Comscore Tracker

5 Manfaat Miliki Hobi Traveling, Tak Hanya Baik untuk Fisik!

Perluas pengalaman dan wawasan dengan traveling

Saat ini, salah satu yang menjadi hobi banyak orang adalah traveling. Saat pandemik, kita diperintahkan untuk di rumah saja tidak boleh keluar rumah karena meminimalisir mobilitas supaya terhindar dari virus. Kini semua orang yang mempunyai hobi traveling sudah bisa bepergian ke mana pun.

Kabar ini membawa angin segar bagi mereka yang sudah rindu perjalanan. Mulai dari traveling  yang lokal sampai luar negeri, sesuai selera masing-masing. Kali ini kami telah merangkum beberapa manfaat yang didapatkan jika memiliki hobi traveling. Yuk, simak penjelasannya.

1. Mengurangi stres

5 Manfaat Miliki Hobi Traveling, Tak Hanya Baik untuk Fisik!ilustrasi perjalanan (unsplash.com/Dino Reichmuth)

Dari sekian banyaknya manfaat yang didapat, mengurangi stres merupakan alasan yang paling banyak dijadikan tujuan. Masalah yang menekan hidupmu akan hilang seketika saat bepergian ke tempat baru.

Para traveler beranggapan, dengan mengunjungi tempat baru makan pikiran yang sebelumnya dipenuhi tekanan akan mereda dengan sendirinya. Karena pikiran menjadi teralihkan dari yang memikirkan masalah menjadi memikirkan perasaan senang yang sedang dirasakan.

2. Menambah relasi

5 Manfaat Miliki Hobi Traveling, Tak Hanya Baik untuk Fisik!ilustrasi teman baru (unsplash.com/Felix Rostig)

Ketika melakukan perjalanan traveling, akan sangat mungkin kamu bertemu dan berkenalan dengan orang baru. Dari obrolan yang ringan hingga terus-menerus, jika kamu merasa cocok dan nyaman berinteraksi dengannya kamu bisa menjadikannya sebagai teman. 

Dari komunikasi yang intens saat perjalanan travelling, kedekatan bisa terjalin ke jenjang yang lebih lanjut seperti berteman atau sahabat traveling. Oleh karena itu, peluang menjalin relasi yang baik memiliki manfaat yang banyak.

Baca Juga: Suka Jalan-Jalan, Ini 5 Zodiak Yang Punya Hobi Traveling

3. Mengasah kemampuan komunikasi

5 Manfaat Miliki Hobi Traveling, Tak Hanya Baik untuk Fisik!ilustrasi bertanya (unsplash.com/Anna Vender Stel)

Di tempat yang baru kamu kunjungi terkdang kamu juga butuh untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Misalnya ketika kamu harus menanyakan arah atau hal lain yang tidak kamu ketahui di tempat baru.

Bagi yang belum terbiasa akan canggung melakukannya. Anggaplah saja, ini merupakan sebuah latihan. Lakukanlah dengan santai dan penuh sopan santun saat berbicara. 

4. Berwawasan luas

5 Manfaat Miliki Hobi Traveling, Tak Hanya Baik untuk Fisik!ilustrasi pria travelling (unsplash.com/JESHOOTS. COM)

Orang yang hobi traveling, ia sering mengunjungi temapt-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Di tempat baru, traveler akan menemukan banyak sekali perbedaan, seperti tradisi, budaya, maupun yang lainnya.

Seringnya menemui hal-hal baru akan menjadikan seseorang mempunyai pengalaman yang bagus dan wawasan yang luas. Dengan hal-hal tersebut akan membuat seorang yang memiliki hobi traveling tidak mudah terprovokasi sesuatu karena seringnya ia melihat perbedaan dari perjalanan yang dilakukannya. 

5. Menumbuhkan ide kreatif

5 Manfaat Miliki Hobi Traveling, Tak Hanya Baik untuk Fisik!ilustrasi barang travelling (unsplash.com/Anete Lusina)

Dimulai dari perencanaan, persiapan, dan perjalanan membutuhkan kemampuan untuk mengatur semuanya. Apalagi ketika saat perjalanan ada hal-hal yang tak terduga menghampiri.

Bukan tidak mungkin seorang traveler harus berpikir cepat untuk menyelesaikan masalah secara solutif. Hal inilah yang membuat seorang traveler terlatih untuk berpikir kreatif.

Nah, itulah manfaat dari hobi traveling. Bagi yang masih baru memulai bisa mencoba traveling ke tempat terdekat terlebih dahulu. Agar dirimu terlatih untuk berani mencoba mengunjungi tempat baru dan melihat keindahan dunia. 

Baca Juga: Hobi Traveling, 9 Potret Verrel Bramasta Pelesiran ke Berbagai Negara

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya