Comscore Tracker

5 Rahasia Maskapai Penerbangan yang Jarang Diketahui Penumpang 

Nomor berapa yang baru kamu tahu?

Pesawat menjadi salah satu transportasi favorit banyak orang untuk bepergian jauh. Selain itu, pesawat juga memberikan pengalaman dan sensasi yang berbeda.

Apalagi saat kita memesan kelas pesawat dengan fasilitas yang nyaman. Namun, di balik pengalaman dan kenyamanan tersebut, ada beberapa rahasia maskapai yang gak diketahui banyak orang. 

Mulai dari soal pintu toilet hingga bahan bakar pesawat. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa rahasia maskapai penerbangan yang jarang diketahui penumpang. 

1. Toilet pesawat gak dikunci

5 Rahasia Maskapai Penerbangan yang Jarang Diketahui Penumpang Ilustrasi tanda toilet di dalam pesawat (tiktok.com/masmasudara)

Meski ada keterangan terkunci, sebenarnya toilet pesawat gak benar-benar terkunci, lho. Hal ini berfungsi untuk berjaga-jaga jika ada yang gak bisa membuka dari dalam, maka bisa dibukakan dari luar. 

Namun, kamu gak perlu khawatir, karena ada tanda lock berwarna merah jika toilet sedang digunakan. Selain itu, ada tanda warna biru atau hijau saat toilet sedang kosong.

2. Durasi masker oksigen

5 Rahasia Maskapai Penerbangan yang Jarang Diketahui Penumpang Ilustrasi masker oksigen (unsplash.com/mockupgraphics)

Masker oksigen biasanya akan keluar saat kondisi darurat. Fungsinya untuk memberikan oksigen guna mencegah hal yang gak diinginkan. Ternyata masker oksigen ini hanya bertahan 15 menit. 

3. Perlengkapan tidur jarang dicuci

5 Rahasia Maskapai Penerbangan yang Jarang Diketahui Penumpang Ilustrasi selimut (unsplash.com/melpoole)

Untuk pesawat kelas tertentu, para penumpang akan difasilitasi selimut dan bantal. Biasanya diberikan saat masih dibungkus dalam plastik dan masih wangi.

Namun, ternyata perlengkapan tidur tersebut jarang dicuci, kecuali saat selimut atau bantal terkena noda dan sudah bau. 

Baca Juga: Mengejutkan, Ini 5 Rahasia Pramugari Pesawat yang Jarang Orang Tahu!

4. Ukuran kursi pesawat semakin mengecil

5 Rahasia Maskapai Penerbangan yang Jarang Diketahui Penumpang Ilustrasi kursi pesawat (unsplash.com/anspchee)

Mungkin kamu sering bepergian dengan pesawat, tetapi gak menyadari kalau kursi pesawat semakin menyusut atau mengecil. Hal ini terjadi sejak deregulasi industri pada 1970-an.

Ruang kaki yang ada di pesawat berubah dari 35 inci menjadi 31 inci. Ini dilakukan supaya bisa menambah jumlah kursi pesawat dan menampung lebih banyak penumpang. 

5. Bahan bakar pesawat

5 Rahasia Maskapai Penerbangan yang Jarang Diketahui Penumpang Ilustrasi pesawat (unsplash.com/snowjam)

Ukuran pesawat yang besar mungkin membuat banyak orang bertanya-tanya soal jumlah bahan bakarnya. Namun faktanya, bahan bakar pesawat gak sebanyak yang kita kira. 

Sebelum terbang, petugas menghitung dulu bahan bakar yang dibutuhkan. Jadi, biasanya pesawat gak terbang dengan tangki penuh.  

Itu dia beberapa rahasia maskapai penerbangan yang jarang penumpang ketahui. Tentunya hal-hal tersebut menjadi salah satu faktor keamanan dalam penerbangan. Jadi, rahasia nomor berapa yang baru kamu tahu? 

Baca Juga: 5 Cara Memesan Makanan di Pesawat Terbang, Bisa Request Lho!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya