Comscore Tracker

5 Tips Jalan-jalan ke Kuang Si Falls, Air Terjun Paling Hits di Laos

Airnya berwarna turquoise yang cantik!

Sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki garis pantai, bukan berarti Laos tak menarik dikunjungi. Keberadaan sebuah air terjun yang sangat hits seantero pelancong dunia menjadi magnet wisata tersendiri bagi Negeri Seribu Gajah ini.

Bernama Kuang Si Falls yang terletak 30 kilometer di selatan kota Luang Prabang, kamu bakal dimanjakan dengan pesona air terjun bertingkat berwarna hijau kebiru-biruan. Nah, sebelum jalan-jalan ke air terjun kece tersebut, simak dulu tips berikut!

1. Untuk mencapai Kuang Si Falls, kamu bisa menyewa tuk-tuk atau mini van

5 Tips Jalan-jalan ke Kuang Si Falls, Air Terjun Paling Hits di Laosinstagram.com/msk.28329

Wisatawan yang hendak ke Kuang Si Falls biasanya akan start dari kota Luang Prabang. Biar gak ribet, kamu bisa patungan dengan teman seperjalanan untuk menyewa tuk-tuk atau mini van. Ongkos sewa tuk-tuk sekitar 200 ribu Kip per kendaraan. Sedangkan mini van sekitar 40 ribu Kip per penumpang.

Tapi, baik tuk-tuk maupun mini van ada jadwal pick up tertentu dan kamu cuma diberi waktu maksimal 2 jam untuk mengeksplorasi Kuang Si.

Jadwal pick up di penginapan biasanya antara jam 09.30, 11.30 dan 12.30 waktu setempat.

2. Kalau pengin terasa adventure-nya, kamu bisa sewa motor

5 Tips Jalan-jalan ke Kuang Si Falls, Air Terjun Paling Hits di Laosinstagram.com/pixfolder

Menyewa motor bisa jadi alternatif ke Kuang Si Falls kalau kamu cuma pergi berdua dengan travelmate. Kamu gak perlu menunggu untuk pick up setiap penumpang sehingga bakal lebih cepat sampai ke lokasi. Selain itu, kamu bisa menjelajah Kuang Si Falls sepuasnya karena jam berkunjung kamu gak dibatasi.

Tarif sewa motor di Luang Prabang sekitar 80 ribu-100 ribu Kip per hari. Cocok banget buat kamu yang pengin fleksibel ke sana kemari setelah puas mengunjungi Kuang Si Falls.

Baca Juga: 5 Hal Terlarang yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Berlibur ke Laos 

3. Luangkan waktu setidaknya setengah hari di air terjun Kuang Si

5 Tips Jalan-jalan ke Kuang Si Falls, Air Terjun Paling Hits di Laosinstagram.com/aga_trvl

Kenapa harus berlama-lama di Kuang Si Falls? Pasalnya, spot air terjun di kawasan ini ada di beberapa titik. Dari yang paling dekat dengan pintu masuk hingga yang terletak di atas bukit.

Nah, spot air terjun yang paling terkenal dan pantang banget kamu lewatkan ada di atas bukit tersebut. Kamu butuh trekking kurang lebih selama 15 menit dengan jalur sedikit menanjak. Tapi, jangan khawatir kelelahan. Sebab suasana hutannya asyik banget buat trekking. Sejuk! Kamu pasti gak bakal merasa capek sama sekali.

4. Bawa baju ganti, ya

5 Tips Jalan-jalan ke Kuang Si Falls, Air Terjun Paling Hits di Laosinstagram.com/wanderinghowards

Meskipun ada salah satu spot air terjun yang dianggap suci sehingga gak boleh untuk berenang, tapi ada spot air terjun lain yang mengizinkan pengunjung untuk main air sepuasnya. Kamu bisa berenang atau sekadar berkecipak-kecipuk di tepian sungainya. Karena itulah wajib banget buat bawa baju ganti kalau datang ke Kuang Si Falls.

5. Siapkan kamera terbaikmu untuk mengabadikan kecantikan Kuang Si Falls

5 Tips Jalan-jalan ke Kuang Si Falls, Air Terjun Paling Hits di Laosinstagram.com/thesarmz

Terkenal dengan warna airnya yang hijau kebiru-biruan, Kuang Si Falls memang menjadi lokasi favorit wisatawan untuk berswafoto. Berpadu dengan beberapa batu besar di bawah air terjun, membuat Kuang Si Falls makin eksotis. Ditambah lagi adanya jembatan kayu di sekitar area air terjun.

Yang gak boleh ketinggalan, kamu bisa mencoba naik rakit bambu untuk menyusuri sungai dari aliran air terjun Kuang Si. Rakit bambu ini bisa menampung hingga 6 orang penumpang.

Nah, itulah beberapa tips penting buat kamu yang sudah menjadikan Kuang Si Falls di Laos sebagai bucket list kamu tahun ini. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 7 Perjuangan Demi Menikmati Keindahan Air Terjun Waimarang, Sumba

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya