Comscore Tracker

7 Kesalahan Paling Umum Saat Liburan ke Luar Negeri Pertama Kali

Masih banyak yang melakukannya, kamu juga?

Sesuatu yang dilakukan pertama kali selalu bikin dag dig dug, termasuk saat bepergian ke luar negeri untuk pertama kalinya. Karena belum punya pengalaman sebelumnya, jangan sampai ketidaktahuan kita jadi masalah selama di perjalanan.

Kalau kamu salah satunya, coba simak tujuh kesalahan di bawah ini yang umumnya cenderung dilakukan para traveler pemula.

1. Membawa terlalu banyak barang

7 Kesalahan Paling Umum Saat Liburan ke Luar Negeri Pertama KaliPixabay.com/tookapic

Biasanya karena khawatir sewaktu-waktu butuh sesuatu di sana, semua barang di sekitar rasanya jadi penting dan pengin dibawa semua. Hal ini bakal bikin kamu repot sendiri, karena banyak benda yang ujung-ujungnya tak terpakai. Padahal sebenarnya berwisata di dalam dan luar negeri, kebutuhan kita bakal gak jauh beda, utamanya soal benda fisik seperti baju ganti hingga gadget.

2. Agenda wisata yang berlebihan

7 Kesalahan Paling Umum Saat Liburan ke Luar Negeri Pertama KaliPixabay.com/Michelle Maria

Mumpung lagi di luar negeri, penginnya sih sebisa mungkin menjelajahi banyak tempat wisata dalam waktu singkat. Betul, gak? Kalau kamu salah satunya yang berpikir demikian, baiknya buang jauh-jauh, deh!

Baiknya kamu lebih fokus gimana caranya bisa memanfaatkan kesempatan, supaya gak merasa dikejar-kejar waktu dan gak enjoy menikmati suasana liburan. Pilih beberapa destinasi saja, tapi bisa punya quality time yang tak terlupakan.

3. Gak riset soal budaya atau norma negara tujuan

7 Kesalahan Paling Umum Saat Liburan ke Luar Negeri Pertama KaliPixabay.com/rawpixel

Waktu datang ke negeri orang, salah satu hal yang wajib banget dilakukan adalah riset. Berbeda daerah, pasti beda pula budaya dan kebijakannya. Kamu mesti tahu apa saja larangan, peraturan, dan kebiasaan yang mereka punya di sana. Jangan sampai karena gak tahu, kita melakukan atau mengucapkan sesuatu yang bisa memantik masalah.

Baca Juga: 10 Tips Melawan Kecemasan Saat Traveling, Jadi Lebih Bahagia Deh!

4. Tak berbaur dengan warga lokal

7 Kesalahan Paling Umum Saat Liburan ke Luar Negeri Pertama KaliPixabay.com/Sasin Tipchai

Salah satu esensi traveling ke tempat asing adalah kamu bisa memandang dunia lebih luas, karena banyak bertemu dengan orang maupun hal-hal baru. Sama seperti liburan ke luar negeri, manfaatkan waktu untuk berbaur dengan warga lokal.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin mereka akan membantu atau memberi referensi yang dapat mempermudah perjalananmu. Syukur-syukur bisa ketemu teman baru atau bahkan jodoh! Ya kan?

5. Tukar uang tunai di bandara

7 Kesalahan Paling Umum Saat Liburan ke Luar Negeri Pertama KaliPixabay.com/Jan Vašek

Sebaiknya menukar uang dilakukan di Indonesia jauh hari sebelum keberangkatan. Karena kalau menukar uang tunai di tempat wisata atau bandara luar negeri, ada biaya ekstra yang perlu kamu bayar dan jumlahnya cukup besar.

Kalau terdesak seperti kehabisan uang tunai di sana, lebih baik tarik tunai lewat mesin ATM terdekat. Sejumlah bank, bahkan tak memiliki biaya transaksi penarikan dalam mata uang lain. Selain itu, nilai tukarnya akan otomatis terhitung saat melakukan transaksi. Sebelum ambil tunai, pastikan dulu ATM tersebut terhubung dengan jaringan Visa atau Mastercard.

6. Meninggalkan salinan arsip dan dokumen penting

7 Kesalahan Paling Umum Saat Liburan ke Luar Negeri Pertama KaliPixabay.com/cytis

Salinan dokumen asli sama pentingnya untuk dibawa. Untuk berjaga-jaga, pastikan kamu sudah punya fotokopi paspor, visa, dan dokumen penting lainnya.

7. Tidak menyiapkan obat pribadi

7 Kesalahan Paling Umum Saat Liburan ke Luar Negeri Pertama KaliPixabay.com/Michal Jarmoluk

Obat-obatan perlu banget dibawa saat traveling ke luar negeri, terutama kalau kamu punya penyakit tertentu yang butuh obat khusus. Misalnya seperti asma atau alergi. Sebagai antisipasi, obat generik juga penting buat disiapkan seperti painkiller, minyak kayu putih, atau obat demam.

Setiap negara punya karakteristik berbeda-beda, mulai dari tata kota, iklim dan suhu, hingga perbedaan jenis kulinernya. Ada baiknya sebelum berangkat lengkapi dulu risetmu hingga ke hal-hal detail, biar gak linglung di negeri orang. Have a nice trip!

Baca Juga: 9 Penyesalan yang Selalu Muncul Setelah Pulang Traveling, Kamu Juga?

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You