa Indonesia sejak zaman berdirinya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi pihak Perpusnas, pada April 2020 setidaknya ada 1.792 koleksi naskah kuno yang berada di Perpusnas. Beberapa naskah kuno yang tersimpan di Perpusnas di antaranya Babad Pajajaran, Serat Yusuf, Serat Kitab Mahabarata, dan lain-lain. Saat ini, koleksi naskah kuno tersebut dapat diakses secara daring.

Berkunjung ke Perpustakaan Nasional dijamin gak bakal membosankan, deh. Selain bisa mendapatkan referensi bacaan dan mengerjakan tugas, kamu juga bisa menikmati indahnya Jakarta dari ketinggian, lho. Jadi, kapan mau berkunjung ke Perpusnas?

Baca Juga: Perpustakaan Terbesar di Era Kuno, 12 Fakta Perpustakaan Alexandria

M. Irfan Dwi Putra Photo Writer M. Irfan Dwi Putra

Irfan adalah seorang mahasiswa tingkat satu Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Sehari-harinya ia berkutat dengan buku, isu hukum, sejarah, dan tentunya tulisan. Menulis sudah menjadi bagian dari hidupnya sejak ia duduk di bangku sekolah menengah. Karyanya beberapa kali dipublikasikan bersama dengan karya-karya lain dalam sebuah antologi. Beberapa di antaranya adalah Hikayat Kotaku dan Kota Kata Kita.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya