Comscore Tracker

10 Tips Road Trip dengan Campervan, Bikin Perjalananmu Lebih Nyaman

Ternyata butuh perencanaan yang matang, gak asal jalan

Road trip menggunakan campervan merupakan salah satu cara liburan seru sambil menikmati keindahan alam terbuka. Menyetir selama berjam-jam dan berada di tempat terpencil menjadi tantangan tersendiri. Namun, cocok untuk kamu yang suka bertualang dan ingin bersantai di alam terbuka.

Sebelum melakukan perjalanan menggunakan campervan, ada sejumlah tips yang dapat kamu lakukan. Supaya perjalananmu nyaman dan perencanaanmu semakin matang, berikut tips road trip menggunakan campervan seperti yang dikutip dari buku Backpackneymoon karya Susan Natalia Poskitt.

1. Pilih campervan sesuai dengan kebutuhan

10 Tips Road Trip dengan Campervan, Bikin Perjalananmu Lebih Nyamanilustrasi berwisata menggunakan campervan (unsplash.com/stoneunknown)

Apa kamu sudah memutuskan berapa jumlah orang yang akan ikut dalam perjalanan menggunakan mobil campervan? Kini, saatnya kamu memilih campervan yang nyaman dan tentunya tidak berdesak-desakan. Karena, biasanya perjalanan menggunakan campervan merupakan perjalanan panjang.

Kamu juga patut menyesuaikan dengan bujet, apakah butuh campervan yang dilengkapi dapur dan toilet, atau cukup yang sederhana saja. Jenis yang umum digunakan, yakni campervan dan motorhome.

Campervan umumnya digunakan untuk wisata camping singkat, sedangkan motorhome lebih cocok untuk jangka waktu lama. Meski campervan ukurannya lebih kecil, tapi fasilitasnya beragam, mulai dasar hingga komplet juga bisa.

Jika menyewa kendaraan, kamu dapat meminta rekomendasi dari penyedia. Namun, gak menutup kemungkinan kamu mengubah mobil penumpang umumnya menjadi campervan.

2. Buatlah perencanaan yang baik

10 Tips Road Trip dengan Campervan, Bikin Perjalananmu Lebih Nyamanilustrasi rencana perjalanan (pexels.com/ekrulila)

Kamu memerlukan perencanaan yang matang sebelum memutuskan melakukan perjalanan dengan campervan. Seperti memiliki daftar tempat mana saja yang akan dikunjungi, menentukan rute, dan memastikan ketersediaan tempat.

Jika sedang peak season atau bahkan weekend, camping ground biasanya sudah mulai terisi sejak siang hari. Kamu memerlukan sejumlah tempat alternatif yang dapat digunakan sebagai camping spot, syukur-syukur ada yang gratis. Kamu juga dapat melakukan reservasi terlebih dahulu jika gak mau kehabisan tempat.

Selain itu, kamu perlu mengecek lokasi pengisian bensin, supaya tidak sampai kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan. Apalagi jika tempat yang kamu tuju berada di daerah terpencil dan jauh dari pemukiman.

3. Berhemat dengan memasak

10 Tips Road Trip dengan Campervan, Bikin Perjalananmu Lebih Nyamanilustrasi memasak di alam terbuka (unsplash.com/girasolmom)

Keuntungan dari perjalanan menggunakan campervan adalah bisa menghemat biaya makan dengan memasak sendiri. Kamu tidak perlu selalu makan di warung, kafe, atau restoran. Kamu dapat berbelanja, sayur, buah, atau kebutuhan makan dan minum lainnya.

Apalagi kalau ada kulkas mini di dalam campervan, kita tidak perlu berbelanja setiap hari. Namun, kamu harus dapat memilih dengan baik mana bahan makanan yang cepat rusak dan mana yang bisa bertahan lebih lama. Bila perlu, kamu dapat membuat daftar belanjaan untuk memudahkanmu membeli sesuai kebutuhan.

4. Ikuti aturan yang berlaku

10 Tips Road Trip dengan Campervan, Bikin Perjalananmu Lebih Nyamanilustrasi parkir mobil biasa dan campervan yang terpisah (unsplash.com/andersn)

Walaupun campervan merupakan moda transportasi yang umum bagi para backpacker di beberapa negara, ada beberapa aturan yang harus kamu pahami. Salah satunya, campervan tidak bisa parkir di mana saja.

Akan banyak picnic spot yang memasang rambu larangan parkir atau menginap bagi campervan. Jangan coba-coba melanggar larangan itu atau kamu akan kena penalti.

Di Australia dan Selandia Baru, banyak ranger berkeliaran memastikan para pengendara campervan tidak parkir sembarangan. Selain itu, jangan mengotori camping spot dengan meninggalkan sampah.

5. Pelajari driving culturenya

10 Tips Road Trip dengan Campervan, Bikin Perjalananmu Lebih Nyamanilustrasi menyetir (unsplash.com/rawanyasser)

Meskipun bisa mengendarai mobil, kadang ada beberapa hal yang berbeda dalam mengendarai campervan, apalagi yang ukurannya lebih besar. Sebelum memulai perjalanan, pastikan sudah terbiasa dengan mekanisme campervan.

Jika ragu, kamu dapat menyewa campervan yang biasanya sudah termasuk sopir yang mengantarkanmu sampai tujuan. Jangan lupa untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan.

Jika kamu melakukan perjalanan jauh dari luar kota atau bahkan luar negeri, jangan langsung melakukan perjalanan menggunakan campervan. Apalagi kalau baru saja mendarat, agar terhindar dari efek jetlag dan kelelahan saat mengemudi.

6. Siapkan peta

10 Tips Road Trip dengan Campervan, Bikin Perjalananmu Lebih Nyamanilustrasi menggunakan peta (unsplash.com/tabeaschimpf)

Meskipun ide "get lost" sepertinya menarik saat road trip, ada baiknya siapkan peta, baik yang digital maupun yang sudah dicetak. Peta online kadang tidak selalu aktual, kadang juga tidak ada jaringan internet di tempat terpencil. Jadi peta lokal bisa melengkapi.

Kamu juga dapat memperkirakan kondisi medan sebelum berangkat. Selain itu, sejumlah peta online dapat diunduh, kemudian digunakan tanpa jaringan internet.

Di Australia, aplikasi WikiCamps dan buku panduan Camps sangat membantu untuk menemukan tempat berkemah yang bagus, gratis, dan menarik.

Baca Juga: 10 Negara Terbaik untuk Dijadikan Destinasi Wisata dengan Campervan

7. Siapkan aksesoris sendiri sesuai kebutuhan

10 Tips Road Trip dengan Campervan, Bikin Perjalananmu Lebih Nyamanilustrasi menggunakan gadget di dalam campervan (pexels.com/thirdman)

Selain untuk kebutuhan makan, kamu tentu gak ingin perjalananmu membosankan, kan? Kamu dapat menyiapkan adaptor yang mampu mengisi baterai saat mobil sedang berjalan. Ini cocok banget untuk kamu yang gak bisa lepas dari gadget.

Bila perlu, bawa pula kabel yang bisa menghubungkan gadget musik ke sistem stereo yang ada di mobil. Tujuannya supaya selama perjalanan bisa menikmati musik-musik pilihan sendiri. Sedangkan, kamu yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan, bisa membawa kursi portabel atau aksesoris lainnya.

8. Perhatikan cuaca dan peringatan kondisi jalan

10 Tips Road Trip dengan Campervan, Bikin Perjalananmu Lebih Nyamanilustrasi prakiraan cuaca (unsplash.com/gavla)

Kamu perlu sering-sering melihat prakiraan cuaca, sebelum dan selama perjalanan menggunakan campervan. Kamu dapat melihatnya dengan mudah melalui aplikasi atau browser di ponselmu.

Ini penting banget untuk kamu yang melalui daerah rawan bencana, seperti banjir atau tanah longsor.

Berbeda lagi kalau di luar negeri dengan tiga atau empat musim. Kamu perlu menyesuaikan musim yang bikin kamu nyaman selama perjalanan.

Namun, jika ingin mencoba saat musim dingin, black ice jadi musuh paling berbahaya karena membuat jalanan licin, tetapi sulit dilihat karena warnanya transparan dan berbaur dengan warna aspal.

Kamu juga perlu memerhatikan kondisi jalan. Biasanya di daerah yang jauh dari perkotaan, aksesibilitasnya  kurang memadai. Beberapa di antaranya sulit dilalui saat hujan atau setelah diguyur hujan. 

9. Selalu awas terhadap binatang yang berkeliaran

10 Tips Road Trip dengan Campervan, Bikin Perjalananmu Lebih Nyamanilustrasi impala menyeberang jalan (unsplash.com/bullterriere)

Kalau kamu melakukan perjalanan di alam terbuka, perlu waspada dengan adanya binatang liar. Bisa saja binatang tersebut tiba-tiba menyeberang jalan dan dapat membahayakanmu.

Selain saat berkendara, binatang liar bisa saja ada di sekitar tempat yang kamu pilih untuk camping. Seperti di Australia, usahakan jangan berkendara saat matahari sudah terbenam, karena itu saatnya kanguru dan binatang malam lainnya berkeliaran di jalan raya.

Jika terpaksa mengemudi pada malam hari, jaga kecepatan agar tidak menabrak binatang dan malah mengakibatkan kerusakan parah pada kendaraan yang disewa.

Sedangkan di Belgia, terutama wilayah Flnaders Barat merupakan daerah pertanian. Kamu dapat menemukan rambu yang menunjukan untuk waspada terhadap sapi yang berkeliaran.

10. Siap keluar dari jalur dan mengambil keputusan secara spontan

10 Tips Road Trip dengan Campervan, Bikin Perjalananmu Lebih Nyamanilustrasi menemukan spot menarik (unsplash.com/mero_dnt)

Kalau kamu memiliki campervan sendiri, tentunya fleksibilitasnya lebih baik untuk menjangkau tempat-tempat terpencil. Siapa tahu, kamu menemukan hidden gem yang bikin terpukau. Mungkin aksesnya cukup sulit, tapi sepadan dengan yang kamu dapatkan.

Oleh karena itu, jangan takut belok ke jalanan kecil jika melihat petunjuk mengenai tempat menarik yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Justru dari keputusan spontan tersebut biasanya tercipta momen-momen yang tak terlupakan.

Di balik perjalanan menyenangkan menggunakan campervan, ternyata perlu persiapan yang matang dan banyak hal yang patut diperhatikan. Namun, untuk short escape menggunakan campervan, kamu bisa menyewa sekaligus memesan tempat untuk camping. Hal ini lebih aman dan ramah untuk pemula.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Spot Campervan di Malang, Pemandangannya Keren Banget!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya