Comscore Tracker

6 Kegiatan Seru Saat Berkunjung ke Mamasa, Cocok buat Para Petualang

Keindahan alam dan budayanya memukau banget! #LokalIDN

Sulawesi Barat punya lokasi wisata seru yang menantang untuk para adventurer lho. Salah satu wilayahnya yaitu Kabupaten Mamasa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin menikmati bentang alam yang menantang sekaligus mempelajari adat istiadat kental di suatu daerah. 

Banyak banget deh kegiatan yang bisa dilakukan di kabupaten ini. Mulai dari trekking dengan medan medium sampai menyaksikan atraksi adat istiadat dari para warga. Meski sering disamakan dengan Toraja, Mamasa menyimpan keunikan tersendiri hanya saja tempatnya yang kurang terekspos.

Penasaran dengan pesona dari Mamasa? Berikut ini kegiatan yang bisa kita lakukan saat berkunjung, simak yuk!

1. Mendaki bukit dan gunung dengan pemandangan memukau

6 Kegiatan Seru Saat Berkunjung ke Mamasa, Cocok buat Para PetualangDok. Pribadi/Putry Prastiwi

Yang menjadi keunikan saat trekking dan hiking di Mamasa yaitu pemandangannya bukan saja pemandangan bak negeri di atas awan, tapi juga pemandangan desa wisata dengan jejeran rumah-rumah adat khas Mamasa. Dikelilingi hutan, rumah-rumah tradisional yang disebut banua ini terlihat lebih memukau dari atas puncak lho.

Meskipun medan menuju puncak cukup menantang, namun pemandangan yang ditawarkan saat sampai bak menghilangkan penat seketika. Ada banyak tempat untuk mendaki di Mamasa seperti Gunung Mambuliling dan Buntu Liarra.

2. Mengunjungi Patung Bunda Maria

6 Kegiatan Seru Saat Berkunjung ke Mamasa, Cocok buat Para PetualangDok. Pribadi/Putry Prastiwi

Dihuni mayoritas Nasrani, Kabupaten Mamasa membangun tempat ibadah sekaligus tempat wisata yaitu Patung Bunda Maria yang berlokasi di Bukit Pena.

Saat masuk, jalannya sedikit menapak mengharuskan pengunjung untuk mengerahkan tenaga ekstra. Namun saat sampai di lokasi kalian akan terpana dengan keindahan patung besar dan pemandangan dari tempat ini.

Yang paling seru adalah jalur salib yang dilalui saat akan pulang. Jejeran patung-patung sepanjang perjalanan yang menceritakan kisah Nabi Isa yang akan disalib seketika membuat lupa akan lelahnya jalanan terjal yang dilalui. Seru banget! Tapi ingat pengunjung perlu menjaga sikap karena tempat ini sakral lho.

3. Arung jeram yang menantang tapi seru banget!

6 Kegiatan Seru Saat Berkunjung ke Mamasa, Cocok buat Para PetualangDok. Pribadi/Putry Prastiwi

Di sepanjang kota Mamasa terdapat sungai yang mengalir dengan deras yang dinamai Sungai Mamasa. Sungai ini menjadi salah satu atraksi dengan kegiatan arung jeram alias rafting untuk kamu yang suka olahraga air. Dengan durasi sekitar 15-20 menit, kamu akan dibawa mengarungi sungai dengan keseruan yang tiada dua.

Arusnya bervariasi mulai dari deras dengan bebatuan disekitarnya dan arus berputar yang menantang banget lho. Penyedia jasa rafting sudah bisa kamu temukan dengan mudah di Mamasa. Supaya aman kamu harus ditemani para ahli arung jeram. 

Baca Juga: Mengenal 6 Tradisi Daerah Sulawesi Barat yang Tak Banyak Orang Tahu

4. Berendam di air panas setelah lelah menjelajah

6 Kegiatan Seru Saat Berkunjung ke Mamasa, Cocok buat Para Petualanginstagram/wonderful_mamasa

Mamasa punya banyak spot permandian air panas yang bisa ditemukan di hampir tiap sudut kotanya. Tempat pemandian paling favorit di Mamasa yaitu Permandian Kole dan Rante-Rante Osango. Pemandian yang sudah tertata sehingga pengunjung hanya perlu mencelupkan tubuh yang lelah ke dalam kolam air panasnya.

Banyak yang mengunjungi pemandian air panas setelah lelah menjelajah kota terlebih setelah melakukan kegiatan menantang seperti hiking dan trekking untuk menghilangkan kepenatan.

Selain menawarkan kegiatan menantang, Mamasa juga menyediakan tempat healing seperti pemandian ini lho, lengkap deh!

5. Mengelilingi desa wisata dan melihat keindahan rumah adat khas Mamasa

6 Kegiatan Seru Saat Berkunjung ke Mamasa, Cocok buat Para PetualangDok. Pribadi/Putry Prastiwi

Beralih dari keindahan alamnya, Mamasa juga memiliki desa wisata dengan jejeran rumah adat yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang penasaran. Rumah adat Mamasa disebut banua dengan 5 jenis rumah yang berbeda sesuai strata sosialnya. Ukiran-ukiran di dinding rumah memberi sentuhan elok, bentuk rumah, warna dan ornamen-ornamen memukau bikin gak bisa berhenti memandang lho.

Desa wisata yang paling terkenal di Mamasa adalah Desa Balla Tumuka' dan Desa Buntu Balla. Selain rumah, kuburan tradisional yang disebut Kuburan Tedong-Tedong juga menjadi keunikan tersendiri, yang mana bentuk kuburan seperti kerbau terbuat dari kayu tempat untuk menyimpan mayat. Budayanya kental banget lho!

6. Mengamati ritual adat istiadat warga Mamasa

6 Kegiatan Seru Saat Berkunjung ke Mamasa, Cocok buat Para PetualangDok. Pribadi/Putry Prastiwi

Kalau Toraja punya ritual ma'nene, maka Mamasa punya ritual mangngaro. Mangngaro berarti sedang dikeluarkan. Sama dengan namanya, jasad akan dikeluarkan dari dalam liang dan dibungkus kembali.

Yang berbeda dari ma'nene adalah prosesinya tidak mengharuskan mengganti baju jenazah. Setelah selesai melakukan ritual biasanya akan dilakukan penyembelihan hewan seperti kerbau. Mangngaro ini dilakukan setelah panen padi pada bulan Agustus.

Itulah kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Mamasa, kota dengan keindahan alam dan budaya yang kental. Kapan nih mau berkunjung?

Baca Juga: 9 Potret Memukau Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah, Surganya Divers!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya