Comscore Tracker

8 Tips Packing untuk Liburan, Praktis dan Efisien!

Yuk, intip tipsnya biar enggak repot saat liburan

Mengemas barang bawaan sebelum travelling atau liburan bisa menjadi pekerjaan rumah bagi sebagian orang. Entah karena mereka bingung sendiri harus menata barang bawaan dengan cara apa, tas yang dirasa terlalu kecil, hingga barang bawaan yang dirasa terlalu banyak.

Masalah-masalah tadi memang tidak bisa dihindari bagi beberapa orang yang akan melakukan travelling apalagi di musim liburan seperti saat ini. Nah, biar enggak repot sendiri saat mengemas barang bawaan selama liburan, kalian perlu memerhatikan delapan hal ini sebelum packing. Dijamin bermanfaat banget!

1. Membuat list barang bawaan selama liburan

8 Tips Packing untuk Liburan, Praktis dan Efisien!unsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Hal yang paling pertama harus kalian lakukan adalah membuat list tentang barang-barang apa saja yang kalian perlukan selama liburan. Di sini kalian benar-benar bisa berpikir tentang barang apa saja yang akan dibawa selama perjalanan dan barang apa saja yang sebaiknya ditinggal di rumah.

Hal ini juga akan berguna saat kalian akan mengemasi barang kalian lagi setelah liburan usai. Kalian bisa memastikan barang-barang tadi tidak ada yang tertinggal di tempat penginapan atau rumah sanak saudara karena kalian sudah memiliki list-nya.

2. Pilih tas sesuai perjalanan liburan kalian

8 Tips Packing untuk Liburan, Praktis dan Efisien!unsplash.com/Brandless

Hal yang satu ini suka jadi perdebatan batin seseorang yang akan mengemasi barang bawaannya selama liburan. Kadang pemilihan tas pun suka membuat seseorang dilema. Tas terlalu kecil tidak mampu menampung banyak barang bawaan, sedangkan tas besar justru merepotkan mobilisasi ke tempat penginapan.

Nah, maka dari itu sebelum kalian memutuskan tas mana yang akan digunakan, kalian juga harus mempertimbangkan beberapa hal seperti tujuan, durasi, dan berapa banyak kapasitas yang dibutuhkan untuk mengemas barang bawaan kalian.

Koper adalah pilihan terbaik, jika kalian tidak perpindah-pindah tempat penginapan. Namun jika kalian merencanakan hal sebaliknya, ransel adalah pilihan yang tepat karena bisa mempermudah mobilisasi kalian dan pergerakan pun menjadi lebih mudah. 

3. Manfaatkan efisiensi ruang dalam tas atau koper

8 Tips Packing untuk Liburan, Praktis dan Efisien!unsplash.com/Brandless

Efisiensi ruang dalam tas saat packing sangat diperlukan. Misalnya, saat memasukkan baju ke dalam tas, kalian bisa menggulungnya agar bisa menghemat space dalam tas kalian. Kalian juga bisa menggulung celana, t-shirt, pakaian dalam, dan kaus kaki menjadi satu dengan beberapa trik agar bisa menciptakan space di tas kalian.

Nah, dead spot atau ruang kosong di sela-sela tas akan ditemukan ketika kalian menyusun barang bawaan ke dalam tas atau koper. Ruang kosong tadi bisa kalian manfaatkan dengan menaruh peralatan mandi seperti sabun, sikat gigi, dan lain-lain agar ruang kosong yang punya space 'nanggung' tadi bisa dimanfaatkan dengan baik. 

4. Siapkan kantung vakum

8 Tips Packing untuk Liburan, Praktis dan Efisien!unsplash.com/Anete Lusina

Ada cara lain dalam menghemat ruang dalam tas kalian yaitu dengan menyiapkan vacuum bag. Saat ini, kantung vakum sangat mudah ditemukan di online shop atau toko-toko yang menjual peralatan travelling.

Cara kerja vacuum bag ini sangatlah mudah. Kalian hanya tinggal menaruh baju-baju yang akan dibawa ke dalam kantung vakum tadi, di mana nantinya udara di dalam kantung vakum akan ditarik keluar dengan mesin vakum agar baju-baju tadi bisa 'mengempis'.

Model lain dari kantung vakum yang lain adalah tidak memerlukan mesin vakum untuk menyedot udara dalam kantung vakum keluar. Kalian hanya tinggal menekan-nekan kantung vakum tersebut hingga mengempis.

Baca Juga: 5 Trik Packing Alat Mandi, Cocok Buat Kamu yang Suka Traveling

5. Bawa pakaian yang multi fungsi dan mudah dipadu padankan

8 Tips Packing untuk Liburan, Praktis dan Efisien!pixabay.com/Free-Photos

Kalian pasti ingin tetap tampil stylish saat pergi berlibur, kan? Nah, saat memikirkan hal itu kalian pasti akan dibuat dilema karena rasanya ingin membawa semua koleksi baju kalian berlibur bersama.

Ada tips agar kalian tak perlu membawa banyak baju saat liburan, tapi tetap bisa tampil stylist, yaitu dengan membawa pakaian berwarna netral agar mudah dipadu padankan. Selain itu, kamu juga bisa membawa pakaian yang multi fungsi seperti kemeja flanel yang nantinya bisa dijadikan atasan sekaligus outer.

Jika kalian ingin membawa mini dress agar tampilan tetap feminin, pilihlah mini dress dengan bahan yang tidak mudah kusut. Kalaupun tidak ada, hal ini bisa diakali dengan melapisi mini dress tadi dengan kertas koran sebelum dimasukkan ke dalam tas. Mudah, kan?

6. Hindari membawa barang berat, ya!

8 Tips Packing untuk Liburan, Praktis dan Efisien!unsplash.com/Matthew T Rader

Nah, ini adalah salah satu hal yang perlu kalian perhatikan sekaligus kalian hindari. Jika kalian terpaksa harus membawa barang berat seperti mantel tebal, jaket, atau sepatu yang cukup memakan ruang dalam tas atau koper kalian, ada baiknya jika barang-barang tadi kalian gunakan saat berangkat dan pulang liburan saja.

Hal ini dapat membantu mengurangi beban bawaan kamu. Terlebih jika kalian tidak mau membayar bagasi tambahan dalam pesawat.

7. Letakkan barang esensial di tumpukan paling atas

8 Tips Packing untuk Liburan, Praktis dan Efisien!unsplash.com/Alice Donovan Rouse

Prinsip ini biasanya berlaku pada kalian yang memutuskan untuk menggunakan ransel saat membawa barang yang diperlukan saat liburan. Hal yang berlaku dalam prinsip ini adalah barang harus ditumpuk agar ruang dalam ransel bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Ketika menumpuk barang, pastikan jika keperluan harian yang akan dipakai terlebih dahulu harus ditaruh di tumpukan paling atas dan susunan barang di paling bawah bisa digunakan untuk barang-barang yang akan dipakai pada hari terakhir liburan. Hal ini dilakukan untuk menghindari 'pembongkaran tiba-tiba' ketika hendak mengambil barang yang diperlukan.

Sebagai contoh, barang-barang esensial yang bisa kalian letakkan di tumpukan paling atas adalah adaptor universal atau power bank.

8. Penting, jangan lupakan travel size toiletries

8 Tips Packing untuk Liburan, Praktis dan Efisien!www.walgreens.com

Saat ini banyak produk kecantikan yang menawarkan travel size kepada para konsumennya. Hal ini dilakukan untuk membantu para konsumennya agar tetap bisa menggunakan produk kecantikan miliknya di mana saja, tanpa perlu repot dengan ukuran packaging yang terlalu besar.

Membeli produk kecantikan dalam bentuk travel size bagi kalian yang ingin berlibur adalah pilihan yang baik. Jika kalian tidak ingin mengeluarkan uang lagi untuk membeli produk kecantikan travel size, kalian bisa memanfaatkan botol-botol travel size yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran untuk diisi oleh produk kecantikan yang diperlukan agar barang bawaan lainnya bisa dibawa dengan lebih efisien.

Itulah delapan hal yang harus kalian perhatikan saat mengemas barang bawaan ketika hendak pergi berlibur. Terbukti, jika packing tidak bisa dilakukan sembarangan. Packing juga memerlukan perhitungan yang tepat agar selama melakukan perjalanan kalian tidak akan bertemu dengan kasus overweight.

Selamat berlibur!

Baca Juga: 6 Cara Mudah Packing Koper Buat Kamu yang Hobi Travelling, Praktis!

Ines Sela Melia Suseno Photo Verified Writer Ines Sela Melia Suseno

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya