Comscore Tracker

10 Alasan Mengapa Wisata Dalam Negeri Harusnya Jadi Prioritas

Sudah semestinya bangga dengan negeri sendiri

Destinasi wisata Indonesia selalu buktikan kebolehannya. Dalam sektor pariwisata, Indonesia tak pernah kalah saing dengan negara lain. Bahkan, negeri ini boleh dibilang paket lengkap yang menarik di mata turis.

Ingin coba kuliner khas daerah dan wisata budaya? Tersedia. Mau mendaki? Tak usah khawatir, ada banyak gunung tersebar di pelosok nusantara. Pantai-pantai cantik pun siap untuk jadi tujuan wisatamu selanjutnya.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kalau kamu prioritaskan untuk memilih destinasi wisata dalam negeri. Yuk simak sepuluh alasan kenapa kamu mesti dahulukan Indonesia sebagai pilihan utama. Pasti ada beberapa yang belum terlintas di benakmu sebelumnya.

1. Pelesir di negeri sendiri, kamu tak butuh waktu lama untuk persiapan dan tak mesti repot urus administrasi

10 Alasan Mengapa Wisata Dalam Negeri Harusnya Jadi PrioritasPexels/Rawpixel.com

Bedanya dengan wisata ke negara lain yang mengharuskan kamu untuk urus paspor dan visa, wisata domestik tergolong simpel lantaran tak dibutuhkannya syarat seperti itu. Kamu pun tak perlu pusing soal tukar menukar mata uang. Persiapan tergolong singkat dan serba mudah. Jadi bebas deh mau berangkat kapan saja.

2. Dengan budget pas-pasan, kamu bisa tetap nikmati keseruan yang maksimal

10 Alasan Mengapa Wisata Dalam Negeri Harusnya Jadi PrioritasUnsplash/Fancycrave

Mungkin memang ada segelintir destinasi di negara lain yang juga murah meriah. Namun tetap saja kalau main hitung-hitungan, wisata dalam negeri lebih cocok untuk kamu yang ingin hemat kantong tapi tetap dapat maksimalkan keseruan selama wisata. Walaupun hanya bermodalkan budget yang ngepas.

Banyak lho tempat wisata di Indonesia yang mematok tarif murah. Bahkan ada sejumlah besar spot dengan pesona luar biasa yang dapat dikunjungi tanpa memungut biaya sepeserpun alias gratis. Meskipun tidak perlu keluar uang, tentu saja tak mengurangi keindahannya.

3. Spot-spot di Indonesia tak kalah menarik hingga turis mancanegara pun banyak yang terbius keindahan negeri ini

10 Alasan Mengapa Wisata Dalam Negeri Harusnya Jadi PrioritasUnsplash/Iswanto Arif

Sebut saja Bali, Lombok, dan beberapa daerah lain yang pemandangan alamnya tak hanya menghisap perhatian wisatawan domestik, tapi juga turis mancanegara. View permukaan yang epic serta keindahan bawah laut Indonesia sudah terkenal jempolan dan menjadi langganan tujuan wisata banyak turis asing ketika berlibur.

Memang tak mengherankan kalau Indonesia jadi destinasi favorit para wisatawan dunia. Kalau kamu jadikan negeri sendiri sebagai destinasi wisata selanjutnya, kamu benar-benar gak salah pilih deh!

4. Banyak tempat wisata dalam negeri yang viewnya sama bagusnya dengan yang ada di luar negeri

10 Alasan Mengapa Wisata Dalam Negeri Harusnya Jadi PrioritasPixabay/Ady_Fauzan

Liburan dalam negerimu tak akan kalah berkesan. Beberapa spot di Indonesia bisa dibilang 'kembaran' tempat wisata di negera lain karena tampilannya yang sebelas dua belas, alias mirip. Ada Pulo Cinta di Gorontalo yang kerap dijuluki Maldivesnya Indonesia. Tak ketinggalan juga Kepulauan Raja Ampat di Papua yang tampak serupa dengan Phi Phi Islands di Thailand.

Kalau kamu jelajah lebih jauh, masih ada banyak lagi destinasi di Indonesia yang saat kamu kunjungi rasanya seperti ada di luar negeri. Sayang banget kan, kalau kamu lewatkan?

5. Masih banyak sudut-sudut istimewa nusantara yang belum tereksplorasi sebagai tempat wisata karena belum ramai dikunjungi

10 Alasan Mengapa Wisata Dalam Negeri Harusnya Jadi Prioritasinstagram.com/ers_ega

Kalau kamu pikir lebih jauh, di satu daerah saja bisa ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi dan mungkin orang lain belum banyak tahu. Apalagi jika jiwa petualangmu terpacu untuk cari lebih banyak spot seru di wilayah pedalaman. Pasti kamu akan temukan entah itu air terjun di tempat tersembunyi atau sesuatu yang lain di pelosok Indonesia.

Percaya deh, kamu tak akan keabisan rekomendasi tujuan wisata untuk dikunjungi di Indonesia. Tempat yang jarang dieksplor orang banyak, pasti akan beri sensasi tersendiri buat kamu ketika mengunjunginya.

Baca Juga: 4 Lokasi Wisata Ini Menyimpan Lukisan yang Punya Kesan Mistis 

6. Kaya akan budayanya yang beragam, berlibur di Indonesia akan bikin kamu terkesima

10 Alasan Mengapa Wisata Dalam Negeri Harusnya Jadi PrioritasShutterstock/Doni79

Bicara soal budaya, Indonesia suguhkan keanekaragaman yang berbeda dengan negara lain mana pun. Dari Sabang sampai Merauke, kamu bisa menemukan banyak aneka ragam budaya yang akan bikin kamu terpukau. Hingga pada akhirnya, kamu menyadari kalau Indonesia sebenarnya begitu kaya.

Nah, selain kunjungan ke candi dan keraton, kamu dapat ikut menyaksikan festival kebudayaan yang digelar pada waktu-waktu tertentu. Contohnya Festival Erau di Tenggarong dan Dieng Culture Festival (DCF). Menarik sekali, bukan? Melihat pertunjukkan yang wah serta kental akan budaya akan jadi kenangan tak terlupakan buat kamu.

7. Kuliner Indonesia yang khas sangat wajib dicicipi saat kamu menyambangi suatu daerah tertentu

10 Alasan Mengapa Wisata Dalam Negeri Harusnya Jadi Prioritasmediaindonesia.com

Kuliner nusantara memang sangat memanjakan lidah. Cita rasanya yang khas dan serba sedap menjadi alasan dibalik mengapa kuliner Indonesia sangat patut diperhitungkan. Sebagai anak bangsa, kamu seolah diberi kesempatan untuk coba cicipi masakan khas daerah yang ada di negeri tercinta ini selama berwisata.

Jangan salah, banyak lho masakan Indonesia yang lezatnya mendunia seperti halnya gudeg, nasi padang, dan gado-gado. Rasa rempah-rempah yang langka membuat kuliner negeri ini jadi favorit dan mengundang minat banyak orang termasuk wisatawan asing.

8. Sadar akan betapa kayanya Indonesia, bikin kamu jadi lebih cinta tanah air

10 Alasan Mengapa Wisata Dalam Negeri Harusnya Jadi Prioritasanalisadaily.com

Wara-wiri bertandang ke objek wisata dalam negeri pun membuat kamu sadar bahwa Indonesia mempunyai kekayaan yang tidak terbatas. Hal itu membuat kamu merasa bangga jadi anak Indonesia dan otomatis, kamu akan makin cinta dengan negeri sendiri.

Nasionalisme juga akan menumbuhkan rasa tertantang dalam diri untuk jelajahi lebih banyak spot-spot menarik di Indonesia. Momen tersebut tentunya berikan sensasi berbeda dibanding saat kamu wisata ke luar negeri.

9. Dengan berkunjung ke tempat-tempat di Indonesia, tanpa sadar kamu jadi tahu beberapa kosakata dalam bahasa daerah

10 Alasan Mengapa Wisata Dalam Negeri Harusnya Jadi PrioritasMedium/Tito Prabowo

Setiap kegiatan wisata pasti diselingi oleh interaksi dengan banyak orang. Saat kamu berbincang atau ketika tak sengaja dengar obrolan orang lain, pasti akan ada beberapa kosakata daerah lain yang nyangkut dalam ingatanmu.

Tentu ini akan menambah wawasan terlebih buat kamu yang tertarik dengan bahasa daerah di Indonesia. Kamu tak hanya dapat kesenangan dari melihat indahnya alam, tetapi juga dapat pengetahuan baru.

10. Tanpa sadar, kamu ikut berkontribusi membangun ekonomi masyarakat daerah setempat saat wisata dalam negeri

10 Alasan Mengapa Wisata Dalam Negeri Harusnya Jadi Prioritasboredpanda.com

Kunjungan wisata daerah di Indonesia membuka kesempatan kamu untuk secara tak langsung memberi kontribusi baik. Selain datangnya kamu ke sebuah objek wisata, momen saat kamu jajan kuliner atau membeli oleh-oleh, rupanya membantu kesejahteraan ekonomi penduduk setempat. Selain itu kamu juga bantu berdayakan pariwisata suatu daerah. Alhasil, Indonesia pun jadi makin makmur berkat kamu.

Dengan begitu banyak keuntungan dari wisata dalam negeri, ada baiknya kamu dahulukan pelesir di negeri sendiri. Untungnya tidak hanya sebatas buat kamu, tapi untuk orang lain, bahkan untuk negara tercinta. Makanya, yuk lakukan lebih banyak kegiatan wisata di Indonesia!

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Suku Toraja yang Digemari Wisatawan Asing

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya