Comscore Tracker

Cerita YouTuber Liburan ke Yakutsk, Kota Paling Dingin di Dunia 

Rambut pun sampai membeku jadi es

Ngomongin soal liburan, kebanyakan orang memilih negara atau kota yang sudah populer di kalangan wisatawan. Selain sudah pasti destinasi wisatanya menarik, tempat tersebut diyakini ramah pengunjung.

Namun, tidak bagi dua YouTuber asal Rusia, Pierre dan Steven. Mereka memilih liburan di kota paling dingin di dunia, yakni Yakutsk, Rusia.

Liburan yang dilakukan pada 2019 itu baru-baru ini viral di media sosial. Dirangkum dari channel Youtube mereka, The WHV Nomads, berikut pengalaman seru Pierre dan Steven liburan ke Yakutsk, Rusia. 

1. Suhu di Yakutsk mencapai -37 derajat Celsius

Cerita YouTuber Liburan ke Yakutsk, Kota Paling Dingin di Dunia youtube.com/thewhvnomads

Dalam video berdurasi hampir 13 menit itu, Pierre dan Steven memulai perjalanan ke Yakutsk dari Novosibirsk dengan pesawat. Setelah menempuh perjalanan udara kurang lebih empat jam, mereka tiba di Yakutsk.

Setibanya di sana, suhu kota terbesar di Rusia ini luar biasa ekstrem, yakni mencapai -37 derajat Celcius. "Ini enggak seperti -37 derajat Celsius. Aplikasi Facebook mengatakan di sini suhunya mencapai -38 derajat Celsius, sedangkan di Google -39 derajat Celsius," kata Pierre.

Saat berjalan ke luar, baik Pierre dan Steven tak kuasa menahan batuk. Berbicara pun langsung keluar asap mengepul dari mulutnya. Hal ini menunjukkan suhu di Yakutsk benar-benar ekstrem.

2. Seluruh sudut kotanya diselimuti salju dan es

Cerita YouTuber Liburan ke Yakutsk, Kota Paling Dingin di Dunia youtube.com/thewhvnomads

Suhu yang di bawah rata-rata ini membuat Yakutsk selalu diselimuti salju setiap harinya. Bahkan, hampir di setiap sudut kota ditumbuhi es, seperti di lampu lalu lintas, atap rumah dan gedung, jembatan, hingga papan-papan petunjuk jalan.

"Kota ini seperti kota yang terbuat dari permafrost, sebuah lapisan tanah beku yang berada di bawah suhu 0 derajah Celsius. Gak heran kalau suhunya bisa di bawah -40 derajat Celsius," ujar Steven.

Uniknya, penduduk Yakutsk mampu mengetahui suhu kota mereka hanya melalui kabutnya saja. Jarak pandang juga menjadi salah satu faktor penduduk di sana tahu berapa suhu udara di hari tersebut.

Baca Juga: 13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? 

3. Masyarakat sangat jarang beraktivitas di luar

Cerita YouTuber Liburan ke Yakutsk, Kota Paling Dingin di Dunia youtube.com/thewhvnomads

Dengan suhu sangat rendah tersebut, bukan sebuah hal mengejutkan kalau Yakutsk tidak seramai kota lainnya. Penduduk di kota ini hanya 300.000 jiwa, tetapi yang terlihat beraktivitas hanya setengahnya saja.

Saat Steven dan Pierre bermain di alun-alun yang hanya berupa dataran tertutup es, rambut mereka tak lama berubah menjadi putih dan membeku. Padahal, mereka baru saja berada di luar selama tujuh menit.

"Penduduk sini biasanya berada di luar ruangan hanya 15 menit saja. Sisanya, mereka menghangatkan diri di dalam mall atau pasar ikan," ujar Steven.

Steven dan Pierre pun sempat kaget saat mengunjungi sebuah tempat hiburan malam. Keadaan berbanding terbalik dengan di luar yang sepi. Kondisi di tempat hiburan justru sangat ramai.

Kata Steven, "Keadaan di sini tidak seperti sedang bersuhu -40 derajat Celsius."

4. Hampir semua destinasi wisatanya adalah es

Cerita YouTuber Liburan ke Yakutsk, Kota Paling Dingin di Dunia youtube.com/thewhvnomads

Selain menjelajah kotanya saja, kedua YouTuber dengan 9.000-an subsriber ini juga mengunjungi beberapa tempat wisata. Bisa dibayangkan, hampir semua destinasi di Yakutsk terbuat dari es dan berselimut salju.

Destinasi pertama yang dikunjungi adalah Lena Pillars, sebuah pegunungan bebatuan alami di sepanjang Sungai Lena. Waktu tempuh perjalanan dari pusat kota ke sana sekitar empat jam.

Mereka memutuskan mendaki hingga puncak, padahal suhu saat itu mencapai -35 derajat Celsius. Namun, pemandangan dari atas sungguh indah bukan main. Terlihat padang bersalju dengan pepohonan yang menawan, bak di negeri dongeng, deh.

Cerita YouTuber Liburan ke Yakutsk, Kota Paling Dingin di Dunia youtube.com/thewhvnomads

Selanjutnya, mereka berselancar di padang salju sambil ditarik sekawanan anjing. Saat melakukan aktivitas seru ini, sinar matahari sempat terlihat, sehingga memberikan sedikit kehangatan.

"Ini pengalaman pertama kami berselancar ditarik dengan anjing. Gak menyangka bisa melakukannya di Yakutsk," ujar Pierre.

Setelah itu, mereka berkunjung ke Kingdom of Permafrost. Tempat ini merupakan gua dengan sekumpulan koleksi pahatan dari es yang indah. Tambahan efek cahaya lampu warna-warni membuatnya terlihat lebih estetik.

https://www.youtube.com/embed/-Fy0MKQxR9Q

Nah, itulah pengalaman liburan di kota paling dingin di dunia, Yakutsk di Rusia. Meski suhunya menusuk tulang, ada banyak aktivitas dan wisata menarik yang layak dijelajahi. Gimana, jadi tertarik liburan ke Yakutsk juga?

Baca Juga: 10 Kota Paling Dingin di Dunia, Suhunya Menusuk Tulang

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya