Comscore Tracker

5 Tips Penting Agar Bujet Traveling Tepat Sasaran, Catat Ya!

Supaya kantongmu gak cepat jebol

Momen traveling sangat ditunggu-tunggu bagi mereka yang punya hobi bepergian, baik dalam negeri maupun luar negeri. Nah, hobi traveling ini juga tak jauh-jauh dari urusan uang alias bujet untuk traveling. Nah, permasalahan yang sering dialami traveler soal bujet ini adalah perihal tidak tepatnya sasaran bujet.

Maksudnya, bujet yang sudah kamu siapkan dan rencanakan ternyata meleset dari yang apa sudah diperkirakan, sehingga pengeluaranmu lebih banyak dari yang seharusnya. Oleh karena itu, berikut lima tips penting agar bujet travelingmu tepat sasaran. Yuk kita simak!

1. Rencanakan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan

5 Tips Penting Agar Bujet Traveling Tepat Sasaran, Catat Ya!pexels.com/pixabay

Memang, sebelum berangkat traveling kamu pasti sudah merencanakan dan mempersiapkannya terlebih dahulu. Tapi, rencana dan persiapan seperti apa yang kamu lakukan, khususnya mengenai bujet traveling ini?

Solusi yang tepat agar kamu tidak melakukan kesalahan adalah dengan mempersiapkannya jauh-jauh hari. Rencana yang dipersiapkan jauh-jauh hari saja masih belum tentu berjalan sesuai keinginan apalagi kalau kamu tidak mempersiapkannya baik-baik alias tiba-tiba. Ini adalah tips paling dasar yang harus kamu ingat ya.

2. Masukkan biaya tak terduga dalam bujet travelingmu

5 Tips Penting Agar Bujet Traveling Tepat Sasaran, Catat Ya!pexels.com/Porapak Apichodilok

Ya, salah satu cara efektif agar bujet travelingmu tepat sasaran adalah dengan memasukkan biaya yang tidak terpikirkan atau tidak terduga dalam daftar bujetmu. Artinya, kamu telah memperkirakan dan menghitung biaya tak terduga tersebut, sehingga bila ternyata ada pengeluaran tambahan selama traveling, kamu tidak akan kewalahan dan dibuat pusing karenanya.

Selain itu, dengan memikirkan biaya tak terduga ini lebih dulu sebelum berangkat, kamu akan meminimalisir hal-hal yang mungkin kamu anggap dapat membuat pengeluaran melebihi yang direncanakan. Intinya sih, kamu harus antisipasi dahulu nih sebelum berangkat traveling.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Traveling Jadi Berantakan Lho

3. Diskusikan dengan orang yang lebih berpengalaman

5 Tips Penting Agar Bujet Traveling Tepat Sasaran, Catat Ya!pexels.com/Helena Lopes

Kalau kata pepatah nih, "pengalaman adalah guru terbaik" sehingga dalam hal ini, bertanya pada orang yang berpengalaman adalah cara yang tepat agar bujet travelingmu tepat sasaran. Diskusikan pada orang-orang yang sudah sering bepergian atau pada orang yang punya pengalaman terkait rencana traveling yang akan kamu lakukan. Dengan begitu, kamu sudah punya gambaran besar tentang rencana travelingmu termasuk untuk urusan bujet.

4. Pisahkan antara keinginan pribadi dengan bujet traveling

5 Tips Penting Agar Bujet Traveling Tepat Sasaran, Catat Ya!pexels.com/Maria Tyutina

Jangan lupa, rencana jauh-jauh hari sebelum traveling juga bisa meleset lho. Banyak godaan yang bisa bikin bujet travelingmu melesat dari perkiraan misalnya karena keinginan pribadi.

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan ya guys, dimana kebutuhan pribadi ini sifatnya mendesak dan sulit ditunda berbeda dengan keinginan pribadi. Oleh karena itu, sebelum mengeluarkan uang untuk keinginan pribadi yang tidak terlalu kamu butuhkan, pikirkan dulu soal bujet travelingmu ya!

5. Berpikir dengan tenang dan logis

5 Tips Penting Agar Bujet Traveling Tepat Sasaran, Catat Ya!pexel.com /João Jesus

Seringkali, melesetnya bujet traveling yang telah direncanakan adalah akibat dari sikap terburu-buru dan menggebu-gebu. Ya, mungkin saja karena terlalu bersemangat dengan rencana traveling sehingga tidak dapat memperhitungkan dengan tepat berapa bujet traveling yang diperlukan. Jadi, walaupun bersemangat usahakan tetap tenang dan berpikir logis ya agar rencana travelingmu lebih berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

Jadi, itulah kelima tips penting agar bujet traveling tepat sesuai sasaran. Semoga perjalananmu menyenangkan ya!

Baca Juga: 5 Tips Penting agar Kamu Tetap Produktif Selama Traveling

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You