Comscore Tracker

5 Kota Ramah di Dunia bagi Muslim Traveler, Gak Susah Cari Masjid!

Urusan makanan halal juga dijual bebas, lho~

Berlibur keluar negeri tentu saja menjadi momentum paling menyenangkan untuk semua orang. Selain karena berbagai pengalaman baru yang didapatkan, namun juga berkesempatan untuk melihat kebudayaan dan masyarakat setempat. Hal tersebut tentu memberikan efek yang membahagiakan bagi kita semua.

Sayangnya, ada beberapa hal yang membuat beberapa orang cukup ragu saat melakukan traveling ke luar negeri khususnya bagi para muslim traveler. Dari mulai persoalan toleransi, sulitnya mencari tempat ibadah untuk menunaikan salat, bahkan untuk mencari olahan halal terkadang sulit didapatkan pada beberapa kota di dunia.

Oleh sebab itu, banyak sekali wisawatan muslim yang menjadi sangat selektif dalam menentukan destinasi wisata saat berkunjung ke luar negeri. 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama melakukan perjalanan berlibur ke luar negeri, para wisatawan muslim perlu mengetahui beberapa kota yang setidaknya cukup ramah sebab terdapat masjid maupun restoran halal di sekitarnya.

Berikut lima daftar kota-kota di dunia yang ramah bagi turis muslim! 

1. Seoul, Korea Selatan

5 Kota Ramah di Dunia bagi Muslim Traveler, Gak Susah Cari Masjid!Unsplash/Saveliy Bobov

Sebagai negara yang akhir-akhir ini sering menjadi destinasi wisata para turis asing, tak heran bila Seoul yang merupakan ibu kota dari Korea Selatan ini dapat menjadi salah satu kota yang cukup ramah bagi para muslim traveler. Selain karena memang kota ini cukup sering dikunjungi oleh banyak wisatawan muslim dari seluruh dunia, namun juga terdapat aplikasi yang dapat membantu para muslim traveler dalam mempermudah liburannya selama di Korea Selatan.

Salah satu contohnya adalah aplikasi bernama Halal Korea yang dapat diunduh dan berfungsi untuk membantu sahabat muslim dalam mencari restoran halal, tempat ibadah, bahkan menentukan kiblat untuk salat. Tentu liburan jadi terasa lebih mudah dan menyenangkan. 

2. Kota Hong Kong, Hong Kong

5 Kota Ramah di Dunia bagi Muslim Traveler, Gak Susah Cari Masjid!Unsplash/Joshua J. Cotten

Kota indah yang satu ini meskipun terletak di negara yang mungil, namun juga dapat dikatakan sebagai kota yang ramah bagi para wisatawan muslim, lho. Selain karena memang ada banyak masyarakat Indonesia yang bekerja maupun berlibur di sana, namun terdapat pula Islamic centre yang memiliki berbagai jenis restoran halal, bahkan masjid yang dapat dikunjungi ataupun digunakan oleh para turis muslim untuk beribadah.

Lokasi ini bertempat di Masjid Ammar dan Osman Ramju Saddick Islamic Centre, Salvation Almy, Wanchai, Hong Kong. Kamu dapat menemukan beragam olahan halal seperti dimsum.

Selain itu, Islamic Centre memiliki madrasah, masjid, kaligrafi, hiasan bernuansa Islam, buku, bahkan selembaran informasi yang berhubungan dengan Islam.

Baca Juga: 10 Tips Traveling Hemat Tanpa Takut Biaya Membengkak, Bikin Bahagia!

3. Amsterdam, Belanda

5 Kota Ramah di Dunia bagi Muslim Traveler, Gak Susah Cari Masjid!Unsplash/jennieramida

Kota yang terkenal akan museum-museum uniknya ini ternyata merupakan salah satu yang cukup ramah bagi para muslim traveler. Tak hanya ramah bagi para wisatawan muslim, kota ini juga dapat dikatakan sebagai destinasi menarik yang dapat dikunjungi oleh para masyarakat Indonesia.

Hal itu karena terdapat cukup banyak restoran yang menjajakan makanan khas Indonesia yang membuatmu merasa seperti sedang berada di kampung halaman sendiri. Sebut saja seperti Restoran Nur Kebab (Javastraat 109), Curry Express (Spuistraat 50), Malaysia WAU (Zeedijk 35), dan lain sebagainya.

Berbagai restoran khas nusantara dan halal tersebut tentu akan membantu para turis muslim untuk menikmati liburannya dengan lebih maksimal. 

4. Perth, Australia

5 Kota Ramah di Dunia bagi Muslim Traveler, Gak Susah Cari Masjid!Unsplash/Josh Spires - dronenr

Salah satu kota populer di negeri kanguru ini dapat menjadi rekomendasi terbaik bagi para muslim traveler yang ingin menghabiskan waktu liburan di sana. Ada beragam fasilitas lengkap untuk beribadah bagi para turis muslim dari mulai ruangan bernama quite room yang merupakan ruangan khusus lintas agama untuk beribadah, tepatnya berada di lantai dasar Terminal 1 Internasional Bandara Perth, dekat titik kedatangan.

Selain itu, ada puluhan masjid yang berada di Perth, salah satunya adalah Perth Mosque yang berada di 427 William St, Perth WA 6000, Australia. Masjid tersebut merupakan masjid terbesar yang berada di lokasi strategis untuk tempat wisata maupun restoran.

Perihal makanan halal tidak perlu khawatir sebab di Perth terdapat Twilight Hawkers Market yang merupakan tempat jajanan dari berbagai makanan di dunia dan berlangsung setiap pukul 16.00 jumat malam. Kamu dapat menemukan berbagai makanan halal dengan mudah di sana.

5. Kota Singapura, Singapura

5 Kota Ramah di Dunia bagi Muslim Traveler, Gak Susah Cari Masjid!Unsplash/Hu Chen

Bagi para wisatawan muslim yang baru pertama kali merasakan liburan ke luar negeri, tak ada salahnya memilih Singapura sebagai destinasi pertama yang cukup menarik. Meski bukan negara dengan mayoritas Muslim seperti Indonesia, namun Singapura merupakan negera multikultural yang memiliki beragam ras dan agama di dalamnya.

Tentu saja urusan toleransi merupakan hal yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Terdapat beberapa lokasi yang cukup ramah bagi para turis muslim, sebut saja seperti Kampong Glam. Di sana terdapat pula Masjid Sultan dan restoran-restoran yang menawarkan beragam jenis makanan halal di sekitarnya. Oleh sebab itu, tidak perlu bingung untuk mencari masjid maupun restoran halal ketika berkunjung ke negeri tetangga kita ini. 

Nah, 5 kota di atas dapat menjadi referensi menarik bagi para wisatawan muslim  yang ingin melakukan liburan ke luar negeri tanpa perlu khawatir untuk mencari rumah ibadah maupun restoran halal. Jadi, tertarik berkunjung ke mana dulu nih? 

Baca Juga: Dibutuhkan Mendadak, 5 Benda Sepele Ini Penting Dibawa Saat Traveling

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya