Comscore Tracker

Perbedaan Jacuzzi dan Onsen yang Harus Kamu Tahu, Suka yang Mana?

Sama-sama kolam air panas sih, tapi...

Berendam dengan air panas menjadi sebuah aktivitas yang menenangkan. Selain di pemandian air panas, kita juga bisa melakukannya di jacuzzi atau onsen. 

Sebagian orang mengatakan jacuzzi dan onsen adalah hal yang sama, padahal keduanya berbeda. Kalau kamu termasuk yang menganggapnya sama, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Mengenal arti keduanya

Perbedaan Jacuzzi dan Onsen yang Harus Kamu Tahu, Suka yang Mana?donnykimball.com

Jacuzzi sendiri sebenarnya merupakan sebuah merek dari perusahaan di Amerika Serikat yang memproduksi whirlpool bathtub dan hot tub spa. Jadi, arti dari jacuzzi sendiri tidak ada.

Sementara onsen adalah berasal istilah dalam bahasa Jepang. Artinya yakni sumber dan tempat berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. Penginapan yang punya fasilitas onsen disebut sebagai penginapan onsen, sedangkan kota yang memiliki onsen kerap di sebut dengan Kota Onsen.

2. Sumber air hangat jacuzzi dan onsen

Perbedaan Jacuzzi dan Onsen yang Harus Kamu Tahu, Suka yang Mana?unsplash.com/Leo Rivas

Perbedaan mencolok terlihat dari sumber air yang digunakan. Semua orang bisa membeli alat jacuzzi sendiri, sehingga sumber air pada jacuzzi berasal dari air kediaman masing-masing.

Berbeda dengan onsen yang lebih alami. Sumber air hangatnya benar-benar berasal dari perut bumi. Ada dua sumber panas, magma di dasar gunung berapi atau panas yang bukan dari gunung berapi. Jenis mineral yang dikandung onsen membuat perbedaan warna air, bau, dan khasiatnya.

Baca Juga: 5 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa, Bikin Rileks Jiwa dan Raga

3. Perbedaan khasiat setelah berendam

Perbedaan Jacuzzi dan Onsen yang Harus Kamu Tahu, Suka yang Mana?poolbrite.com

Meski antara jacuzzi dan onsen memiliki air yang hangat, tetap saja khasiatnya berbeda. Onsen telah terbukti secara klinis mampu menyembuhkan luka dan penyakit pada kulit, karena kandungan airnya alami berasal dari alam yang mengandung mineral baik. Selain itu, juga menjadi sarana penghilang rasa pegal.

Sementara itu, berendam air panas di jacuzzi mampu meningkatkan kualitas tidur, melemaskan otot, serta melancarkan peredaran darah. Tetap memberikan dampak baik, kok.

4. Berada di lokasi yang sangat berbeda

Perbedaan Jacuzzi dan Onsen yang Harus Kamu Tahu, Suka yang Mana?theupsider.com.au

Kalau jacuzzi, kamu bisa menemukannya di berbagai tempat mewah, seperti hotel, tempat gym, dan penginapan berbintang lima. Bahkan, bisa jadi orang terdekatmu memiliki jacuzzi di dalam rumahnya.

Onsen bisa ditemukan di pedesaan atau kawasan pegunungan, mulai dari kaki gunung hingga tepi pantai. Bentuk dari onsen sendiri hanya sebuah kolam yang tidak besar dan hanya boleh digunakan untuk berendam saja. Nah, sekarang coba cek, kawasan pegunungan terdekat dari tempat tinggalmu punya onsen, gak?

Itulah beberapa perbedaan jacuzzi dan onsen yang harus kamu tahu. Dari kedua jenis kolam air panas tersebut, kamu sudah coba yang mana? Dan mana yang paling kamu suka? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungi

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Just For You